Review : Jam Tangan Blancpain Fifty Fathoms MIL-SPEC

Pada akhir tahun 1950an, Jean-Jacques Fiechter yg merupakan CEO Blancpain CEO dan penggagas model Fifty Fathoms yg ikonik, meluncurkan sebuah inovasi baru yg membuat jam tangan ini bertemu dengan standar ketat dari militer Amerika. Sebuah fitur indikator ketahanan air membulat pada bagian muka dial dibangkitkan kembali pada Jam Tangan Blancpain Fifty Fathoms MIL-SPEC, yg menjadi model terbaru dalam baris produk Fifty Fathoms yg terinspirasi oleh warisan desain vintage.

Pendahulu jam tangan ini pertama kali membuat debutnya di tahun 1957-58, dan dirancang dengan spesifik untuk melewati uji daya baterai yg dilakukan pada berbagai jam tangan lainnya oleh United States Navy, yg memang sedang membutuhkan sebuah arloji untuk misi bawah air mereka. Model asli dari Blancpain Fifty Fathoms MIL-SPEC-1 lalu menjadi instrumen waktu standar untuk pasukan tempur elit U.S. Navy SEALs Underwater Demolition Team atau disingkat UDT. Versi selanjutnya dari jam tangan ini diproduksi pada awal 1960andan diberi nama MIL-SPEC-2 dan Tornek-Rayville TR-900, yg juga dipakai oleh pasukan U.S. Navy, yg kemudian menjadikan fitur indikator ketahanan air sebagai salah satu persyaratannya. Cakram indikator yg berada pada posisi jam 6 akan berubah warna menjadi merah jika ada cairan yg masuk kedalam sasisnya, ini adalah kelanjutan dari beberapa penemuan lainnya yg dicapai oleh Fiechter dan Blancpain untuk model Fifty Fathoms ,diantaranya ada sistem kedap air O ring interior yg pertama, mekanisme penahan untuk cincin bezel putar penyelam dan cincin bezel satu arah.

Re interpretasi modern dari Blancpain MIL-SPEC digerakkan oleh mesin otomatis Blancpain Kaliber 1151, yg menimpan daya cadangan operasi selama 4 hari lewat dua buah barel daya per utama yg terhubung secara seri. Ditampilkan melalui sebuah penutup belakang transparan yg terbuat dari kaca kristal safir dari sasis 40 mm berbahan baja antikarat, atribut lainnya seperti sebuah rotor pemutar daya yg terbuat dari emas, dilapisi oleh bahan campuran platinum NAC dan dirajah dengan ukiran logo Blancpain dan per penyeimbangnya terbuat dari bahan silikon berdensitas rendah ,tahan guncangan dan tahan magnetisme.

Disamping cakram indikator yg terinspirasi dari tahun 1950an, Blancpain Fifty Fathoms MIL-SPEC juga membawa fitur unggulan lain dari model Blancpain Fifty Fathoms , termasuk sebuah dial hitam dengan indeks marka penunjuk waktu berukuran besar yg diisi bahan luminous yg menyala dalam kondisi dalam air yg gelap, dan sebuah cincin bezel putar satu arah yg ditutupoleh kaca kristal safir tahan gores yg merupakan inovasi Blancpain yg membuat debutnya pertama kali pada ulang tahun model Fifty Fathoms yg ke 50 ditahun 2003. Tentunya sasis jam tangan ini memiliki level ketahanan air sedalam 300 meter yg cocok dengan kebutuhan penyelaman bertaraf profesional dan misi militer, peningkatan dari 91.45 meter yg ada pada model awal fifty fathoms.

Paket penjualan Jam Tangan Blancpain Fifty Fathoms MIL-SPEC dilengkapi dengan sebuah tali jam NATO atau bahan kain layar yg dibandrol dengan harga jual $14,000 atau setara dengan IDR 210.000.000 , versi tali jam rantai dengan kepala gesper pengaman dihargai $16,200 atau setara dengan IDR 243.000.000. Diproduksi terbatas hanya sebanyak 500 buah dan akan segera tersedia pada musim gugur 2017.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *