Jam Tangan Citizen Promaster Eco Drive Professional Diver 1000m

Dalam segmen jam tangan diver yg terinspirasi gaya retro di pameran Baselworld 2017, Citizen tampil sebagai salah satu merek arloji yg berani menciptakan sesuatu yg baru. Jam Tangan Citizen Promaster Eco Drive Professional Diver 1000m adalah jam tangan bertenaga surya pertama di dunia dan kedua dari Jepang yg mampu dibawa menyelam sampai kedalaman 1,000 meter.

Citizen Promaster Eco Drive Professional Diver 1000m dengan nomor referensi BN7020-09E merupakan salah satu dari tiga model Citizen Promaster yg diperkenalkan di pameran Baselworld tahun ini, dan berkat tampilan sangar serta ukuran diameter sasis titanium 52.5 mm dan tebal 22.2 mm menjadikannya salah satu arloji penyelam yg paling unik. Mungkin dapat dikatakan bahwa jam ini masuk kedalam kategori “jam tangan diver ekstrem.” Dengan kata lain, ini adalah arloji kontemporer yg merangkap sebagai alat penyelaman. Fungsi utamanya adalah untuk menahan tekanan bawah air yg dahsyat dan secara aman mengukur waktu penyelaman di bawah air dan jelas tidak cocok untuk dipakai dengan pakaian pesta.

Citizen Promaster 1000m yg baru mewarisi desain model Citizen Promaster 1000m NH6931-06E dan NH6930-09FB pertama yg diperkenalkan pada tahun 2002 silam dengan sasis titanium berdiameter 48 mm yg dikenal dengan nama kecil “Autozilla” (merujuk pada monster raksasa fiktif Jepang). Namun ketimbang menggunakan bezel putar yg bisa dilepas , model yg baru ini dibekali dengan sistem penguncian dengan indikator visual pelepasan kunci. ( jika garis jingga pada posisi jam 7 terlihat maka bezel dapat diputar berlawanan dengan arah jarum jam.) Terdapat juga indikator yg sama disaat kepala crown yg terletak di posisi jam 4 terbuka atau terkunci dengan aman. Katup pelepasan helium otomatis nya sendiri terletak diposisi jam 10.

Sasis jam ini terbuat dari bahan “Super Titanium” yg dibuat oleh Citizen, bahan ini adalah sebuah material Duratect yg diperkeras dengan tigkat ketahanan gores yg meningkat. Tercatat 5 kali lebih kuat dan sekitar 40 persen lebih ringan dari baja anti karat.

Mesin bertenaga surya Eco Drive Kaliber 210 buatan Citizen membutuhkan sinar matahari atau cahaya buatan untuk mengisi daya yg ketika penuh mampu menyediakan tenaga sampai dengan 1 ½ tahun. Mesin Citizen Kaliber J210 menyediakan akurasi +/-15 detik per bulan.

Dialnya ditutup oleh kaca kristal safir kubah dengan dua jarum penunjuk jam yg besar yg satunya berwarna jingga cerah , sebuah jendela penanggalan , indeks marka jam yg besar dan indikator daya cadangan. Denah dari jam ini mudah untuk dibaca , terutama dibawah air dan dalam kegelapan. Bahan luminous yg diklaim menyala lebih lama ,diterapkan pada bagian bezel , muka dial dan jarum jam.

Citizen Promaster 1000m telah lulus standar ISO 6425 dan telah melewati pengujian selama 15 hari dalam sebuah ruang tekanan yg berisi gas helium dan oksigen ,dan lalu dilanjutkan dengan tekanan udara selama 3 menit setelah proses dekompresi. Citizen juga bekerjasama dengan JAM- STEC (agen sains dan teknologi kelautan Jepang ) untuk menguji jam tangan ini dibawah kondisi pengoperasian sebenarnya.

Jam Tangan Citizen Promaster Eco Drive Professional Diver 1000m dapat disebut sebagai arloji penyelam yg paling serius di tahun 2017, dan dengan bandrol harga $2,300 atau setara dengan IDR 31,280,000 , mungkin akan sangat menarik kalau Citizen dapat membuat versi mesin mekanikal otomatis untuk pameran Baselworld tahun 2018.

One Comment on “Jam Tangan Citizen Promaster Eco Drive Professional Diver 1000m”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *