Tips Memilih dan Membeli Jam Tangan Bekas

Sebelum kita mulai Tips Memilih dan Membeli Jam Tangan Bekas , penting untuk kalian mengetahui bahwa pasar jam tangan bekas dibagi dalam dua kategori, yakni jam tangan model baru dan model kuno atau vintage. Kali ini , kita akan membahas jam tangan bekas mulai dari tahun 1990 ke atas. Semua jam dibawah tahun 1990 bisa dianggap “vintage” ,walau beberapa orang mendefinisikan “vintage” atau jam kuno mulai dari buatan tahun 1980 atau lebih awal lagi. Alasannya adalah memilih jam tangan vintage membutuhkan pengetahuan dan penjelasan lebih.

Alasan membeli jam tangan bekas biasanya karena jam tertentu sudah tidak lagi diproduksi. Dalam hal ini, satu satunya cara untuk mendapatkannya hanya lewat pasar jam tangan bekas, atau kalian mau berkeliling mencari stok baru ( kalau masih ada).

Alasan lainnya mungkin harga jam bekas yg lebih murah tentunya. Depresiasi harga ini untuk beberapa model dan merek jam tangan terkadang lebih drastic di banding merek lainnya. Depresiasi harga dari sebuah jam tangan sport Rolex lebih kecil dibanding sebuah arloji wanita Chopard dnegan mesin baterai. Hampir semua jam akan mengalami depresiasi yg sama.

Riwayat perbaikan juga sama pentingnya. Sejak perawatan dan perbaikan jam tangan mekanikal akan lumayan menguras kantong kalian. Hitunglah perkiraan biaya perbaikan dan lalu tambahkan ke harga jam yg akan kalian beli lalu pertimbangkan apakah layak dibeli atau tidak. Tanyakan ke pusat perbaikan resmi atau toko penyalur resmi dari merek jam tersebut.

Jika jam yg kalian sukai sudah berumur 30 atau 40 tahun, besar kemungkinan kalau kotak dan panduan yg asli sudah tiada. Waspadai goresan dan bekas benturan , sebuah jam harusnya dipakai dan sedikit goresan minor adalah hal yg wajar . Ada juga yg menyimpan jam baru mereka didalam brankas dan sama sekali tidak pernah dipakai. Mesin mekanikal didalamnya juga harus kalian teliti. Perhatikan juga korosi atau karat di bagian marka penunjuk jam dan jarum serta mesinnya. Pada jam tangan dengan penutup belakang transparan , kalian dengan mudah dapat melakukan pengecekan , apabila penutup belakangnya solid , kalian bisa meminta si penjual untuk membukanya.

Beberapa penjual resmi biasanya juga menawarkan jam tangan bekas yg didapatkan dari pelanggan mereka yg ingin menukarnya dengan jam model lainnya. Selain itu ada juga tempat pelelangan jam baik itu online maupun offline seperti Auctionata, Bonham, Christie, Sotheby dll. Yg terakhir , selalu tanyakan soal garansi. Jika kalian membeli jam tangan dari penjual kelas professional, garansi selama 6 sampai 12 bulan adalah standar.

Demikian artikel Tips Memilih dan Membeli Jam Tangan Bekas kita kali ini, silahkan berkomentar dan memberi saran yg membangun. Semoga membantu menambah ilmu horologi kalian. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *