Jam Tangan Rolex Milgauss

Pada proses pengembangan dan produksi tahap awalnya, Jam Tangan Rolex Milgauss diciptakan untuk melayani segmen pasar ahli sains dan ilmuwan yg membutuhkan sebuah arloji yg mampu bertahan terhadap medan elektromagnet yg tinggi. Dinamai dalam bahana Perancis “mille” yg artinya seribu, dan “gauss” yg merujuk kepada unit besaran ukuran bidang magnetik, Rolex Milgauss tahan terhadap bidang magnetik sampai 1,000 gauss lewat pemanfaatan sebuah dalaman sasis dari besi lunak yg mirip dengan yg ada pada aneka jam tangan pilot dikala itu. Pesaing langsung dari model IWC Ingenieur (dirilis ditahun 1954) dan Omega Railmaster ( tahun 1957).

Jam tangan Rolex pria versi modern (Ref. 116400) dirilis oleh Rolex pada tahun 2007 setelah hiatus hampir 20 tahun lamanya. Dengan sebuah sasis baja berukuran 40 mm yg tebal dengan cangkang dalaman besi lunak antimagnetik ( atau pelindung dari bahan campuran ferromagnetik), Rolex Milgauss dapat diperdebatkan sebagai salah satu jam tangan terunik diantara model model yg sedang diproduksi saat saat ini. Dengan sebuah kristal safir yg terlihat sedikit menghijau yg “tidak dipatenkan, karena sangat sulit untuk dibuat sampai tidak ada satupun orang lain yg bahkan ingin mencoba” aksen aksen warna jingga yg tegas pada muka dial dan jarum detik berbentuk sambaran petir, marka penanda jam dan cincin menit dilingkar luar serta tiga opsi dial antara biru , hitam atau putih pancaran sunburst. Rolex Milgauss tidak dipungkiri lagi telah mencapai level “langsung dapat dikenali” yg dijanjikan oleh Rolex, paling tidak diantara kolektor dan pecinta arloji.

Yg juga patut dicatat adalah mesin mekanikal otomatis Rolex Kaliber 3131, yg adalah sebuah versi hasil modifikasi dari mesin Kaliber 3130 yg dikembangkan khusus untuk ketahanan ekstra terhadap bidang magnetik. Jam tangan ini telah diproduksi selama kurun waktu hampir 10 tahun, harganya berfluktuasi di toko toko arloji dalam berbagai kondisi, rata rata kalian akan menemukannya dengan bandrol harga $7,000 atau setara IDR 105,000,000.

Rolex Milgauss 6541

Dibandingkan dengan model referensi original didalam seri ini, 6541, terdapat beberapa perbedaan. Mulai dari bagian dial, kalian akan menemukan peralihan seperti yg ada pada jam tangan Rolex lainnya , mulai dari jarum bergaya dauphine kuno sampai ke jarum baton modern , pemakaian penanda jam segitiga modern dibanding dengan penerapan segitiga segitiga, lingkaran atau penomoran bergaya vintage kuno dan dihilangkannya dial honeycomb ( sarang lebah ). Hal lainnya yg perlu dicatat adalah pinggiran bezel halus yg dipakaikan pada model hari ini, menggantikan bezel putar hitam yg ada pada model original , ukuran sasis yg dulunya 38-mm sekarang menjadi 40mm dan alaminya sentuhan sentuhan akhir dekorasi seperti yg ada pada setiap arloji Rolex hari ini.

Namun, sementara ada banyak perbedaan perbedaan antara Jam Tangan Rolex Milgauss versi modern dan vintage , masih banyak elemen elemen dasar yg tetap dipertahankan. Hal ini tercermin dari penggunaan sasis Oyster dan tali rantai jam, tulisan yg ada pada dial, jarum detik berbentuk petir, dan mungkin yg paling signifikan, daya tahannya terhadap bidang magnetik yg membuat jam tangan ini begitu unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *