Jam Tangan Breguet Classique Hora Mundi 5717

Jam Tangan Breguet Classique Hora Mundi 5717, singkat kata adalah contoh awal dari sebuah arloji mekanikal dengan sebuah tampilan zona waktu melompat. Kesemua tampilan zona waktu akan melompat dengan sekali takan. Sesaat setelah melihatnya bekerja , kalian akan menemukan kalau konsepnya sangat intuitif.

Breguet Classique Hora Mundi ditenagai oleh mesin mekanikal otomatis 5717 yg didasari oleh Kaliber 777 dengan pelolosan silikon, dalam hal ini dilengkapi dengan modul tambahan. Muka dial menampilkan penjunjukan jam, menit dan detik melalui ketiga jarum jam sentral. Jendela penanggalan diletakkan pada posisi jam 12, dan indikator zona waktu diposisikan di jam 6. Sebuah tampilan siang malam yg ditandai dengan matahari dan bulan duduk diantara posisi jam 3 dan 4.

Fitur zona waktu melompat yg saling terhubung penuh satu dengan lainnya adalah yg pertama di dunia jam tangan mekanikal dan tentunya jam tangan ini sudah mempunyai empat hak paten yg sedang diajukan.

Begini cara kerjanya , dari ke 24 zona waktu yg tersedia, pemakai dapat memilih dua kota yg dinginkan untuk menunjukkan waktu lokal. Setelah selesai, pengguna lalu dapat dengan seketika mengubah semua tampilan dari satu kota ke lainnya dengan menekan kepala crown kombinasi di posisi jam 8. Sebagai contoh, mari kita asumsikan bahwa sekarang kita sedang di kota Paris tanggal 25 jam 4 sore, lalu dengan membutar kepala crown kombinasi akan memunculkan kota Pris di jendela yg ada pada posisi jam 6, lalu kepala crown yg ada di arah jam 3 digunakan untuk mengatur waktu ke jam 4 sore dan tanggal 25, perhatikan indikator siang malam yg ditunjukkan oleh matahari dan bulan. Untuk menampilkan waktu lokal di kota Sydney, tombol penekan dapat diputar sampai menunjukkan kota Sidney di posisi jam 6, lalu jam tangan ini akan secara otomatis menyesuaikan dengan waktu Sydney. Operasi yg akurat disaat penyesuaian dijamin oleh sebuah sistem penghenti detik. Sejak kedua kota tersebut berbeda 9 jam, jarum jam akan bergerak maju sebanyak 9 jam pula. Disaat yg sama, tanggal akan berubah menjadi 26 dan indikator siang malam pun akan berubah menampilkan bulan. Dimana saat ini adalah jam 4 sore di Paris, maka di Sidney sudah jam 1 pagi di keesokan harinya. Setelah jam tangan ini selesai diatur, sistem tampilan zona waktu melompat dapat diubah dari waktu Paris ke waktu Sidney dengan sekali menekan kepala crown.

Breguet Hora Mundi juga menyediakan sebuah tampilan tanggal khas yg menggunakan sebuah cakram tarik. Cakram ini muncul pada sebuah jendela di posisi jam 12 diatas dial. Jendela ini cukup besar untuk menampilkan 3 tanggal konsekutif sekaligus. Untuk mencegah kebingungan dalam membaca tanggal, para pembuat jam tangan Breguet menambahkan sebuah jarum retro kecil yg tersembunyi dibagian bawah dial terkecuali ujungnya yg bulat yg lalu akan mengikuti tanggal hari ini dari sisi kiri sampai sisi kanan. Pada tengah malam, jarum ini akan kembali ke sisi kiri dari jendela sebagai tanda mulainya hari esok.

Sasis Breguet Hora Mundi berdiameter 44mm dan tebal 13.55 mm , dan tersedia dalam pilihan bahan emas rose gold 18k atau emas putih 950 , keduanya tahan air sampai kedalaman 30 meter. Muka dial yg terbuat dari emas murni tersedia dalam tiga pilihan yakni dengan pola benus Amerika, Eropa dan Afrika serta atau Asia dan Oceania. Tepian dial diberi sentuhan sikat satin keperakan yg membulat dan diukir oleh tangan menggunakan mesin, marka penunjuk waktu terbuat dari emas atau platinum tergantung dari versi sasis. Bagian tengah dari dial yg mewakili bentuk bola dunia dicetak dan diukir menggunakan mesin untuk menciptakan pola “gelombang” samudera. Samudera diberi beberapa lapisan pernis dan benua daratan dipoles. Pada bagian indikator siang malam, motif langit terbuat dari lapis lazuli yg diisi dengan beberapa bahan pyrite menyerupai bintik bintik emas yg mewakili bintang bintang. Matahari dan bulan terbuat dari emas murni , emas kuning untuk matahari dan emas berlapis rhodium untuk bulan. Penutup cakram matahari dan bulan yg mewakili awan terbuat dari bahan emas keperakan, dirajah dengan nama Breguet serta nomor seri dari masing masingnya.

Jam Tangan Breguet Classique Hora Mundi 5717 ditawarkan pada harga $94,200 atau setara dengan IDR 1,300,000,000 ( Rp 1,3 Milyar ).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *