Review Jam Tangan Quartz Girard Perregaux Laureato

Kali ini kita akan membahas Review Jam Tangan Quartz Girard Perregaux Laureato edisi ulang tahun ke 35. Tapi sebelumnya, mari kita kembali ke masa lalu untuk mlihat sejarah yg diukir oleh GP.

Pada tahun 1960an, Girard Perregaux adalah salah satu dari beberapa pembuat jam tangan yg memiliki bagian riset dan pengembangannya sendiri, divisi ini diposisikan untuk merespon bangkitnya mesin jam tangan jenis quartz atau baterai. Amerika , Jepang dan Swiss berlomba untuk menyediakan teknologi ini ke pasar. Sementara kebanyakan pembuat jam tangan Swiss saling membantu riset gabungan ini. Mulai tahun 1962 ,Girard Perregaux membuat mesin ini sendiri, karena tidak ingin tergantung pada penyedia pihak ketiga. Pada tahun 1969 juga , Girard Perregaux menerima hal paten pertamanya di teknologi quartz.

Pada pameran Basel tahun 1970, Girard Perregaux memperkenalkan jam tangan Elcron, sebuah jam bermesin baterai quartz yg diisi dengan oscillator quartz yg berjalan di frekuensi 8,192 Hz. GP secara independen mengumumkan penemuan ini di Basel pada saat bersamaan dengan munculnya jam tangan buatan konsorsium CEH yg dilengkapi dengan mesin Beta 21. Merek jam lainnya juga meluncurkan jam quartz di tahun 1970. Di tahun yg sama  Girard Perregaux juga meluncurkan jam tangan generasi kedua, dengan mesin quartz yg pertama kalinya berosilasi pada kecepatan frekuensi 32,768 Hz, nilai frekuensi yg diadopsi secara universal sejak saat itu.

Mesin GP-350 memiliki tingkat error sebesar 1 menit per tahun. Girard Perregaux lalu mengirimkannya ke Observatori Neuchatel. Untuk pertama kalinya, jam tangan quartz melewati pengujian statis dan dinamis. Di tes selama 38 hari , jam quartz buatan Girard Perregaux diberikan sertifikasi oleh Observatori Neuchatel pada tahun 1971-1972, membuktikan tingkat presisi dan kehandalannya. Lebih dari 20,000 buah mesin GP-350 telah dibuat untuk Girard Perregaux dan untuk pembuat jam lainnya. Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1975, GP memutuskan untuk menuangka semua proses yg telah dicapai untuk membangun mesin quartz Laureato.

Pertama kali diluncurkan pada tahun 1975, mesin quartz Laureato dirancang ulang pada tahun 1995 dan dilengkapi dengan elemen pergerakan mekanikal otomatis GP3100. Transformasi yg lebih lanjut pada tahun 2003 dicapai melalui penambahan beberapa komplikasi mesin. Model edisi ulang tahun dilengkapi dengan sebuah mesin quartz yg baru yakni Kaliber GP13500 yg secara alami berosilasi pada frekuensi 32,768 Hz. Angka bersejarah didalam karir pencapaian GP ini tertulis di bagian dial pada posisi jam 6 . Mesin jam yg baru ini dibuat oleh Girard Perregaux sendiri diruang kerjanya, yg mana berfokus pada performa teknis dan sentuhan akhirnya. Sasis penutup belakang transparan menampilkan mesin didalamnya yg didekorasi dengan Cotes de Geneve dan sekrup baja berwarna biru. Penutup baterai dibuat khusus dengan bentuk “golden bridge” dan diberi stempel logo perusahaan.

Spesifikasi Teknis

  • Sasis : Baja
  • Dimensi : Diameter tengah 42.60 mm x tebal 11.6 mm.
  • Penutup : Kaca kristal anti reflektif dan penutup belakang kaca safir yg terpasang menggunakan 6 buah sekrup
  • Ketahanan Air : 100 meter
  • Mesin : Quartz Girard Perregaux GP13500
  • Kaliber : 11 ½ ’’’
  • Frekuensi : 32,768 Hz
  • Permata : 7
  • Fungsi : Jam , menit ,detik dan tanggal
  • Tali : Rantai baja dengan kaitan lipat
  • Jumlah Produksi : Terbatas sebanyak 40 buah

Jam Tangan Quartz Girard Perregaux Laureato edisi ulang tahun ke 35 rencananya akan diproduksi sebanyak 40 buah dengan bahan dasar baja dan akan dijual dengan harga $12,000 atau setara dengan IDR 162.000.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *