Jam Tangan Patek Philippe Ref. 5320G Kalender Abadi

Patek Philippe , yg dikenal luas karena kemampuannya membuat sebuah jam tangan dengan fitur kalender abadi atau perpetual calendar kembali ke tahun 1925 silam, yg lalu mencapai nilai penting dalam sejarah jam tangan dengan komplikasi tersebut. Hal ini menginspirasi model Ref. 5320G, yg diluncurkan pada pameran Baselworld 2017. Sementara perhatian yg besar juga diberikan kepada pencapaian teknis Patek pada produk produk yg “Advanced Research”. Patek Phillipe Aquanaut Travel Time Ref. 5650G, jam tangan perpetual calendar yg baru dan desain “retro-modern” nya jangan kalian lewatkan.

Jam Tangan Patek Philippe Ref. 5320G Kalender Abadi lahir dengan membawa pengaruh vintage dari beberapa bagian sejarah dari pendahulunya, termasuk model 1925 model yg adalah perpaduan unik 97’975, dan saat ini menjadi bagian koleksi dari museum jam tangan milik Patek Philippe di Jenewa bersama dengan beberapa jam perpetual calendar yg dibuat pada tahun 1940an dan 1950an. Jam perpetual calendar Patek yg pertama adalah Ref.1518 di tahun 1941, jam ini mengkombinasikan fungsi kalender abadi dengan fitur chronograph. Tahun berikutnya , Ref. 1526 lahir tanpa fungsi chronograph. Keduanya menjadi pionir dalam hal desain dial yg sampa pada hari ini menjadi ciri khas dari sebuah jam tangan perpetual calendar buatan  Patek Philippe. Dua jendela di bawah jam 12 untuk menampilkan hari dan bulan, dan sebuah subdial pada posisi jam 6 untuk indikator fase bulan lalu dikelilingi oleh sistem penanggalan. Dial dari jam ini berwarna krem lacquer yg berkesan tua, selain itu ada beberapa sentuhan elemen baru diatas denah yg klasik ini seperti sebuah lubang kecil untuk menandakan siang atau malam di antara angka 7 dan 8 dan sebuah lubang lainnya untuk perputaran tahun kabisat, dengan angka Arabik mulai dari 1 sampai 4 , posisinya terletak diantara angka 4 dan 5. Elemen lainnya seperti penomoran Arabik berwarna emas dan lingkaran penanda per  5 menit yg dilapisi luminous, jarum jam meruncing yg diisi dengan Super LumiNova (menurun dari model Ref. 1463 chronograph tahun 1950an), jarum detik yg tipis dan skala detik pada lingkaran perimeter dial.

Patek Ref. 5320G Perpetual calendar dibangun menggunakan mesin pergerakan jam Kaliber 324 S Q (“S” untuk detik , “Q” untuk kalender abadi atau perpetual calendar, berdasarkan pada mesin Kaliber 324 milik Patek Phillipe , yg mana ditenagai oleh sebuah rotor besar yg dilapisi emas 21K. Pada bagian samping dial ,terletak empat cakram untuk menampilkan fungsi kalender abadi, setiap darinya perputar sesuai dengan fungsi masing masing . Cakram hari ,berjalan pada satu revolusi per minggu ,cakram bulan pada satu revolusi putaran per tahun , cakram tahun kabisat , berputar satu siklus penuh setiap 8 tahun dan cakram siang / malam pada satu rotasi per hari. Cakram fase bulan , terletak dibelakang penanggalan analog pada posisi jam 6, mesin pergerakan ini hanya membutuhkan satu kali koreksi hari dalam 122 tahun , yg artinya memiliki tingkat error 0.02/juta per hari. Bagian lain dari mesin jam tangan ini dibalut dengan nilai artistik dari ilmu haute horlogerie dan pengaplikasian teknis yg orang kenal dari Patek Philippe seperti : sambungan jembatan mesin yg membulat  dan sudut yg dipolis sampai mengkilap , rajahan Geneva dengan ukiran keemasan , sakrup yg dipoles, , sebuah penyeimbang Gyromax dengan per penyeimbang Spiromax yg terbuat dari bahan Silinvar berteknologi tinggi dan cakram rotor dari emas , tersuspensi diantara poros bola dan didekorasi dengan bunga yg membulat serta sebuah simbol Calatrava .Sama seperti banyak mesin pergerakan caliber jam tangan buatan Patek Philippe saat ini, semuanya dibangun dengan tingkat kepresisian ketat dan kriteria kualitas bertaraf Patek Philippe , yg berarti rentang deviasi maksimum mulai dari -3 dan +2 detik per hari.

Sasisnya terbuat dari emas putih 18 karat , berukuran diameter 40 mm dan ketebalan 1.44 mm. Sama seperti mesin pergerakannya  yg didesain untuk terlihat melalui sebuah penutup belakang berbahan Kristal safir , dibuat utuh didalam rumah Patek Phillipe, muali dari desain dasar sampai pemolesan final . Desain rancangan arsiterktur yg di pengaruhi rasa vintage menyertakan Kristal safir “box form ( berbentuk kotak?)” pada bagian dial, yg membuat sasis terapit dengan ramping. Terlihat disekeliling bezel, Kristal ini lalu kemudian di buat cekung , dengan sisi luar dan dalam secara paralel, halini dilakukan untuk mencegah distorsi visual pada dial yg disebabkan oleh sudut pandangan. Tentunya metode seperti ini sulit untuk diterapkan kembali ke tahun 1940an dan 1950an, jadi pendahulu dari jam tangan ini menggunakan kaca plexiglas anti gores.

Memperlihatkan perhatian Patek terhadap detail dan keterkaitan jam ini dengan warisan ilmu bahkan desain lug nya didasari oleh rancangan pendahulunya yg sudah berumur 60 tahun. Patek Philippe Ref. 2405 memperkenalkan profil lug tiga garis yg digunakan kembali pada Ref. 5320G, yg mana dikombinasikan dengan sasis tengah yg rata , pinggiran bezel yg miring dan dipoles serta Kristal mencekung yg memberikan sebuah kesan elegan di tangan pemakainya. Dan sebuah bonus untuk kalian yg menyukai gaya yg lebih vintage lagi , jam tangan ini ditutup dengan penutup belakang yg terbuat dari emas putih yg dapat di ganti dengan penutup safir tembus pandang.

Jam Tangan Patek Philippe Ref. 5320G Kalender Abadi disempurnakan dengan tali jam coklat berbahan kulit buaya yg dijahit dengan tangan. Dikaitkan dengan jepitan emas putih 18K dalam bentuk Calatrava yg ikonik dari Patek. Di pasaran Amerika, jam tangan ini dijual dengan bandrol harga kira kira $82,800 atau setara dengan Rp 1.117.800.000 ( satu milyar seratus tujuh belas juta delapan ratus ribu Rupiah ) XD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *