Review : Jam Tangan Patek Philippe Aquanaut Travel Time Ref-5650G

Patek Philippe meluncurkan jam tangan “Advanced Research” edisi terbatas mereka yg ke 5 di pameran Baselworld, dan tidak hanya untuk menunjukkan dua inovasi teknikal yg mengesankan namun juga sebuah model yg dibuat untuk merayakan ulang tahun dari koleksi sport milik mereka. Model yg akan kita review kali ini adalah Jam Tangan Patek Philippe Aquanaut Travel Time Ref-5650G.

Patek Philippe Aquanaut merayakan ulang tahunnya yg ke 20 pada tahun 2017. Arloji mewah Patek Philippe Ref. 5650 Aquanaut Travel Time “Patek Philippe Advanced Research” yg dibuat untuk memperingati pencapaian ini memiliki sasis berukuran 40.8 mm dan ketebalan 11 mm yg terbuat dari bahan emas putih 18K mempunyai ketahanan bawah air sedalam 120 meter. Dibekali dengan fungsi dua zona waktu yg juga dipakai oleh Patek pada model sebelumnya seperti Patek Philippe Calatrava Pilot Travel Time dan Nautilus Travel Time, dan di bagian mesin mekanikal otomatisnya, untuk pertama kali mengusung dua inovasi teknikal utama yakni sebuah per penyeimbang Spiromax yg teroptimasi dengan sebuah boss dalam dan mekanisme fleksibel untuk pengaturan zona waktu. Jam tangan ini hanya akan dibuat terbatas sebanyak 500 buah.

Jam Tangan ini diisi oleh Mesin mekanikal otomatis Kaliber 324 S C FUS buatan Patek, yg mana pada model ini telah ditingkatkan dengan adanya tambahan dua inovasi teknikal yg dikembangkan oleh laboratorium Patek Philippe Advanced Research. Yg pertama adalah per penyeimbang Spiromax yg terbuat dari bahan Silinvar, yg mana dilengkapi dengan dua lekukan terminal dan teroptimasi oleh sebuah boss dalam. Ini meningkatkan isokronisme dari penyeimbang pada orientasi vertikal jam tangan. Hasilnya adalah, rentang nilai akurasi antara -1 dan +2 detik poer hari – mirip dengan tingkat kepresisian jam tangan tourbillon buatan Patek Philippe.

Inovasi kedua terletak pada perangkat pengaturan zona waktu, yg mana mengganti artikulasi pembelokan biasa dengan mekanisme fleksibel. Perangkat ini terdiri dari 12 bagian dengan beberapa lembar daun per yg saling tersusun ketimbang menggunakan 37 bagian yg sering ditemukan pada mekanisme tradisional , mengirimkan aktuasi dari penekan dua zona ke tampilan waktu lokal.

Sama seperti model jam tangan Patek Philippe Travel Time lainnya , model Aquanaut menampilkan waktu lokal dan penanggalan bersama dengan zona waktu kedua serta sebuah indikator siang malam untuk kedua zona waktu. Kedua penekan dibagian sisi kiri sasis mengontrol pengaturan. Ketika dipakai bepergian ke beberapa zona waktu yg berbeda, jarum jam dari waktu lokal dapat diatur maju atau mundur dalam langkah per satu jam. Pada prosesnya, indikator siang malam dan penanggalan juga akan menyesuaikan.

Dial dari Patek Philippe Aquanaut Travel Time Ref. 5650 dihiasi warna biru terang yg dirajah dengan  pola timbul dan gradasi warna terang dan gelap. Pada posisi jam 9, pembuat jam tangan mengukir sebuah bukaan yg menampilkan mekanisme fleksibel berwarna perak dengan 4 lembar daun per, permukaan sangat halus dan sudut yg ditalangi ,menampilkan karakter desain yg dinamis.

Jam Tangan Patek Philippe Aquanaut Travel Time Ref-5650G dilengkapi tali jam berwarna biru gelap dengan pola timbul yg senada dengan muka dial, terbuat dari bahan campuran komposit yg tahan air. Terpasang oleh sebuah kait lipat tiga bagian yg terbuat dari bahan emas putih 18k white gold. Ditawarkan pada harga $58,970 atau setara dengan IDR 943.500.000 ( Hampir 1 Milyar Rupiah ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *