Review : Jam Tangan Glashute Original Senator Cosmopolite

Kembali ke pameran jam tangan mewah WatchTime Amerika yg diadakan pada bulan Oktober yg lalu. Dalam kesempatan ini kita akan mereview Jam Tangan Glashute Original Senator Cosmopolite.

Dirilis sebelumnya di pameran Baselworld 2018, Glashutte Original Senator Cosmopolite adalah turunan langsung dari model yg diluncurkan di tahun 2015. Dibekali dengan mesin baru yg menampilkan 36 zona waktu. Kali ini, kita disuguhkan mesin dan fungsionalitas yg sama namun dengan denah dial yg lebih bersih dan bahan sasis yg berbeda.

Model sebelumnya hanya tersedia dalam bahan emas putih dan rose gold, Senator Cosmopolite yg baru kini terbuat dari bahan baja tahan karat, membuatnya lebih terjangkau dari segi harga. Dial yg diformat ulang berfokus pada skema warna putih yg dipernis dan tambahan warna biru gelap dengan detal hitam yg menyediakan tampilan yg nyaman di mata pemakainya. Perubahaan desain lainnya mulai dari penomoran Romawi hitam yg diganti menjadi Arabik biru, jalur menit berubah dari pola jalur rel kereta atau railroad menjadi marka terpisah, dan indikator siang malam tidak lagi berwarna hitam dan kuning untuk menjaga desain agar lebih konsisten.

Selain dari perbedaan material dan desain yg disebutkan diatas, ukuran dari sasis jam tangan ini tetap sama seperti pendahulunya yakni 44 mm. Kesemua jarumnya terbuat dari bahan baja berwarna biru dan jarum jam dan menit sentral dibuat berbentuk buah pir. Jarum ini berfungsi menunjukkan waktu lokal, yg berkorespondensi dengan dua bukaan indikator zona waktu untuk waktu standar dan daylight saving diposisi jam 8. Sebuah jendela penanggalan besar di posisi jam 4 dan sebuah indikator siang malam di posisi jam 9 ,keduanyg terhubung dengan waktu lokal. Subdial diposisi jam 12 ditujukan sebagai penunjuk waktu asal, sementara sebuah bukaan kecil mengindikasikan fase siang atau malam. Subdial waktu asal juga diberi penomoran Arabik pada penunjuk jamnya. Sebuah busur disepanjang subdial menunjukkan status dari sisa daya cadangan 72 jam.

Pengaturan tampilan cukup mudah. Jika kalian sedang melakukan perjalanan ke barat dari kota asal, putar kepala crown yg berada di posisi jam 4 searah dengan jarum jam ,jika bepergian ke arah timur, putarlah berlawanan dengan arah jarum jam. Selagi kepala crown diputar, kode IATA untuk beberapa zona waktu yg berbeda akan tampil pada bukaan jendela di posisi jam 8. Setiap dari ke 24 zona waktu GMT dalam langkah per jam diindikasikan dengan insial kota berwarna hitam sedangkan ke 9 zona waktu lainnya bergerak dalam langkah per ½ jam dan ditunjukkan oleh insisial kota berwarna biru, dan 3 zona waktu yg tersisa bergerak dalam langkah ¼ jam dan ditunjukkan oleh inisial kota yg berwarna merah. Selagi tampilan zona waktu berubah sesuai dengan tujuan kalian, jarum jam dan menit sentral akan bergerak dalam langkah per jam dan per seperempat jam menuju waktu lokal yg tepat.

Semua fungsi ini ditangani oleh mesin mekanikal otomatis Kaliber 89-02 buatan Glashutte Original yg dilengkapi dengan Sebuah mikro rotor pengisi daya yg memfasilitasi daya cadangan operasi selama 72 jam. Bagian pemberat rotor putar skeleton terbuat dari bahan emas 21 karat, diukir dengan logo Glashutte Original. Pelat 3 ¼ khas Glashutte diperindah dengan pola gelombang Geneva. Disamping bawah pelat ini terletak mekanisme penyeimbang yg penopangnya diukir oleh tangan secara manual. Penyeimbang berdetak pada kecepatan 28,800 vph. Keseluruhannya, mesin ini dibangun dari 430 bagian dan didukung oleh 63 buah permata.

Paket penjualan Jam Tangan Glashutte Original Senator Cosmopolite dilengkapi dengan sebuah tali jam kulit buaya Louisana berwarna biru gelap dengan pilihan kepala gesper pengait pin atau kait lipat. Ditawarkan pada harga $21,500 atau setara dengan Rp 322,500,000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *