Jam Tangan Grand Seiko Spring Drive 8 Day Power Reserve

Seiko Micro Artist Studio yg memproduksi model jam tangan Seiko seperti Spring Drive Minute Repeater dan Credor Sonnerie, berlokasi di kota Shiojori di pusat prefektur Nagano Jepang. Pada tahun 2016, Studio ini merilis Jam Tangan Grand Seiko Spring Drive 8 Day Power Reserve dengan sasis berbahan dasar platinum. Versi baru yg diluncurkan di Baselworld tahun ini, yg mana diisi dengan mesin kaliber Spring Drive yg sama namun dalam sasis emas 18k dan dial hitam belang berbintang yg terinspirasi dari langit malam disekitar pegunungan yg mengelilingi lokasi Studio.

Didalam sasis berukuran diameter 43.mm yg ditutup oleh kaca Kristal safir berbentuk kotak dengan lapisan nonreflektif , dial berwarna hitamnya tampil cantik dengan taburan bintang, ini adalah hasil dari proses khusus yg mengkombinasikan teknik lukisan dan sepuhan. Efek langit malam yg berkilau ditingkatkan oleh jarum penunjuk dan marka penomoran yg dipotong facet 5 sudut , lalu dipoles meruncing disetiap sudutnya dan diberi sentuhan cermin oleh teknik pemolesan Zaratsu dari Seiko, hal ini dicapai dengan mengadu sasis dengan sebuah pelat berbahan timah yg berputar pada sudut yg sangat presisi. Sasis emas ini memliki ketebalan 13.2 mm dan tahan air sampai kedalaman 100 meter.

Dalam kesempatan yg sangat jarang , pembuat jam tangan Grand Seiko berhasil untuk menggambarkan suasana langit malam di Jepang pada bagian depan dan belakang dari arloji ini. Yg dapat telihat dibagian penutup belakang berbahan Kristal safirnya adalah mesin putaran manual Seiko Spring Drive Kaliber 9R01, yg memiliki jembatan penghubung satu bagian yg tidak biasa dan sebuah indikator status daya cadangan berjenis jarum yg menghadap ke belakang , fitur ini menampilkan daya cadangan selama 192 jam atau 8 hari. Menurut Seiko, jembatan penghubung jenis ini menjamin posisi yg tepat dari setiap roda dalam mekanisma dan memaksimalkan efisiensi energi yg disalurkan dari barel daya utama. Selain menjadikan desainnya lebih kokoh , hal ini juga membantu meminimalisir distorsi disaat terkena kejutan atau benturan. Secara visual ,entah tidak disengaja atau memang sudah dirancang , batu permata ruby yg dipoles dan sekrup biru yg diperkuat menggambarkan pancaran lampu dari kota Suwa, jika dilihat dari ruang kerja Seiko Micro Artist Studio diatas gunung, dan bentuk dari jembatan penghubung mengingatkan kita pada Gunung Fuji.

Jam Tangan Grand Seiko Spring Drive 8 Day Power Reserve aka Ref. SBGD202 dijual bersama dengan kelengkapan tali jam kulit buaya dengan tombol pelepas lipat tiga yg terbuat dari emas 18k. Akan mulai tersedia pada bulan September 2017 dengan harga $42,000 atau setara dengan IDR 567,000,000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *