Review : Jam Tangan Nezumi Corbeau

Kali ini kita akan mengulas Jam Tangan Nezumi Corbeau yg merupakan perilisan ke 4 dari produsen arloji asal Swedia ini , bertemakan desain vintage tahun 1960an dan 70an. Nezumi bukanlah nama baru dalam kategori arloji kuno, sebelumnya mereka sudah melahirkan model Voiture yg terinspirasi dari desain chronograph balap di tahun 2016, dan setelah itu meluncurkan model Baleine yg dipengaruhi oleh dunia penyelaman dan desain sport. Nezumi Corbeau melanjutkannya dengan mengambil pengaruh dari beberapa rancangan jam tangan chronograph dari setengah abad yg lalu, lalu mencampurnya kembali dengan beberapa elemen sejarah dan pendekatan baru untuk menciptakan keunikannya sendiri.

Nezumi Corbeau tersedia dalam 3 varian warna , yg paling modern adalah model Corbeau 1 yg menggunakan sasis baja dengan sentuhan sikat dan sebuah dial berwarna abu abu dengan aksen putih dan hitam. Nezumi Corbeau 2 juga memliki sasis baja dengan sentuhan sikat yg sama, namun dengan dial hitam yg diberi aksen faux patina dan and putih yg bernuansa vintage. Varian yg terakhir yg paling berbeda adalah Nezumi Corbeau 3 dengan tema warna taktis PVD pada bagian sasis dan cincin bezelnya , namun tetap menggunakan dial hitam dan aksen patina. Setiap darinya dilengkapi dengan beberapa pilihan tali jam NATO berbahan nilon yg memberi kesan estetika yg lebih dalam sebagai arloji chronograph aviasi.

Terdapat banyak detail khas pada arloji yg dapat dikenali, mulai dari aspek bagian luar sasis baja 40 mm. Dengan tombol penekan pompa, kepala crown yg diberi tandadan kupinglug yg sedikit dipelintir, sasisnya tidak hanya mengingatkan kita pada gaya lug yg ada pada Omega Speedmaster, namun juga model Nezumi Voiture yg konstuksinya sama. Yg menghiasi bagian atas cangkang sasis adalah sebuah cincin bezel putar satu arah yg desainnya sama dengan model Baleine diver, yg disentuh dengan warna bergaya militer vintage sebagai fitur desainnya. Dibawah kaca kristal safir kristalnya terletak dial yg dipengaruhi oleh gaya aviasi dengan sebuah cincin lingkar luar penanda menit, penomoran Arabik yg dicetak dan 3 sub dial yg menampilkan penjumlah 24 jam , detik berjalan dan pengukur jam chronograph di posisi jam 3, 6 dan 9 masing masingnya.

Sebuah logo Nezumi berukuran kecil ditengah tengah dial dengan tulisan Corbeau menyeimbangkan proporsi dari sub dial bawah, sementara dua jarum bergaya jarum suntik atau syringe berputar mengelilingi dial bersama dengan sebuah jarum penunjuk detik chronograph yg simpel. Jam tangan ini menggunakan mesin baterai Seiko VK63 Mecha Quartz, yg memanfaatkan landasan mesin quartz dengan sebuah tambahan komponen mekanikal chronograph. Saat ini , Nezumi Corbeau tersedia dengan harga $345 untuk pangsa pasar Amerika dan $400 termasuk pajak untuk pasar Eropa.

Sama seperti beberapa model yg dibuat sebelumnya oleh Nezumi, model Corbeau mewadahi beberapa elemen desain vintage dengan format modern. Pengaruh paling besar terhadap desainnya diambil dari Heuer Autavias dari tahun 1960an, Lemania “Viggen” dari awal tahun 70an dan model Porsche Design chronograph di tahun  1970an.

Yg unik dari Jam Tangan Nezumi Corbeau adalah bagaimana Nezumi menggabungkan semua elemen ini menjadi sebuah karya yg menyajikan gaya militer modern sama seperti beberapa arloji dalam kategori yg sama didalam pasar arloji saat ini, terutama di titik harga yg sama. Alasan kenapa para pecinta jam tangan dan penulis menyukai Nezumi adalah karena kemampuan Nezumi dalam mencampur elemen desain dengan teknologi modern serta nilai estetika yg spesifik dari Nezumi sendiri walaupun mereka tergolong pemain baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *