Jam Tangan Oris Carl Brashear Chronograph LE Limited Edition

Kembali ke tahun 2016, Oris meluncurkan Jam Tangan Oris Carl Brashear Chronograph LE Limited Edition sebagai penambahan model perunggu kedalam lini produk jam tangan Diver Sixty Five ( 65 ). Sejak saat itu, arloji tersebut menjadi standar rekomendasi untuk sebuah jam tangan diver ( selam ) bagi para pecinta olahraga tersebut atau pecinta jam tangan yg sekedar suka dengan tampilan perunggu dari jam ini dan ingin menambahkannya kedalam koleksi mereka. Saat ini, dalam rangka partisipasi didalam pameran Baselworld, Oris kembali membuat model Carl Brashear 2.0 , kali ini yg membedakannya adalah hadirnya fitur chronograph.

Carl Brashear adalah keturunan Afrika – Amerika pertama yg meraih sertifikasi sebagai penyelam U.S. Navy Diver di tahun 1954. Di tahun 1970, dia menjadi peranakan Afrika – Amerika pertama yg mencapai pangkat U.S. Navy Master Diver walaupun kehilangan salah satu kakinya pada insiden Palomares di tahun 1966 (Brashear kemudian mendapat penghargaan dari Navy and Marine Corps Medal untuk aksi heroiknya). Motto “It’s not a sin to get knocked down, it’s a sin to stay down” yg artinya kurang lebih adalah “bukanlah dosa untuk terjatuh namun dosa jika tetap bertahan dibawah” dapat ditemukan terukir dibagian penutup belakang setiap jam tangan Oris Carl Brashear , baik yg original maupun pada versi chronograph yg baru.

Oris memilih untuk mebggunakan bahan perunggu untuk bagian sasis, kepala crown, penekan dan cincin bezel sebagai cara untuk mengambil nilai vintage dari sebuah helm selam yg dipakai oleh Brashear di waktu itu. Pilihan penggunaan bahan ini memungkinkan Oris berkesempatan untuk mengembangkannya menjadi sebuah patina alami. Jika kalian belum pernah memiliki sebuah jam tangan berbahan perunggu, patina timbul seiring waktu ketika perunggu beroksidasi terkontak dengan udara, air dan minyak dari kulit kalian. Perunggu secara bertahap akan memunculkan sebuah lapisan coklat kehijauan yg banyak disukai oleh para kolektor arloji. Suka atau tidak , jam tangan yg terbuat dari bahan perunggu menawarkan nilai nilai unik personal yg tidak dapat disamai oleh bahan logam lainnya. Yg juga perlu kalian untuk ketahui adalah, selama 114 tahun sejarah Oris, ini adalah kali kedua Oris membuat arloji menggunakan bahan perunggu.

Didalamnya tersemat mesin Oris Kaliber 771 yg merupakan hasil modifikasi dari Sellita SW 510 dengan modul dua penghitung chronograph dan daya cadangan selama 48 jam. Ini adalah pertama kali Oris secara spesifik memakai mesin kaliber jenis ini. Denah bicompax dari subdial meletakkan penghitung 30 menit di posisi jam 3 dan sebuah detik kecil di posisi jam 9. Dengan tiadanya jendela penanggalan membuat dial tampil lebih bersih dan simetris. Dial diberi warna biru gelap menawan yg mencerminkan kedalaman samudera. Sasis jam tangan ini memiliki dimensi 43mm, seidkit lebih besar dari versi sebelumnya yakni 42mm.

Jam Tangan Oris Carl Brashear Chronograph LE Limited Edition mempunyai tingkat ketahanan air sampai kedalaman 100 meter, sebuah bezel putar satu arah, kepala crown ulir dan bahan Super-LumiNova yg mengisi bagian indeks dan jarum jam. Oris Carl Brashear Chronograph LE ( Limited Edition ) hanya dibuat sebanyak 2,000 buah dan ditawarkan pada harga $4,950 atau setara dengan IDR 67,320,000 dan dapat mulai dipesan mulai bulan April.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *