Jam Tangan Breguet Marine Equation Marchante 5887

Pameran arloji mewah WatchTime di kota New York tinggal dua minggu lagi dan semakin banyak jam tangan mewah baru yg bermunculan , salah satunya adalah Jam Tangan Breguet Marine Equation Marchante 5887 yg banyak mencuri perhatian di Baselworld tahun ini.

Breguet Marine Equation Marchante 5887 adalah jam tangan unik yg menampilkan persamaan waktu berjalan dalam sekejap menggunakan sebuah “running” (marchante) jarum sentral didalam dial ketimbang menggunakan sebuah subdial yg menampilkan tambahan atau pengurangan menit kedalam waktu sipil. Bahkan dial ini menampilkan bubungan cam yg mengontrol fungsi persamaan waktu disamping sebuah mekanisme tourbillon dan kalender abadi. Jam ini tercipta untuk merayakan penetapan Abraham-Louis Breguet sebagai anggota Bureau des longitudes di Paris pada tahun 1814, biro ini adalah sekumpulan ahli yg bertugas untuk mengukur properti fisik dari Bumi. Sebagai pembuat instrumen chronometer resmi dari French Royal Navy, Breguet menjadi anggota kunci dari grup ini.

Persamaan waktu adalah fitur tambahan yg mengukur waktu dalam kaitannya dengan posisi dari Matahari, yg dalam sepanjang hari dapat berbeda sebanyak -16 sampai +14 menit dibandingkan dengan waktu sipil. Perbedaan ini disebut dengan ekuasi waktu. Untuk alasan praktikal , manusia membagi satu tahun menjadi 365 ¼ hari, satu hari menjadi 24 jam, dan satujam menjadi 60 menit. Namun, oleh karena orbit Bumi yg melengkung , waktu dalam relasinya dengan Matahari akan bervariasi setiap harinya. Hanya 4 hari yg tepat memiliki 24 jam yakni 15 April , 14 Juni , 1 September dan 24 Desember.

Oleh karena variasi ini selalu muncul di hari yg sama, mereka dapat diprogram kedalam sebuah mesin jam tangan menggunakan sebuah bubungan cam yg membuat satu rotasi penuh per tahunnya. Bubungan cam seringkali terhubung langsung dengan mekanisme kalender abadi jadi tampilan dari persamaan waktu akan selalu berkorespondensi dengan tanggal terkini. Cam yg ada pada Breguet Marine Equation Marchante 5887 dibentuk mirip seperti angka 8, dan dapat terlihat melalui sebuah jendela yg juga memperlihatkan dudukan tourbillon. Cam tersebut berjalan pada sebuah cakram safir ,jadi tidak menghalangi tampilan tourbillon.

Ada beberapa cara untuk menampilkan ekuasi waktu. Kebanyakan arloji menggunakan sebuah jarum yg berjalan pada sebuah subdial atau wadah yg digraduasi mulai dari -16 sampai +14 menit. Hanya beberapa arloji yg memiliki fitur ekuasi waktu ini, yg terdiri dari jarum menit sekunder yg berjalan sesuai dengan waktu Matahari, membuat perbedaan waktu ini menjadi dapat dibaca melalui dial sentral. Yg ada pada Breguet Marine Equation Marchante 5887 diidentifikasi oleh sebuah motif Matahari. Sebuah jarum jam sentral ke 4 yg ujungnya diberi sebuah motif jangkar untuk memperingati chronometer pelayaran, mengindikasikan tanggal dalam sebuah skala retrograde sebagai bagian dari fungsi kalender abadi. Untuk menjaga keselarasan tema pelayaran, dial bagian dalam diukir menyerupai ombak.

Mesin otomatis Kaliber 581DPE didalamnya berjalan pada frekuensi 4 Hz dan termasuk sebuah tourbillon 60 detik dengan sebuah dudukan berbahan titanium dan per penyeimbang dari bahan silikon. Menyediakan daya cadangan selama 80 jam, status dari daya tersisa ditampilkan pada sebuah bukaan diantara posisi jam 7 dan jam 9. Berkat sebuah cincin rotor peripheral, mesin yg didekorasi dapat terlihat  melalui penutup sasis belakang , termasuk jembatan penghubung yg diukir menggambarkan Royal Louis, sebuah kapal dalam French Royal Navy, dan sebuah barel penyimpan daya yg diukir dengan motif arah mata angin. Mahkota crown yg dipoles diberi tanda B dan elemen desain tradisional lainnya yg diwarisi dari tema pelayaran adalah sabuk sasis yg melekuk. Arloji mewah ini tersedia dalam dua pilihan yakni model emas rose gold 18k yg dibandrol dengan harga $215,000 atau setara dengan Rp 2.9 Milyar dan yg satunya lagi dari bahan platinum, ditawarkan dengan harga $230,400 atau setara dengan Rp 3.110.000.000, keduanya dengan dial berwarna biru. Sasisnya berukuran 43.9 mm dan tahan air hingga kedalaman 100 meter.

Jam Tangan Breguet Marine Equation Marchante 5887 akan dipamerkan di pameran WatchTime di kota New York.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *