Jam Tangan Oris Big Crown ProPilot Worldtimer

Pada tahun 1997, Oris menarik perhatian dunia industri jam tangan dengan meluncurkan sebuah arloji dengan kategori baru, Worldtimer. Worldtimer merupakan sebuah inovasi sistem baru yg dikembangkan oleh Oris, dibuat untuk merubah zona waktu dengan mudah. Dua puluh tahun kemudidan, Oris meluncurkan Jam Tangan Oris Big Crown ProPilot Worldtimer ,minggu ini di pameran Watch to Watch.

Oris Worldtimer memperkenalkan sebuah mekanisme baru yg menggunakan penekan plus minus minus di sisi sasisnya yg disesuaikan untuk waktu lokal maju ke depan atau ke belakang ,melompat per satu jam setiap kali di tekan tanpa harus menarik crown dan menghentikan waktu yg sedang berjalan. Jam tangan ini menyertakan tampilan untuk detik kecil , waktu rumah dan indikasi siang malam, dan dilengkapi dengan sebuah mekanisme paten ciptaan Oris yg menjamin penanggalan tetap terhubung dengan penyesuaian waktu , bahkan pada saat tengah malam. Oris telah menggunakan sistem world-time ini di banyak arloji buatan mereka sajak saat itu , dan untuk merayakan ulang tahunnya yg ke 20, Oris memperbarui setiap darinya dengan fungsionalitas yg lebih ramah pengguna. Yg hilang adalah penekan plus dan minus , digantikan oleh pinggiran bezel putar yg kini berfungsi untuk mengatur waktu lokal.

Model Oris Big Crown ProPilot yg populer serta fungsi world-time yg diperbarui memungkinkan pemakainya untuk merubah jarum jam maju satu jam kedepan dengan memutar bezel searah dengan jarum jam , dan kebelakang satu jam dengan memutar bezel berlawanan arah dengan jarum jam. Sama seperti model Big Crown ProPilot lainnya, bezel mempunyai motif koin dipinggirannya (terinspirasi oleh turbin mesin jet ) yg memuatnya mudah digenggam dan diputar. Di bagian dial , bersama dengan marka penomoran Arabik yg besar , sebuah subdial di posisi jam 3 menampilkan zona waktu rumah dalam sebuah skala 12 jam, sebuah indikator siang malam terhubung dengan waktu rumah dan tanggal, yg meningkatkan fungsionalitas dari penyesuaian waktu mundur paten yg disebutkan sebelumnya. Pada posisi jam 9 , subdial lainnya menampilkan detik berjalan.

Didalamnya sasis baja anti karat berukuran 44.7 mm , terletak mesin otomatis Oris Kaliber 690 yg merupakan hasil modifikasi dari ETA 2836-2. Dibawah penutup kaca mineral transparan, terdapat rotor merah yg menjadi ciri khas dari setiap jam buatan Oris,frekuensi detak 28,800-vph dan daya cadangan selama 40 jam. Mahkota crown ulir mendukung ketahanan air sampai dengan kedalaman 100 meter. Di atas dialnya ditutup oleh sebuah kaca kristal safir kubah dengan lapisan anti reflektif dibagian bawahnya.

Jam Tangan Oris Big Crown ProPilot Worldtimer tersedia dalam dua versi . Satunya memiliki dial anthracite dan cincin bezel yg dipoles. Yg satunya lagi dirancang lebih bergaya pilot dengan dial hitam matte dan sentuhan akhir sikat di bagian cincin bezel untuk mengurangi silau didalam kokpit pesawat. Keduanya dibandrol dengan harga jual $3,600 atau setara dengan IDR 48.600.000 untuk tali jam tekstil dan versi tali kulit , dan $3,850 atau setara dengan IDR 52.000.000 untuk model dengan tali jam kulit buaya dan tali rantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *