Jam Tangan Breguet Marine Chronographe Ref. 5823 “200 Ans de Marine”

Abraham Louis Breguet yg hidup pada tahun 1747 sampai 1823 adalah salah satu pembuat jam tangan yg paling berpengaruh sepanjang masa.

Pada bulan Oktober 27 tahun 1815, dia ditunjuk sebagai pembuat perangkat chronometer untuk French Royal Navy ( angkata laut kerajaan Perancis ) oleh King Louis XVIII. Pada saat itu (sebelum adanya sistem navigasi berbasis GPS), chronometer kelautan adalah perangkat penting untuk menentukan lokasi dari sebuah kapal di laut lepas. Untuk itu, Breguet merancang chronometer pelayaran yg terpasang pada sebuah kotak khusus yg terbuat dari kayu mahoni atau kayu walnut, dengan tambahan sebuah suspensi gimbal untuk menjaga level dari perangkat penunjuk waktu setiap saat.

Koleksi jam tangan kontemporer Breguet Marine dibuat untuk memperingati kontribusi sejarah yg dicapai oleh Breguet di bidang navigasi pelayaran.

Menandai pencapaian Abraham-Louis Breguet sebagai pembuat chronometer untuk French Royal Navy, Breguet memproduksi sebuah Jam Tangan Breguet Marine Chronographe Ref. 5823 “200 Ans de Marine” yg mempunyai ciri khas sasis yg terbuat dari bahan 950 platinum dan dibuat terbatas sebanyak 200 buah.

Sasis berdiameter 42 mm yg terbuat dari emas putih memiliki cincin bezel tetap, tombol penekan yg flat, kepala crown bergaris yg diukir dengan logo Breguet, kuping lug yg di las ke badan sasis dengan batang penahan tali yg disekrup yg kesemuanya dipoles mengkilap.

Dial yg terbuat dari emas murni diberi warna hitam matte, dengan ciri khas pola gelombang di cincin luar dan di bagian tengah dial, memberikan kesan eksklusif untuk jam tangan edisi terbatas ini sementara menampilkan dekorasi guilloche yg merupakan keahlian dari Breguet. Di bagian cincin atas terletak indeks marka penunjuk waktu berbentuk berlian yg dipasang oleh tangan, dilapisi dengan bahan luminous yg menyala dalam kondisi gelap. Sedangkan di bagian cincin bawah terdapat cincin hitam yg pemrmukaannya halus, ditandai dengan penunjuk menit 0 sampai 60 dan berperan sebagai penanda untuk jarum detik dan jarum chronograph pencatat menit sentral. Didalamnya terletak penomoran Romawi dari emas 18 karat yg tertata sempurna dengan indeks penunjuk jam dibagian cincin luar.

Jarum detik chronograph tegak lurus dengan sebuah lubang di salah satu ujungnya. Jarum menit chronograph memiliki bentuk jangkar disalah satu ujungnya dan berbentuk berlian di ujung yg satunya lagi, disii dengan bahan luminous. Jarum jam dan menit berjalan bergaya Breguet yg ujungnya berlubang dipotong facet dan diisi dengan material luminous putih.

Pada posisi jam 9 terletak subdial detik berjalan, dengan sebuah penjumlah jam chronograph pada posisi jam 6 dan sebuah jendela penanggalan di bagian bawahnya.

Yg menggerakkan semua mekanisme diatas adalah mesin jam otomatis Kaliber 583Q/1 buatan Breguet, dinomori dan ditandai oelh Breguet, berdetak pada kecepatan 4Hz atau 28,800 vph dan memiliki daya cadangan operasi selama 48 jam. Secara teknis, mesin yg didukung oleh 24 buah permata mempunyai sebuah tuas pelolosan dengan palet silikon , sebuah cincin roda penyeimbang dengan per rata dan disesuaikan dalam enam posisi. Dibagian sasis belakang yg terbuat dari kaca kristal safir nampak mekanisme penghubung yg didekorasi dengan pola garis garis Geneva dan sebuah pemberat putar berwarna hitam yg terbuat dari bahan emas 18 karat.

Jam Tangan Breguet Marine Chronographe Ref. 5823 “200 Ans de Marine” dilengkapi dengan tali jam karet dengan pola berlian dan pengait senada dari bahan platinum. Tahan air hingga kedalaman 100 meter dan dibuat  sebanyak 200 unit dan dibandrol dengan harga $54,300 atau setara dengan IDR 787,000,000++.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *