Jam Tangan Seiko Marinemaster 1000

Salah satu arloji diver mekanikal yg paling menggebrak di dunia adalah Jam Tangan Seiko Marinemaster 1000. Pada akhir tahun  1960an dan awal 70an , beberapa pemuat arloji mulai merancang jam tangan penerus mereka dari nol , seringnya dikarenakan oleh kebutuhan akan solusi baru untuk penyelaman perairan jenuh. Jadi , ketimbang hanya membuat sebuah jam tangan yg dapat dipakai untuk menyelam, para perusahaan pembuat arloji lalu membuat bentuk jam mengikuti fungsinya dan lebih berfokus pada fungsi sebuah instrumen pengukur waktu untuk kondisi penyelaman bawah air yg ekstrem. Strategi ini tentunya mempunyai resiko komersil seperti terbatasnya jumlah pembuatan dibanding dengan jam tangan diver yg lebih tradisional yg dapat diproduksi secara masssal dan dapat dipakai juga ketika tidak sedang menyelam. Untungnya , berkat teknologi dan ilmu baru dalam bidang pembuatan arloji , model jam tangan diver akan mampu beradaptasi dan menjadi lebih komersil kedepannya.

Salah satu contoh jam tangan diver “ekstrem” yg populer adalah Omega Seamaster 600 dari tahun 1970, yg dirilis ulang di tahun 2009 sebagai Omega Seamaster 1200 Ploprof. Pesaingnya yg tidak kalah ikonik adalah Seiko model Ref. 6159-7010/7019 yg tahan sampai kedalaman air 600 meter ,jam tangan ini dikembangkan selama bertahun tahun dan diluncurkan pada tahun 1975. Arloji ini juga mempunyai beberapa elemen baru seperti gasket berbentuk L , tali jam yg baru dan yg paling penting lapisan sasis sekunder bagian luar yg terbuat dari bahan titanium. Dilihat dari beberapa sisi, ini adalah contoh terbaik dari perkembangan dunia industri pembuatan jam tangan Jepang.

Seiko 6159-7010 menjadi model dasar bagi banyak arloji buatan mereka, kesemuanya diberi nama kecil “Tuna” . Sebuah versi otomatis yg disebut dengan Seamaster 1200 diluncurkan ulang pada tahun 2009 dan kali ini dengan nama Marinemaster 1000 atau SBDX011 yg memiliki tingkat ketahanan bawah air sedalam 1,000 meter yg seakrang masuk kedalam barisan koleksi jam tangan sport Seiko Prospex.

Setelah 30 tahun , Seiko Marinemaster 1000 masih memarisi salah satu desain yg paling radikal dan unik, dan mungkin jauh lebih baik dibanding dengan pedahulunya. Sasis monoblok tahan air miliknya dilindungi dengan penutup tambahan dan secara sempurna melindunginya dari imbas. Dan juga, pelindung penutup tambahan melindungi 50 persen bezel dari kejutan yg tidak disengaja serta menutup sebagian dari kepala crown dengan ulir pengunci. Belum terdapat katup pelepas gas helium pada jam ini, namun ditutup dengan kaca kristal safir ketimbang memakai kaca Hardlex buatan Seiko. Jam ini ditenagai oleh mesin Kaliber 8L35 buatan Seiko yg merupakan versi modifikasi Kaliber 9S55 yg digunakan oleh jam tangan Grand Seiko.

Jam Tangan Seiko Marinemaster 1000 dibandrol dengan harga jual 324,000 Yen atau setara dengan USD $2,735 atau IDR 37,200,000 terhitung murah bila dibandingkan dengan apa yg kalian dapatkan. Jika masih dirasa mahal ,kalian bisa mencoba model Seiko Marinemaster 300 dengan harga yg lebih terjangkau.

One Comment on “Jam Tangan Seiko Marinemaster 1000”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *