Jam Tangan Seiko Spring Drive Spacewalk Chronograph

Setelah beberapa saat, Jam Tangan Seiko Spring Drive Spacewalk Chronograph akhirnya muncul. Sejak awal diumumkannya untuk dijual kepada publik, harga yg ditawarkan adalah $28,000 atau sekitar Rp 300 jutaan . Jam tangan Seiko Spring Drive Spacewalk yg dipakai oleh Richard Garriot ketika menjelajahi angkasa luar laku dengan harga  $45,600 di pelelangan.

Seiko Spring Drive Spacewalk awal mulanya dirancang sebagai jam tangan edisi terbatas atau limited edition sebanyak 6 buah. Kini Seiko memutuskan akan menambah produksinya .Perusahaan mengaku kalau diminta oleh Richard Garriot sendiri. Meski pihak Seiko belum menentukan berapa banyak unit yg akan mereka buat. Bisa jadi edisi terbatas ,bisa juga tidak.

Pada intinya, jam Seiko Spacewalk ini diisi dengan teknologi mesin jam Spring Drive Chronograph 5R86 dengan komplikasi status daya cadangan , waktu GMT dan tanggal. Mesin ini dibangun dengan bantuan 50 permata dan 416 bagian yg menyediakan waktu cadangan selama 72 jam ( tanpa fungsi chronograph / 12 jam bila chronograph ikut berjalan).

Dipadankan dengan sasis berbahan titanium berdensitas tinggi yg berdesain bullhead ,ukurannya tercatat memiliki diameter 53mm pada sudut axis Y dan 48.7mm pada sudut axis X . Ketebalan 15.2mm dan bobot 92.5 gram. Muka sasis depan  lalu ditutup oleh kaca safir dengan lapisan anti pantulan cahaya. Tingkat ketahanan air jam ini berada pada kedalaman 10 atm atau 100 meter.

Mahkota crown dari jam ini berjenis sekrup pengunci. Awalnya , Seiko ragu untuk menggunakannya karena crown dengan sekrup pengunci akan membuatnya sulit di putar (rotor otomatis tidak berfungsi dalam lingkungan dengan tingkat gravitasi nol). Sekrup pengunci ini lalu juga membantu tingkat daya tahan air dari jam ini.

Jam Tangan Seiko Spring Drive Spacewalk Chronograph edisi komemoratif akan dipadukan dengan tali jam nilon dengan jepitan titanium dan pengencang Velcro dengan tali nilon cadangan , rencananya jam ini akan dipasarkan dengan harga jual $28,000 atau sekitar Rp 300 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *