Jam Tangan Junghans Meister Pilot

Sejarah dari sebuah jam tangan tidak lengkap jika tidak masuk kedalam ranah arloji pilot. Mulai dari Longines Weems Second Setting dan Lindbergh Hour Angle, dari Zenith dan Breguet Type XX aviator serta Breitling Navitimer , sejarah jam tangan akan berbeda jika tidak dikembangkan dalam aplikasi penerbangan. Dan salah satu arloji pilot yg paling berpengaruh adalah desain B-Uhr , yg dapat kalian temukan pada IWC Big Pilot, Stowa Flieger dan berbagai merek jam tangan lainnya.

Jam Tangan Junghans Meister Pilot didasari pada model Junghans J88 Bundeswher Fliegeruhr. Jam tangan versi aslinya dikembangkan pada tahun 1955 untuk pasukan penerbang Jerman Barat Bundeswehr, meenyediakan fungsi penunjukan waktu bagi pilot dengan cincin bezel dodekagonal yg unik, yg dirancang untuk memudahkan pegangan dan pemutaran. Ini adalah jam tangan yg sangat unik, baik diwaktu dulu dan hari ini, model pembaruan yg dibuat Junghans, yg ditekankan pada fungsionalitas dan nilai estetika desain , dan menggunakan tema warna dari pasukan militer Jerman Barat disaat era perang dingin, bersama dengan mesin hasil pengembangan Heuer yakni Bundeswehr 1550 SG.

Sama seperti pendahulunya , model baru dengan nomor Ref. 027/3591.00 ini memiliki sebuah fitur pinggiran bezel dodekagonal dua arah yg impresif diatas sasis baja antikarat berukuran 43.3 mm yg diberi sentuhan sikat. Konstruksi pinggiran bezel terlihat ramping, dengan penomoran Arabik kecil untuk membantu melacak menit yg lewat, dan sebuah segitiga minuscule faux-patina luminescent diatasnya. Pada bagian samping sasis terletak sebuah mahkota crown yg ditandai dengan logo Junghans dan tompol penekan tebal berjenis pompa, keduanya lalu disempurnakan dengan sebuah penutup belakang  solid yg diberi ukiran arah mata angin ditengahnya.

Dial berwarna hitam dibuat sedikit berbentuk kubah, dengan dua subdial untuk detik berjalan dan sebuah penghitung menit chronograph. Dibagian sudut luar dari dial terdapat sebuah cincin menit berwarna putih, dengan penomoran Arabik faux-patina yg mengindikasikan penunjukan jam. Jarum jam dan menit dibuat antara gaya pedang dan jarum suntik, dan penghitung detik chronograph memiliki desain panah meruncing yg simpel. Yg mentenagai jam tangan ini adalah mesin Kaliber J880.4, yg memiliki daya cadangan selama 38 jam dan didasari oleh ETA 2824 dengan penambahan modul chronograph Dubois Depraz 2030. Junghans membandrol jam tangan ini dengan harga jual $2,465 atau setara dengan Rp 33.500.000.

Bila dibandingkan dengan versi aslinya , Junghans Meister Pilot versi baru banyak mengambil elemen vintage dari pendahulunya lalu mempertajam setiap detailnya. Contohnya , sementara banyak detail yg diturunkan dari versi aslinya , pinggiran bezel hitam yg unik , dial yg mudah dibaca ,konstruksi sasis baja yg diberi sentuhan sikat dll, versi modern menambahkan perbaikan dibagian bezel , dial yg dibentuk kubah untuk daya baca yg meningkat dan diperbesar serta sasisnya dipercantik untuk bertemu dengan standar industri arloji saat ini. Bagian subdial juga turut diperbesar , diberi warna matte dan dibuat mencekung kedalam , berbeda dengan subdial bergaya vintage yg rata dengan permukaan dial. Tombol penekan chronograph juga diperbesar sesuai dengan sasis yg menebal.

Beberapa detail yg sering ditemukan pada jam tangan modern adalah jarum jam berbentuk pedang , sedangkan versi vintage menggunakan jarum batangan yg lebih simpel, walaupun jarum berbentuk pedang tidak umum digunakan pada sebuah chronographs ketika era jam tangan versi aslinya , dan penambahan tulisan “Chronoscope” dan “Made in Germany” terukir dibagian bawah dial.

Secara keseluruhan , Junghans berhasil membuat ulang arloji bersejarah ini menjadi sebuah jam tangan yg bergaya modern. Sasisnya sedikit lebih besar dibandingkan dengan arloji vintage lainnya, namun mengingat ini adalah sebuah jam tangan pilot aviasi, ini dimaksudkan untuk daya baca maksimum.

Jam Tangan Junghans Meister Pilot sangat menarik untuk dilihat , bezel dodekagonalnya adalah salah satu daya pikat disamping dial melengkungnya yg cantik dan bersih, sasisnya juga terlihat kokoh dan dibuat dengan baik layaknya sebuah jam tangan yg terinspirasi dari dunia militer. Semua detail  ini lalu dikombinasikan dengan harga jual yg relatif tidak mahal dan hubungan sejarah yg menarik ,kalian akan memiliki sesuatu yg menarik untuk dibanggakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *