Jam Tangan Richard Mille RM032

Jam Tangan Richard Mille RM032 yg baru dirancang untuk kebutuhan penyelam dan menawarka berbagai fungsi yg praktikal. Selagi menyelam , pengguna disuguhi dengan fungsi penunjuk jam, menit ,detik , penghitung mundur 60 menit , totaliser 12 jam dan mekanisme flyback chronograph, kalender tahunan dengan jendela tanggal yg besar serta sebuah indikator bulan.

Tersedia dalam pilihan bahan titanium, emas putih 18K atau emas merah , sasis Richard Mille RM032 yg berukuran 50 mm x 17.80 mm tahan air sampai kedalaman 300 meter atau 30 atm, sesuai dengan standar ISO 6425.

Daya cadangan yg disediakan adalah selama 50 jam , 45 jam dengan penggunaan fungsi chronograph. Angka yg ada pada indikator tanggal terdiri dari dua buah cakram, cakram yg pertama angkanya dipotong seperti stensil positif, memberikan kejelasan visual yg dikombinasikan dengan gaya yg unik. Kalender tahunan memungkinkan kalkulasi penanggalan yg berganti secara otomatis setiap bulan dengan 30 hari dan 31 hari ,terkecuali bulan Februari.

Dirakita dengan tiga lapisan yg saling terhubung oleh 22 buah sekrup , pinggiran roda bezel dan sistem yg terpasang di atas sasis membuatnya stabil serta mencegah perubahan yg tak disengaja. Bezel putar satu arah yg sesuai dengan standar ISO 6425, mencegah kesalahan kalkulasi waktu penyelaman. Untuk tampilan yg lebih bersih dibawah kondisi gelap, pada posisi jam 12 dan seterusnya , marka penunjuk menit pada kuartal pertama diberi warna merah.

Richard Mille RM 032 juga diisi dengan sebuah indikator pergerakan yg terletak di posisi jam 3. Ini berkat geometri dan frekuensi rotasi 2 rpm, kini pemakai dapat mengecek ketepatan fungsi dari mesin dalam kondisi pemakaian yg berat. Cakram indikator pergerakan dibangun dari sektor berwarna hitam dan bahan Superluminova yg menghasilkan tampilan yg mudah dibaca baik saat siang atau malam.

Mesin kerangka otomatis dari RM 032 memanfaatkan sistem rotor otomatis dengan geometri variabel paten milik Richard Mille, ini adalah sebuah inovasi yg memungkinkan level pemutaran otomatis untuk dapat disesuaikan dengan gaya hidup dari penggunanya melalui dua buah tulang rotor yg terbuat dari emas putih 18k.

Mesin Kaliber RMAC2 yg didukung dengan 62 buah permata dan berdetak pada frekuensi 4Hz, memiliki sebuah per penyeimbang bebas dengan inersia variabel. Desain ini menyediakan daya tahan yg lebih baik tehadap subyek kejutan dan disaat pemasangan dan pembongkaran mesin, hasilnya adalah kinerja chronometrik yg lebih baik.

Indeks regulator dihilangkan dan penyesuaian yg lebih akurat dan dapat diulang kini dmungkinkan berkat 4 buah pemberat kecil yg tepat berada di bagian penyeimbang.

Sasis RM 032 adalah bagian yg paling sulit dibuat. Setelah proses pemutaran selama 1,5 jam, sasis yg terdiri dari tiga bagian ini harus melewati 830 jenis operasi penggilingan selama 9 jam. Di fase akhir dari 11 jam pembuatan , setiap dari sasis jam RM 032 harus melewati proses kontrol kualitas selama 1 jam.

Dibagian tombol penekan , setiap dari komponennya masing masing dan mahkota crown membutuhkan waktu pembuatan selama 10 hari. Selama periode ini , beberapa pengujian ketahanan air dan kontrol kualitas dilakukan bersama sentuhan sikat oleh tangan dan pemolesan sasis.

Ketika digunakan untuk menyelam , tekanan bawah air cukup kuat untuk mengaktifkan penekan dan crown dengan sendirinya. Untuk mengatasi masalah efek tekanan eksternal ini atau manipulasi yg tidak disengaja , Richard Mille telah mengembangkan sebuah crown pengunci untuk RM 032 yg mengunci mekanisme tombol penekan dan untuk menjamin daya ketahanan air sampai kedalaman 300 meter. Bagian crown dan penekan dari RM 032 dapat dikunci dengan memutar cincinnya ( berwarna hijau bila terbuka dan merah jika terkunci ). Mesin jam didalamnya juga dilindungi dari potensi kerusakan karena tekanan berlebih atau kejutan pada bagian crown.

Jam Tangan Richard Mille RM032 dipasarkan dengan bandrol harga eceran $125,000 atau setara dengan Rp 1.690.000.000 ( hampir 1.7 Milyar ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *