Jam Tangan Swatch Sistem51

Jam Tangan Swatch Sistem51 tidak dapat dipungkiri adalah jam Swiss mekanikal otomatis yg paling murah yg ada di pasaran saat ini, dan Swatch Sistem51 jelas merupakan salah satu terobosan industri jam mekanikal Swiss yg paling penting dalam 10 tahun terakhir.

Sama seperti jam Swatch pertama kembali ke tahun 1983, jam tangan otomatis yg baru ini adalah pencapaian industri yg dapat merubah wajah perusahaan Swatch Group dan seluruh industri jam tangan.

Sejarah Swatch

Swatch yg berarti “second watch,” dipilih karena jeterjangkauannya dan tampilan yg kasual . Swatch lahir pada awal tahun 1980an ditengah tengah krisis jam quartz. Disaat itu, insudtri pembuatan jam tangan di Swiss terpengaruh oleh hadirnya jam bermesin quartz buatan Jepang yg murah dan produksinya menjadi sangat berkurang drastis. Namun , industri jam Swiss menemukan cara untuk merumuskan ilmu horologi jam mewah menjadi sebuah jam quartz Swatch yg membuat debutnya pada tahun 1983.

Swatch lahir dibawah kepemimpinan Ernst Thomke, CEO dari produsen mesin jam ETA, yg dibantu sebuah tim insinyur kecil. Menggunakan konsep Concord Delirium (jam tangan tertipis didunia), Thomke merancang sebuah jam dengan penutup belakang yg sekaligus dimanfaatkan sebagai pelat dasar untuk mesin pergerakan. Swatch dirancang sebagai sebuah jam tangan Swiss plastik dengan mesin pergerakan buatan mereka sendiri. Dibanding dengan jam tangan mekanikal lainnya , jam tangan Swatch 80% lebih murah untuk diproduksi berkat proses pemasangan otomatis dan mengurangi bagian komponennya menjadi hanya 51 bagian.

Koleksi pertamanya diperkenalkan pertama kali pada bulan Maret 1983 pada rentang harga yg setara dengan jam buatan Jepang seperti Seiko dan Citizen, namun dengan keunggulan kualitas pengembangan dan pembuatan Swiss. Dibantu dengan pemasaran yg agresif , penjualannya meroket dan melebihi target satu juta unit pada tahun 1983 dan 2.5 juta di tahun berikutnya. Nicolas G. Hayek,dengan sebuah grup investor Swiss , membeli merek Swatch pada tahun 1985 dan menggunakannya sebagai fondasi dari sebuah perusahaan yg kini dikenal dengan nama Swatch Group.

Oleh karena kesuksesan jam Swatch, keseluruhan industri jam tangan Swiss mengambil langkah cerdas dengan memperbarui banyak merek , dan lahirnya para pembuat jam independen, sedikit banyak ini berkat kesuksesan Swatch. Ini mungkin merupakan sebuah jam tangan plastik yg simpel dan murah namun tidak dapat dipungkiri ini adalah salah satu jam yg pentng dalam sejarah.

Penampilan keseluruhan :

Swatch Sistem51 kembali membawa ide dari tahun 1983 dengan satu perbedaan yakni mesin pergerakan. Kalian mendapatkan konsep dasar dari sebuah jam plastik , buatan Swiss, dikembangkan dengan mesin yg terdiri dari 51 bagian yg dibuat oleh mesin dan harga yg sangat terjangkau ( sekitar  $150 di pasar Amerika). Semua yg menjadi ciri khas karakteristik dari sebuah jam tangan Swatch direpresentasikan disini , terkecuali mesinpergerakan mekanikal otomatisnya. Ini bukanlah model jam tangan otomatis pertama dari Swatch ,beberapa darinya menggunakan mesin ETA , namun yg satu ini memiliki kelebihannya sendiri.

Ketika dipamerkan pada pameran Baselworld 2013, Swatch Sistem51 membuat gempar industri jam tangan. Bagaimana sebuah jam Swiss dengan mesin mekanik otomatis dapat dibandrol dengan harga yg lebih murah dari jam ETA buatan Tissot ? . Pencapaian ini diraih memanfaatkan sinergi didalam Swatch Group dan mengaplikasikan trik yg sama yg digunakan oleh Swatch pada tahun 1983. Didalam eksterior luarnya yg terkesan murah , Swatch Sistem51 adalah pencapaian industri yg nyata dan menampilkan intelegensi yg luar biasa. Untuk menjaga harganya tetap terjangkau, mesin pergerakan jam sepenuhnya ditangani oleh mesin , tanpa intervensi manusia , bahkan dalam proses penyesuaian akurasi dari roda penyeimbang dan komponen pengatur gerakan jam.

Mesin Pergerakan :

Walaupun mesin pergerakan dari Swatch Sistem51 tidak dirancang dan diproduksi secara “traditional” seperti kebanyakan merek jam buatan Swiss lainnya , namun ini adalah sebuah terobosan yg inovatif. Mungkin jam ini terhitung murah, namun sangat mengesankan melihat mesin jam ini menggunakan teknologi yg lebih tinggi dibanding dengan mesin ETA, Soprod atau Sellita. Untuk membangun mesin pergerakan ini, ETA, tim riset Swatch , Nivarox dan Comadur (semua bagian didalam Swatch Group) bekerjasama selama dua tahun untuk menciptakan sebuah proses fabrikasi yg kompleks dari nol ,hasilnya adalah sebuah mesin jam mekanik yg simpel dan efisien.

Yg luar biasa dari Sistem51 adalah mesin ini hanya terdiri dari 51 bagian, terbagi atas 5 modul dan saling terhubung satu sama lainnya oleh satu buah sekrup saja di tengahnya. Pemasangan komponennya termasuk 19 permata dan organ regulasi , dilakukan oleh mesin dan hanya menggunakan solder. Pemasangan roda penyeimbang dan penyesuaiannya adalah tugas yg paling sensitif ketika membuat sebuah mesin jam. Ini membutuhkan pengrajin jam dengan kemampuan terlatih untuk mendapatkan nilai kronometrik yg baik. Dalam Sistem51, bagian ini disesuaikan oleh laser yg membuang material untuk mendapatkan keseimbangan yg semurna , dan ketepatan akurasi .Dan roda penyeimbang serta  komponen pengatur gerakan jam terbuat dari bahan sistetis dan anti magnetik.

Jam Swatch Sistem51 juga menawarkan beberapa inovasi lainnya , seperti bagian pelat dan jembatan penghubung ARCAP, sebuah material yg digunakan oleh jam tangan mewah seperti Urwerk. Keuntungan utama dari ARCAP adalah daya anti magnetik dan tidak sensitif terhadap perubahan temperatur.

Mesin pergerakan menyediakan daya cadangan selama 90 jam , nilai yg impresif bila dibandingkan dengan 42 jam yg disediakan oleh sebuah mesin ETA atau Soprod. Sebuah rotor dua arah transparan bertugas memutar selongsong penyimpanan daya. Sekali lagi , detail seperti ini umumnya hanya dapat ditemukan pada sebuah jam tangan mewah. Swatch mencatat akurasi dari mesin jam ini +/- 7 detik per hari, nilai yg sangat dekat dengan sertifikasi kronometer COSC (-4/+6 detik per hari ).

Pertanyaan selanjutnya adalah tentang kehandalan dari Swatch Sistem51. Kami rasa tidak perlu untuk khawatir dengan mesin pergerakan menjadi tidak solid atau tidak akurat , namun bagaimana jika terjadi masalah? Roda penyeimbang dan pengatur pergerakan tidak dapat disesuaikan ulang. Yg terburuk, penutup belakang jam tidak dapat dibuka. Kami berpikir para calon konsumen akan memikirkan hal yg serupa dengan Swatch model quartz yakni menggantinya. Sebab akan menjadi lebih mahal jika diperbaiki. Ini adalah sesuatu yg tidak kita inginkan, khususnya karena kita suka jam tangan vintage dan mereparasi koleksi jam kita.

Fitur Utama :

Swatch Sistem51 diisi dengan atribut yg umumnya terdapat pada jam tangan yg harganya jauh lebih mahal. Jam ini tidak hanya memiliki akurasi waktu dan daya cadangan yg mengesankan , namun juga sistem penanggalan yg dapat diatur melalui posisi crown kedua tanpa merubah jam dan hacking jarum detik yg menghentikan pergerakan detik ketika crown ditarik. Fitur terakhir yg mungkin tidak terlalu penting yakni jam ini dapat di isi dayanya dengan memutar crown. Bahkan beberapa jam buatan Seiko lama dan murah tidak memiliki fitur seperti ini.

Dalam hal penampilan , Sistem51 adalah jam tangan sederhana dengan tiga jarum penunjuk waktu yg dilengkapi tanggal , namun lebih rumit dikarenakan mesin pergerakan otomatis dan fitur lainnya. Jam ini memiliki semua yg ada pada sebuah jam ETA dan bahkan lebih , dengan harga yg jauh lebih terjangkau.

Kesimpulan :

Jam Tangan Swatch Sistem51 adalah sebuah jam yg tidak mahal , dibangun dengan sasis berbahan plastik , dan tidak memiliki komplikasi waktu yg fantastis .Namun , ini adalah sebuah pencapaian penting untuk masa depan industri jam tangan karena ini adalah jam tangan mekanik otomatis pertama yg dibuat tanpa campur tangan manusia. Dengan bandrol harga $150 ,hanya Swatch Group yg mampu melakukan ini. Akhir kata, ini adalah sebuah jam tangan otomatis berkualitas Swiss yg sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *