Review : Jam Tangan Certina DS PH200M

Certina adalah sebuah merek pembuat arloji asal Swiss yg dimiliki Swatch Group. Certina sejak lama telah mengasah keahlian mereka dalam pembuatan jam tangan sport dan bahkan mempunyai sejarah yg cukup panjang diantara personel militer dan pangsa pasar Amerika. Dan, selagi krisis jam tangan quartz yg melanda industri pembuatan arloji Swiss di era tahun 70an dan 80an membuat Certina harus mengorganisasi ulang strategi mereka ,salah satunya adalah menarik diri dari pasar Amerika.

Keadaan ini secara garis besar masih tidak berubah sampai saat ini, walapupun Certina dengan mengejutkan merilis Jam Tangan Certina DS PH200M di tahun 2018 yg cukup banyak menarik perhatian dari pecinta arloji kuno atau vintage diseluruh dunia. Jam tangan diver ini terinspirasi dari sebuah model yg lahir di tahun 1967 dengan nama yg sama, dana memakai teknologi DS atau Double Security yg sama dari tahun 1959 dan dipakai sampai tahun 1970. Pada masanya, teknologi ini merupakan salah satu faktor yg membedakan produk jam tangan penyelam buatan Certina dengan merek lainnya, yg utama berperan sebagai sebuah karet penyegel air yg melindungi mesin didalam sasisnya, dan juga sebagai peredam guncangan yg dikarenakan perubahan tekanan yg seringkali terjadi pada penyelaman bawah laut.

Versi modern kali ini memiliki ukuran diameter 42.8 mm yg lengkap dengan sebuah cincin bezel putar 60 menit, sebuah kepala crown ulir dan kaca kristal “Hesalite” bergaya vintage. Bagian muka dial dihiasi dengan marka penunjuk waktu berbentuk kotak, dengan marka detik yg lebih tipis sebagai penanda menit dan sebuah jendela penanggalan di posisi jam 3. Yg membelah pertengahan dial adalah garis merah yg unik dari model awal DS PH200M, dipadankan dengan jarum detik merah, jarum menit dan  jam berbentuk pedang yg besar. Pada bagian atasaa dan bawah dial terletak logo Certina dan deskripsi. Didalamnya tersemat mesin mekanikal otomatis ETA C07.111 yg didasari oleh ETA 2824, menyediakan daya cadangan operasi selama 80 jam. Mesin ini tersembunyi dibelakang penutup sasis belakang Certina yg khas dengan ukiran kura kura, yg berperan sebagai tanda kualitas dari merek ini sejak awal. Saat ini, jam tangan ini dihargai dengan bandrol $780 atau setara dengan Rp 11,700,000.

Membandingkan versi modern dan vintage dari arloji ini, kita akan melihata kode desain yg konsisten. Mulai dari bagiana cincin bezel putar 60 menit yg khas dengan sisipan aluminum, marka menit dan jam yg identik, garis tengah merah dan bahkan konfigurasi yg unik dari jarum. Bahkan sampai detail terkecil, Certina berusaha untuk membawa semua elemen yg ada pada model DS PH200M terdahulu.

Untuk sebagian besar konsumen, Jam Tangan Certina DS PH200M yg baru telah berhasil menyediakan sebuah desain atraktif yg konsisten dengan model vintagenya, beberapa pembaruan pada bagian sentuhan akhir dan kepala crown serta titik harga jual yg kompetitif dengan fitur daya cadangan 80 jam yg sangat praktis. Mengikuti jejak Rado yg meluncurkan kembali model HyperChrome Captain Cook atau Oris dengan model Diver Sixty-Five , Certina DS PH200M menandai langkah pertama dari pembaruan model model arloji vintage milik Certina yg ada didalam koleksi Heritage.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *