Jam Tangan Orient Bambino

Orient dekat dengan citra jam tangan mekanikal otomatis yg terjangkau. Didalam baris produk koleksi jam tangan mereka, tidak hanya terdapat model tiga jarum yg tipikal namun ada juga model dengan indikator status daya cadangan, GMT dan komplikasi kalender, hampir kesemuanya dijual dengan harga di bawah IDR 10.000.000. Jam ini tidak tergolong jam tangan murahan, Jam Tangan Orient Bambino dirancang dengan berfokus kepada keterjangkauan daya beli dan kualitas yg tinggi, yg mana merupakan faktor yg paling penting. Dan bukan hanya itu, jam tangan ini dibuat di Jepang dan diisi dengan mesin pergerakan jam caliber buatan mereka sendiri.

Banyak hal yg bisa dibahas dari jam Orient Bambino, selagi hampir semua komponen unik dan dibuat dengan baik untuk menciptakan estetika retro yg cantik. Mulai dari bagian sasis , muka dial dan kaca kristalnya, tidak terlihat komponen saling menumpuk dan dipaksakan. Dan yg menggerakkan jam ini adalah mesin mekanikal otomatis asli buatan Orient. Abstraknya, hanya dengan mambayangkan tentang peralatan dan proses produksinya saja , paling tidak sebuah jam tangan seperti ini akan jauh lebih mahal dari harga jualnya saat ini yakni $260 atau setara dengan IDR 3.500.000. Namun kenyataannya , jam Orient Bambino dijual dengan harga dibawah Rp 2 juta.

Sasis jam terukur mempunyai dimensi diameter 40.5 mm dan ketebalan 12mm. Sedangkan kaca kristal mineral berbentuk kubah terukur berdiameter 37mm. Bentuk dari sasis tampak berkesan klasik dengan bentuk silindris atau membulat, bagian samping yg rata dan kuping yg relatif pendek menghiasi bagian atas dan bawah dari sasis jam menjadikannya terlihat ramping dan proporsional. Bagian permukaan atas dipoles mengkilap dan sedikit disikat di bagian samping menyajikan detail dimensi dan tekstur yg bagus. Mahkota crown pada posisi jam 3 agak kecil namun nyaman digenggam. Logo Orient yg menampilkan dua ekor singa dengan sebuah perisai ditengahnya diletakkan pada sebuah bidang permukaan datar yg dipoles. Dan menariknya, mahkota crown juga ditandai dengan logo yg biasanya hanya ditemukan pada sebuah jam yg lebih mahal. Penutup sasis belakang berjenis ulir terbuat dari bahan baja yg dipoles dengan sebuah ukiran ditengahnya. Pada jam yg baru , kalian akan menemukan sebuah stiker holografis dan model serta penomoran dari jam tangan.

Didalam perimeter dial terdapat marka kecil berwarna putih untuk penunjuk menit dan detil sedangkan indeks jam ditandai dengan marka baja poles berbentuk trapezoid. Marka ini mempunyai tiga sisi yg membentuk piramida yg menambahkan kesan mendalam dan refleksi yg menarik. Marka pada posisi jam 3, 6, 9 dan 12 dibuat lebih besar, namun marka jam 3 dipotong untuk menempatkan jendela tanggal. Jendela penanggalan di beri garis pinggiran putih dan cakram dibawahnya berwarna putih dengan tulisan hitam.

Pada posisi jam 12 ,terdapat stempel logo Orient dengan sedikit bercak warna merah di bagian singa dan emblem perisainya. Yg mengejutkan , logo dan emblem dijaga tetap berukuran kecil dan ditempatkan secara proporsional di atas dial, jadi emblem tidak memakan banyak ruang dan terlihat cukup menawan. Diatas marka jam 6, terletak tulisan “Water Resist”, namun tanpa nilai kedalaman. Dengan kata lain, kalau bisa jam ini jangan sampai terkena air. Tulisan ini menyempurnakan tampilan keseluruhan dari jam yg berkesan estetika abad pertengahan.

Jarum jam berbahan baja juga turut dipoles. Jarum jam dan menit berjalan dibuat dengan gaya dauphine yg relatif tebal. Bagian ini juga memiliki kualitas 3 dimensi yg terlihat dari garis yg membelah jarum. Setiap sisinya juga dibuat sedikit menyudut, menampilkan refleksi yg berkilau. Jarum detik berjalan dibuat tipis dan lurus. Kedua jarum menit dan detik sedikit ditekuk ujungnya agar sesuai dengan lengungan dial.

Jam Orient Bambino ditenagai oleh mesin jam tangan mekanikal otomatis Orient Kaliber 48743 buatan Jepang, diisi oleh 21 buah permata yg tidak dapat di hack dan diputar secara manual, namun memiliki sistem penanggalan. Frekuensi mesin ini tercatat 21,600 bph, yg artinya 6 detak per detik. Mesin ini menyediakan daya cadangan selama 40 jam. Hal yg perlu diketahui adalah rotor mesinnya agak sedikit berisik.

Orient Bambino cocok sebagai jam tangan kasual yg berestetika ketika dipakai di acara formal. Estetika retro terlihat tak lekang jaman dan sasis berukuran sedang menambah kesan tangguh.

Jam Tangan Orient Bambino juga tersedia dalam pilihan varian dial berwarna putih , emas dan aksen mawar emas. Dari semua varian yg tersedia , saya secara pribadi suka dengan model yg berwarna hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *