Jam Tangan Bremont Supermarine Endurance Limited Edition

Kalimat “Tested Beyond Endurance” yg memiliki makna telah teruji melebihi batas daya tahan adalah slogan resmi Bremont untuk Jam Tangan Bremont Supermarine Endurance Limited Edition baru buatan mereka. Kata “Endurance” juga merupakan nama kapal penjelajah asal Inggris yg dinahkodai oleh kapten Sir Ernest Shackleton pada ekspedisi legendarisnya ke kutub selatan di tahun 1914-1917. Bremont Supermarine Endurance Limited Edition juga dipakai oleh penjelajah kutub Ben Saunders pada rekor ekspedisi solonya dari barat ke timur melintasi benua Antartika pada bulan November 2017.

Untuk dapat bertahan dari kondisi iklim ekstrem yg dihadapi Saunders di perjalanannnya mulai dari pulau Berkner sampai Shackleton Glacier via kutub selatan, jam tangan ini dilengkapi dengan beberapa fitur yg menarik. Sasisnya yg berukuran diameter 43 mm terbuat dari bahan titanium dengan sentuhan elemen ples dan satin, dan dibekali juga dengan cincin bezel putar dua arah yg terbuat dari safir hitam dan dirajah dengan sebuah skala kompas untuk memudahkan navigasi. Dial berwarna hitam dihiasi dengan jarum jam besar dan marka penunjuk jam berlapis bahan luminous yg menyala dalam gelap. Bezel kompas digunakan bersama sebuah jarum GMT berwarna jingga untuk memudahkan proses orientasi dengan cara mengatur jarum GMT ke arah matahari dan menyelaraskan arah utara yg ada pada cincin bezel dengan arah jarum.

Model arloji yg baru ini dapat dikatakan sebagai generasi penerus dari jam tangan Bremont Terra Nova yg juga dipakai oleh Saunders pada ekspedisi lainnya. Untuk yg satu ini, Saunders menginginkan sebuah fitur yg absen di model Terra Nova, yakni penutup sasis belakang transparan. Ini mengharuskan Bremont untuk merancang ulang penutup sasis belakang dengan sebuah kristal yg ekstra tebal mengingat sasis harus mampu bertahan pada tingkat tekanan bawah air sebesar 500 meter dan lingkungan kutub selatan yg ekstrem. Tali jam NATO dengan kombinasi warna hitam jingga juga dirancang fungsional, selagi Saunders akan memakainya diluar jaket yg dipakainya untuk memanfaatkan fungsi fungsi dari jam tangan ini. Untuk merancang sasis yg kokoh ini, para insinyur Bremont mengambil ilmu keahlian mereka yg telah dikembangkan untuk berbagai proyek militer.

Mesin mekanikal otomatis Kaliber BE-93-2AE bersertifikasi chronometer COSC didalamnya dibungkus oleh tiga bagian sasis “Trip-Tick” yg menjadi ciri khas dari Bremont, mesin ini adalah versi modifikasi dari ETA 2892-A2 dengan kecepatan frekuensi detak 28,800-vph, daya cadangan selama 42 jam dan rotor bergaya rangka skeleton yg didesain khusus oleh Bremont. Diantara elemen mesin yg didukung oleh 21 buah permata, terletak sebuah mekanisme penyeimbang Glucydur , sebuah per penyeimbang Anachron dan sebuah per penyimpan daya utama Nivaflex. Setiap mesin diberi nomor serial dan telah mendapat sertifikasi dari lembaga pengujian chronometer Swiss COSC.  Selain tali jam NATO, sebuah tali jam rantai titanium juga tersedia terpisah dari paket penjualan.

Jam Tangan Bremont Supermarine Endurance Limited Edition dibuat terbatas sebanyak 300 buah dan dijual dengan harga $6,395 atau setara dengan IDR 89,500,000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *