Jam Tangan Seiko Ananta Automatic Chronograph Diver

Diantara barisan jam tangan baru Seiko yg dirilis di pameran Baselworld , ada Jam Tangan Seiko Ananta Automatic Chronograph Diver dan Seiko Sportura Alarm Chronograph. Dibandrol dengan harga yg terpisah ribuan Dollar, kedua model ini mewakili berbagai pencapaian yg diraih oleh Seiko. Yg satunya menawarkan mesin otomatis buatan Seiko sendiri , sasis yg dipoles manual oleh tangan dan dial lacquer yg dilukis dengan tangan , dan yg lainnya mempunyai presisi dari mesin quartz dan fungsionalitas dalam sebuah paket yg cantik.

Seiko Ananta Automatic Chronograph Diver adalah salah satu model terdepan dalam koleksi jam tangan komemoratif ulang tahun Seiko yg ke 130, dibuat dalam jumlah terbatas sebanyak 700 buah dan akan dirilis pada musim gugur.

Seiko menciptakan jam tangan diver pertamanya pada tahun 1965. Sejak itu , Seiko telah menjadi yg terdepan dalam teknologi jam penyelam. Jam tangan titanium pertama di dunia lahir pada tahun 1975, dan jam tangan selam terkomputerisasi pertama di dunia muncul pada tahun 1990. Seiko Ananta Chronograph Diver yg baru ini ditenagai oleh mesin Kaliber 8R39, yg dirancangan untuk dipakai  menyelam. Bahan yg dipakai untuk bagian komponen per penyeimbang adalah bahan alloy SPRON610 milik Seiko dengan peningkatan ketahanan kejut dan antimagnetik. Untuk menjamin jam tangan ini dapat bertahan terhadap kejutan yg kuat , mesin disatukan dengan sasis menggunakan tiga buah jepitan, satu buah lebih banyak dibandingkan dengan chronograph yg lainnya.

Untuk menjamin waktu penyelaman dapat terlihat dengan jelas bahkan didalam keadaan bawah air yg gelap , Seiko mempercayakan kepada Isshu Tamura, seorang seniman pernis lacquer kelas dunia untuk menciptakan dial yg benar benar hitam. Setiap dial diwarnai lapis demi lapis dan lalu dipoles oleh Mr. Tamura didalam studio miliknya di Kanazawa yg terletak di pantai timur Jepang. Isshu Tamura adalah master dari “Kaga Makie” yg merupakan sebuah gaya tradisional dari seni pernis lacquer. Kejelasan daya baca ini lalu ditingkatkan lebih lanjut dengan penggunaan sebuah lapisan non reflektif diatas kaca safir.

Ananta adalah koleksi yg relatif baru , namun mempunyai akar yg dalam pada sejarah dan budaya Jepang. Seiko mengungkapkan bahwa Ananta mewakili dedikasi terhadap kesempurnaan yg selalu diinginkan oleh kebudayaan Jepang dan begitu juga dengan Seiko. Desain dari Seiko Ananta diinspirasi oleh Katana yg tidak lain adalah seni pembuatan pedang kuno Jepang. Pedang katana pertama kali dikembangkan lebih dari 800 tahun yg lalu dan melambangkan nilai tinggi yg oleh kebudayaan Jepang capai melalui keterampilan tradisional dan proses manufaktur yg inovatif , dan inilah inspirasi yg sempurna untuk Ananta.

Jam Tangan Seiko Ananta Automatic Chronograph Diver hanya tersedia 700 buah di seluruh dunia, paerkiraan 35 buah akan menyambangi pasar Amerika , dan akan dijual dengan bandrol harga $4.700 atau setara dengan IDR 63.500.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *