Jam Tangan Seiko Ananta Chronograph

Ketika Seiko didirikan pada tahun 1881 dan pertama kali membuat jam saku di tahun 1895, jam dengan fungsi alarm di 1899, dan jam tangan pertamanya di tahun 1913.Ini artinya pada tahun 2013 menjadi penanda dari perjalanan sejarahnya dalam membuat jam tangan yg sudah berumur 100 tahun, dan Seiko memutuskan untuk menandai pencapaian ini dengan membuat sebuah edisi khusus dari Jam Tangan Seiko Ananta Chronograph.

Berdasarkan penrnyataan resmi dari Seiko: “Ananta menyatukan dua kekayaan tradisi. Setelah melewati masa 100 tahun , ilmu pembuatan srloji Seiko menyatu dengan nilai nilai sejarah budaya Jepang untuk membuat sebuah koleksi jam tangan yg memiliki ciri khas Seiko dan nilai nilai unik dari budaya Jepang. Untuk tahun 2013, sebuah mekanisme chronograph baru ditambahkan kedalam model Seiko Ananta dengan sebuah desain yg mewarisi elemen desain yg ada pada masa Samurai. Diantara banyak daimyo, atau baron regional dari abad ke 17, cerita tentang Masamune Date adalah salah satu yg paling menarik. Masamune memulai karir pertamanya pada umur 14 tahun, ia lalu meneruskan karir ayahnya sebagai daimyo pada umur 17, mendirikan Sendai yg merupakan salah satu kota besar di Jepang, dan menjadi tokoh utama dibalik misi diplomatis kelautan yg menjangkau sampai Philipina, Spanyol dan bahkan kota Vatikan Roma. Sebagai seorang pejuang, ia dikenal tanpa ampun dan dikenal luas akan baju zirahnya yg unik dan berbeda. pelindung kepala Samurai miliknya dihiasi dengan sebuah emblem bulan sabit yg besar dan menjadi ciri khas miliknya yg diingat sejarah sampai saat ini. Helm buan sabit milik Masamune Date menjadi inspirasi utama dari model Seiko Ananta chronograph.”

“Dial dari jam tangan chronograph yg baru ini adalah sebuah ekspresi yg sempurna dari dedikasi Seiko untuk inovasi. Isshu Tamura yg merupakan seorang seniman ternama dalam bidang pernis bergaya Kaga Makie , mewarnai setiap dial dengan tangannya sendiri yg membuat arloji ini unik.  Dialnya sendiri berwarna biru gelap , sebuah warna yg belum pernah tercapai melalui teknik pernis lacquer dan warna ini mewakili nuansa langit senja yg dihiasi oleh bulan sabit yg juga diwarnai dengan pernis. Efek dari kedua kombinasi antara kekuatan dan keheningan ini terlihat mencengangkan dan merupakan metafora visual yg sempurna dari seorang Masamune Date.

Didalam model Seiko Ananta chronograph yg baru ini tertanam mesin mekanikal otomatis chronograph Kaliber 8R28. Tentunya mesin ini memiliki sebuah roda gigi kolom dan sistem kopling vertikal untuk pengoperasian yg presisi dan juga tidak lupa palu pemukul tiga kepala yg unik milik Seiko yg menjamin proses sinkronisasi yg sempurna dari fungsi flyback jarum penunjuk. Keindahan dari warna dial terlihat sempurna berkat lapisan anti reflektif Seiko yg menghilangkan 99% refleksi cahaya ,bahkan didalam keadaan yg terang benderang.

Jam Tangan Seiko Ananta Chronograph hanya dibuat sebanyak 300 buah dengan nomor seri yg diukir pada bagian penutup sasis belakang. Sebagai bagian dari koleksi ulang tahun Seiko ke 100 , model edisi terbatas ini dibandrol dengan harga EU4,300 atau setara dengan IDR 58,480,000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *