Jam Tangan Hublot Oceanographic 4000

Dalam asosiasi bersama Museum Oceanographic Monaco, Hublot memperkenalkan Jam Tangan Hublot Oceanographic 4000 yg mampu bertahan hingga kedalaman penyelaman 4,000 meter atau setara dengan 13,120 kaki. Hublot menggambarkannya sebagai sebuah simbol yg mendobrak batasan rasional. Jam ini membutuhkan waktu riset , pengembangan dan pengujian selama 18 bulan sampai selesai.

Untuk pertama kalinya , Museum Oceanographic Monaco dengan Fondasi Institut Oceanografik Albert 1st Prince de Monaco yg namanya dikenal luas di bidang riset dan konservasi maritim ,memutuskan untuk diasosiasikan dengan sebuah jam tangan. Hublot Oceanographic 4000 diperkenalkan pada tanggal 6 Juni di akuarium utama Monaco didepan Pangeran Albert II dan Jean-Claude Biver, CEO dari Hublot.

Dengan memilih untuk mendukung Museum Oceanographic Monaco, Hublot tidak hanya menghormati sejarah dan tradisi dari institusi ini, namun juga untuk memberikan dukungan aktif untuk mempelajari dan preservasi bidang kelautan dengan membuat kontribusi pinansial untuk setiap misi dan survey sains yg dijalankan oleh Institut.

Pertemuan resmi pertama dari kolaborasi ini akan diadakan pada acara “Konferensi DEEP SEA” tanggal 13 Oktober di Institut Oceanographic Paris, dimana Hublot akan menjadi rekan utama.

Hublot menyatakan bahwa hampir semua fitur dari jam Oceanographic 4000 sangat luar biasa dari segi desain, pengembangan dan proses pembuatan. Hublot melakukan pengujian ketahanan kedap air sampai kedalaman 5000 meter didalam tangki Roxer. Untuk menjamin daya kekedapan air dari jam dan untuk bertahan didalam tekaman yg ekstrem ini , sebuah Kristal safir sintetis buatan setebal 6.5mm dipilih sebagai penutup dial. Sasis belakang ulir terbuat dari bahan titanium tingkat 2.

Sasis berdiameter 48mm tersedia dalam pilihan bahan titanium yg dibuat terbatas sebanyak 1000 unit, atau versi serat karbon yg dibuat sebanyak 500 buah. Metode membaca waktu yg lewat dibuat senyaman mungkin menggunakan sebuah piggiran roda putar internal satu arah, dengan indikator waktu penyelaman yg diletakkan sedekat mungkin dengan bagian muka dial untuk meminimalisir resiko perubahan waktu selam yg tidak disengaja. Ini juga membuat penghitungan waktu penyelaman mudah untuk dibaca. Sesuai dengan standar , Hublot Oceanographic 4000 memiliki sebuah skala menit per periode 5 menit yg terlihat jelas.

Jam ini dilengkapi dengan dua buah mahkota crown ulir dengan karet cincin O. Mahkota crown untuk mengatur pinggiran roda putar terletak pada posisi jam 2 untuk kemudahan akses dan kenyamanan pemakaian. Demi keamanan , crown ini dibuat berputar satu arah dengan sebuah segel bayonet dan dilindungi oleh sebuah pelindung crown yg diperbesar untuk perlindungan ekstra dan kemudahan operasional selagi memegang peralatan penyelaman yg lain. Crown yg kedua berfungsi untuk memutar daya cadangan dan mengatur waktu dan tanggal bertempat di posisi jam 4 untuk menghindari ganjalan.

Hublot Oceanographic 4000 juga memiliki sebuah katup gas helium yg memungkinkan udara yg terperangkap didalam jam selagi melakukan penyelaman dapat di keluarkan dengan aman ketika naik ke permukaan. Katup didalam jam Hublot Oceanographic 4000 terbuat dari bahan baja anti karat, terletak pada posisi jam 10 dan dapat terlihat dengan jelas dari telinga jam sebelah kiri.

Jam diver buatan Hublot ini dilengkapi tali jam dengan dua kaitan. Jenis kait tali jam ini lebih aman dibanding dengan kait jepit khususnya untuk aplikasi penyelaman, dan lebih mudah untuk ditangani ketika menggunakan sarung tangan. Desain dari kait jam ini adalah rancangan asli , sama seperti metode caranya tersambung dengan sasis. Tombol penekan kecil diletakkan di setiap ujung dari sasis, memungkinkan pemakainya untuk megganti tali jam dengan cepat tanpa membutuhkan obeng atau aksesoris lainnya. Ada dua tali jam didalam paket penjualan jam ini , yg pertama adalah tali “Town” yg terbuat dari bahan karet berwarna hitam. Sedangkan tali jam “Diver” adalah hasil campuran dari karet dan nilon serta lebih panjang dari tali jam standar dan telah dikembangkan untuk dipakai bersama pakaian selam sampai dnegan ketebalan 8 mm.

Jam Tangan Hublot Oceanographic 4000 versi titanium dijual dengan harga $19,900 atau setara dengan IDR 268,650,000 sedangkan versi serat karbon dibandrol dengan harga $25,900 atau setara dengan Rp 349,650,000. Kedua model jam tangan ini akan mulai tersedia pada akhir tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *