Jam Tangan Ball Engineer II Magneto S

Pada pameran Baselworld 2014, Ball Watch Co. mengumumkan peluncuran Jam Tangan Ball Engineer II Magneto S, sebuah arloji mekanikal dengan sebuah sistem perlundungan magnetik paten. Teknologi baru yg disebut dengan perangkat A-Proof milik Ball ,melindungi mesin dari pengaruh bidang magnetik sampai dengan 80,000 Ampere per meter (A/m).

Bidang magnetik adalah hal yg paling berbahaya untuk mesin jam tangan mekanikal. Efek dari gaya magnetik yg relatif kecil saja dapat mengacaukan keseimbangan pengukuran waktu. Ketika sebuah mesin melewati sebuah bidang magnet, umumnya mesin akan mulai berlari , merubah kestabilan penjagaan waktu menjadi lebih cepat. Untuk mengatasinya, pembuat jam tangan telah memanfaatkan berbagai teknologi untuk melindungi bagian mesin. Biasanya, untuk sebuah jam tangan yg dapat dibilang “anti magnetik,” arloji tersebut harus mampu bertahan pada bidang magnetik 4,800-A/m dan bertambah atau berkurang tidak lebih dari 30 detik per hari. Metode perlindungan umum yg digunakan oleh Ball Watch dulu adalah dengan melindungi mesin dalam sebuah rangka besi ringan. Ini menghasilkan perlindungan sampai nilai 12,000 A/m.

Ball Engineer II Magneto S mengganti material yg digunakan untuk melindungi mekanisme mesin dari pengaruh magnetis. Didalam sasis baja anti karatnya, mesin dikelilingi oleh perisai yg terbuat dari bahan “mumetal”yg merupakan bahan campuran alloy yg terdiri dari nikel, tembaga ,besi dan molybdenum. Dikenal dengan nama perangkat A-Proof , substansi ini melindungi meisn jam sampai dengan 80,000 A/m. Ball Watch menyebut ini dengan “sebuah pendekatan baru dalam perlindungan mesin jam tangan mekanikal.”

Walaupun ukuran A/m adalah sesuatu yg berbeda dengan Gauss , nilai 80,000 A/m yg diemban oleh model Ball Engineer Magneto memiliki kemampuan yg setara dengan 1,000 Gauss yg dimiliki oleh jam tangan Rolex Milgauss.

Tambahannya, Ball Magneto menyertakan penutup belakang transparan, yg jarang ditemukan pada sebuah jam tangan mekanikal tradisional yg dilindungi oleh perangkat anti magnetik. Sebuah “mekanisme diafragma “ dibawah penutup sasis dari kristal safir dapat dibuka atau ditutup menggunakan bezel putar. Ketika terbuka ,pemakai dapat melihat jeroan dari mesin, dan ketika tertutup , mesin didalamnya terlindungi penuh dari pengaruh efek bidang magnetik.

Jam Tangan Ball Engineer II Magneto S menggunakan mesin otomatis Kaliber RR1103-CSL. Mesin ini sudah disertifikasi chronometer oleh COSC. Untuk melindunginya terhadap kejutan sampai 5,000 Gs, didalamnya juga terdapat sistem SpringLOCK paten milik Ball. Arloji ini juga mempunyai tingkat ketahanan air sampai kedalaman 100 meter. Untuk fungsi penunjukan waktu, jam ini mempunyai tiga jarum standar dan sebuah jendela penanggalan di posisi jam 3. Sasis baja anti karatnya berdiameter 42 mm dan mempunyai kepala crown ulir. Paket penjualan jam tangan ini dilengkapi dengan tali jam cordura berwarna hitam dan dibandrol dengan harga CHF 2,900 atau setara dengan IDR 42,000,000an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *