Jam Tangan Keren HYT H3

Kembali ke tahun 2012, HYT memperkenalkan sebuah jam tangan yg mencengangkan industri pembuatan arloji dengan mengintegrasikan bahan likuid cair kedalam mesin dan memanfaatkannya sebagai sebuah instrumen penunjuk waktu. Satu tahun setelah model HYT H1 lahir, perusahaan ini lalu kembali dengan produk baru yg diberi nama HYT H2.

Kali ini , tim HYT bekerjasama dengan salah satu perusahaan ternama APRP untuk membuat Jam Tangan Keren HYT H3 yg tentunya tetap menggunakan konsep likuid cair yg sama. Namun , kalau model HYT H1 dan H2 didasari oleh sebuah tabung melingkar dengan cairan retro, HYT H3 yg baru menggunakan arsitektur baru yg disebut dengan ‘fluid portrayal of time’ atau potret likuid dari waktu. HYT ingin memiliki sebuah desain linear yg menghasilkan sebuah desain berbentuk kotak.

Ketika ide peletakan cairan likuid dan jalur linear dibagian atas diputuskan, sisa dari keseluruhan desain mengalir secara alami namun sangat rumit. Jam tangan ini lalu mengikuti bentuk linear ini dengan sebuah sasis berukuran 62 mm x 41 mm. Terbuat dari bahan titanium berlapis PVD berwarna abu abu dan platinum dengan sentuhan satin yg dihasilkan dari proses semburan mikro. Bagian samping dibentuk melengkung dan dikombinasikan dengan kuping tali jam yg disekrup.

Mesin mekanikal yg ada didalam HYT H3 dapat dibilang gokil abis. Bagian atas dari dial ditempati oleh dua buah kepala piston yg menggerakkan cairan. Piston pertama yg ada dibagian kiri menggerakan progresi cairan dan dari sana waktu ditampilkan. Di sebelah kanannya terletak piston yg berfungsi sebagai kompensator progresi. Tabung kaca yg beroperasi secara vakum menampung dua jenis cairan , yg pertama adalah cairan kuning berbasis air yg berfungsi sebagai penunjuk waktu lalu yg cairan kedua jernih yg kental bekerja sebaliknya. Pada model HYT H1 dan H2 ,cairan likuid bekerja seperti indikator retro yg artinya ketika cairan mencapai ujung tabung maka akan berbalik kembali ke posisi nol.

Cairan ini disiapkan untuk menunjukkan waktu selama 6 jam. Seperti yg tampak pada gambar, dibagian bawah tabung kaca terletak sebuah skala waktu dari angka nol sampai 5. Skala ini adalah sebuah dial putar dengan empat muka yg berputar disaat yg sama ketika cairan kembali ke posisi awalnya untuk persiapan penunjukkan enam jam kedepan. Oleh karena skala berbentuk kotak ini mempunyai empat muka, maka total indikatornya adalah 24 jam. Skala indikator ini diatur lewat sebuah tombol penekan yg  terletak disamping kiri jam. Setiap kali ditekan, indikator tampilan waktu sentral ini lalu akan bergerak per seperempat putaran berbeda dengan pengaturan jam dan menit klasik yg disesuaikan melalui kepala crown.

Penunjuk menit diletakkan dibagian kanan dari dial dan ditampilkan secara linear untuk menjamin keselarasan teknis dan gaya dari HYT H3. Sebuah tangan kembar terartikulasi bergerak sebagai penunjuk menit yg saat mencapai ujungnya, mekanisme retro ini dengan seketika akan kembali ke posisi awal. Sisa area dial lalu diduduki oleh bagian organ regulasi, kepala crown indikator posisi dan sekumpulan mekanisme kompleks lainnya seperti roda gigi dan tuas.

Bagian belakang sasis memperlihatkan dua buah barel daya yg sanggup menyediakan daya cadangan operasi selama 170 jam atau kira kira 7 hari dan sebuah indikator status daya tersisa. Mesin jam tangan juga dipercantik dengan semburan mikro, penghubung mekanik titanium berlapis PVD yg diberi aksen satin, pompa berlapis rhodium dan nilai nilai yg ada dalam aliran Horologi haute.

Jam Tangan Keren HYT H3 dilengkapi dengan tali jam tangan kulit buaya hitam dan direncanakan hanya akan dibuat sebanyak 25 buah dan dibandrol dengan harga CHF 280,000 atau setara dengan IDR 4,200,000,000 ( Rp 4,2 Milyar ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *