Jam Tangan Zenith Defy El Primero 21

Zenith menjadi merek arloji mewah terakhir yg mengumumkan partisipasinya pada acara yg diselenggarakan oleh WatchTime di kota New York. Pada tahun ini di pameran Baselworld, Zenith memperluas reputasinya sebagai raja dari frekuensi tinggi dengan memperkenalkan Jam Tangan Zenith Defy El Primero 21 , Zenith akan memamerkan jam tangan bermesin chronograph yg baru ini selama acara berlangsung.

Mesin baru yg ada didalam Zenith Defy El Primero 21 adalah mesin otomatis Kaliber El Primero 9004. Mesin ini memiliki dua pelolosan ,yg satunya sebagai penunjuk waktu , berdetak pada frekuensi 5Hz atau 36,000 vph , dan yg satunya lagi untuk menggerakkan mekanisme chronograph, berdetak pada frekuensi 50 Hz atau 360,000 vph, memungkinkan jam tangan ini untuk menampilkan gerakan seperseratus detik di bagian tengah dial.

Frekuensi standar didalam pembuatan jam tangan adalah 28,800 detak per jam atau 3 Hz. Contoh yg paling dikenal dari mesin frekuensi tinggi adalah Zenith El Primero yg berdetak 36,000 vph atau 5 Hz. Dikembangkan sejak tahun 1969, dan sampai saat ini masih terus dipakai dan menjadi standar untuk mesin jam frekuensi tinggi.

Kembali ke tahun 1940an, kompetisi Observatori Chronometer di Swiss memberikan hadiah untuk mesin arloji yg paling akurat, dan pemenangnya adalah Zenith yg datang dengan frekuensi pergerakan yg paling tinggi ,dan juga memegang rekor 2,333 penghargaan chronometri, namun frekuensi yg tinggi ini juga menyebabkan banyak keausan pada komponen pelolosan jam tangan yg halus. Hari ini , kemajuan dalam komponen material telah banyak membantu mengatasi masalah ini. Per rambut atau hair spring dari bahan silikon dan per penyeimbang , komponen titanium dan komponen rahasia lainnya memungkinkan mereka untuk menciptakan pelolosan dalam pergerakan mekanikal yg hampir tidak dapat dirusak , dengan roda gigi yg lebih presisi dan pinion yg memegang bentuknya dengan friksi minimal dan gandengan roda gigi yg lebih presisi, bahkan ketika dicetak kedalam komponen yg sangat kecil. Dalam beberapa kasus , tidak lagi dibutuhkan lubrikasi. Peningkatan ini memungkinkan para pembuat jam untuk membangun pelolosan yg bergetar pada frekuensi yg lebih tinggi dan mekanisme seper seratus detik.

Barel ganda milik El Primero 9004 yg terbaru memiliki sebuah per penyeimbang yg terbuat dari campuran bahan karbon matriks dengan karbon tabung nano, sebuah material paten milik Zenith yg tahan terhadap gravitasi dan fluktuasi temperatur. Tingkatan anti magnetiknya adalah 15,000 gauss. Sebagai tambahan untuk jarum jam dan penunjuk menit , terdapat sebuah subdial kecil di posisi jam 9, sebuah jarum chronograph seper seratus detik , penjumlah 30 menit di posisi jam 3 , penunjuk detik dan seper sepuluh detik di posisi jam 6 , dan sebuah indikator persentase dari daya cadangan mekanisme chronograph di posisi jam 12. Sebuah mekanisme kontrol pengatur ulang chronograph paten milik Zenith dibangun dari tiga bagian inti dan sebuah mekanisme pemulai eksklusif memungkinkan pemakainya untuk mereset detik ,sepersepuluh detik dan seper seratus detik berjalan secara bersamaan.

Mesin El Primero kaliber 9004 dari Jam Tangan Zenith Defy El Primero 21 telah disertifikasi COSC dan memiliki daya cadangan selama 50 jam untuk penunjuk waktu dan 50 menit untuk mekanisme chronograph. Sasisnya berukuran diameter 44 mm dan tersedia dalam 3 pilihan yakni dari bahan titanium dijual dengan harga $9,600 atau setara dengan Rp 130.000.000 , titanium dengan dial terbuka pada harga $10,600 atau setara dengan Rp 145.000.000 dan aluminium keramik dengan dial terbuka yg ditawarkan pada harga $11,600 atau setara dengan Rp 156.000.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *