Jam Tangan Cartier Rotonde de Cartier Grande Complication Skeleton

Cartier memperkenalkan sebuah mesin arloji komplikasi ultra tipis pada pameran SIHH 2015 yg menunjukkan pencapaian teknis mereka dalam seni pembuatan jam tangan. Jam Tangan Cartier Rotonde de Cartier Grande Complication Skeleton diisi dengan sebuah mesin mekanikal otomatis yg hanya setebal 5.49 mm. Mempunyai tiga komplikasi utama yg tampil diatas dial bergaya kerangka skeleton yakni sebuah tourbillon, kalender abadi dan pengulang menit. Fungsi tersebut lalu dipadu padankan dengan bentuk skeleton ultra tipis yg menjadikannya sebuah jam tangan buatan Cartier yg paling rumit.

Semua jeroan mesin didalamnya dapat dilihat melalui dial skeleton diatasnya. Bagian subdial dibingkai dalam sebuah kisi kisi terbuka dari bahan emas putih. Yg paling menonjol adalah tampilan untuk kalender abadi yg terdiri dari subdial pada posisi jam 3 dan jam 9 yg menunjukkan tanggal dan hari.Sebuah subdial yg lebih kecil pada posisi jam 6 mempunyai dua jarum untuk menunjukkan bulan dan tahun kabisat (ditunjukkan oleh sebuah huruf L didalam interior dial). Semua jarum dibuat dari baja yg membiru. Jarum tengah untuk penunjuk jam dan menit berjalan pada jalur minimalis yg ada pada pinggir dial.

Diatas dial terletak sebuah mekanisme tourbillon yg terlihat jelas tanpa pegangan. Kerangkanya terbuat dari bahan titanium dengan pertimbangan terhadap bobot. Bagian bawah dial menampilkan mekanisme pengulang menit, dengan palu pemukul dan gong yg dapat terlihat berkat desain yg terbuka. Fungsi pengulang menit mempunyai sebuah roda mengambang yg bebas dari gaya semu.

Sasis berdiameter 45 mm terbuat dari bahan emas putih atau platinum. Tebal keseluruhan tercatat pada 12.6 mm. Kepala crown juga terbuat dari platinum, dan tidak lupa disematkan dengan batu safir cabochon yg menjadi karakteristik dari Cartier. Bagian belakang jam tangan ini juga ditutup dengan kaca kristal safir.

Mesin Kaliber 9406 MC buatan Cartier adalah sebuah mesin jam tangan otomatis berdiameter 39.3 mm. Berdetak pada frekuensi 3 Hz dan didukung dengan 47 buah permata. Mesin ini terdiri dari 578 bagian komponen. Menyediakan daya cadangan selama 50 jam yg diisi melalui sebuah rotor putar mikro yg terlihat melalui dial skeleton. Rotor mikro terbuat dari platinum dan diukir dengan logo Cartier serta diberi sentuhan akhir guilloche dan gelombang Geneva yg khas.

Rotonde de Cartier Grande Complication telah diberi Poincon de Geneve sebagai tanda dari kualitas pembuatannya yg dapat kalian temukan dibawah bagian rotor. Cartier membutuhkan lebih dari 5 tahun dalam masa pengembangannya. Proses pambuatan jam tangan ini sendiri membutuhkan waktu 8 bulan  ,15 minggu untuk membuat komponen, 10 minggu untuk dekorasi dan setuhan akhir dan 5 minggu untuk proses pemasangan.

Menurut salah satu sumber, Jam Tangan Cartier Rotonde de Cartier Grande Complication Skeleton dibandrol dengan harga EU 491,000 atau setara dengan IDR 8,347,000,000 ( hampir 9 Milyar Rupiah ). Paket penjualannya dilengkapi tali kulit buaya berwarna hitam dengan kait lipat ganda yg terbuat dari emas putih dan memiliki tingkat ketahanan air hingga kedalaman 30 meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *