Jam Tangan Audemars Piguet [Re]master 01 Chronograph

Trend yg paling dominan didalam industri jam tangan adalah berlanjutnya kebangkitan arloji vintage kuno. Dan tentunya, merek merek pembuat arloji dengan kekayaan karya karya sejarah mereka lebih condong untuk dapat berkembang didalam kategori ini. Audemars Piguet kini melihat kembali arloji yg mereka buat pada pertengahan abad ke 20 untuk menciptakan Jam Tangan Audemars Piguet [Re]master 01 Chronograph. Walaupun terinspirasi dari warisan vintage kuno, arloji ini adalah hasil reinterpretasi modern dari pendahulunya.

Berkat sifat alami dari bisnisnya di tahun 1930an dan 1950an, Aarloji buatan Audemars Piguet dari era ini unik dikarenakan mereka tidak diproduksi secara seri. Faktanya, AP hanya 307 buah jam tangan chronograph selama periode ini. Pengembangan produk yg dipilih oleh tim adalah model Ref. 1533 dari tahun 1943 untuk proyek [Re]master yg pertama karena “estetika dan koneksi emosional yg spesifik”. Model Ref. 1533 hanya dibuat sebanyak 9 buah, hanya 3 dalam bahan baja dan emas. Terbilang sangat besar untuk era tersebut ( sasis berdiameter 36mm), dan digerakkan oleh sebuah mesin mekanikal Valjoux 13VZAH. Tak disengaja, sebuah Ref. 1533 dari tahun 1941 laku terjual CHF305,000 di pelelangan Phillips Geneva ditahun 2015.

Jam tangan chronograph yg baru ini diproduksi terbatas hanya sebanyak 500 buah dan sangat mengesankan dalam membangkitkan jiwa dari model original awalnya dengan tema kombinasi 2 warna baja dan emas rose gold yg lalu disempurnakan dengan dial berwarna sampanye. AP [Re]master 01 dibekali sasis baja berukuran diameter 40 mm yg modern dengan ekuping lug berbentuk air mata sama seperti model awalnya. Cinin bezelnya yg ramping, tombol penekan chronograph berbentuk zaitun dan kepala crown terbuat dari bahan emas pink 18k.

Dial champagne dengan tekstur sikat satin memiliki cetakan marka penunjuk jam berwarna hitam dan jarum jam,menit dan detik berwarna emas rose-gold. Jarum chronograph baja dan sebuah skala tachymetrik berwarna biru menambahkan warna warni yg kontras pada muka dial. Elemen yg juga tak kalah menarik adalah marka penomoran bergaya Art Deco dan tanda signature “Audemars Piguet & Co Geneve” diatas dial. Pada saat tahun 1887 sampai pertengahan 1970an, Audemars Piguet ( berbasis di Le Brassus) membuka toko di Geneva agar lebih dekat dengan pelanggan mereka dan untuk memfasilitasi perdagangan keseluruh Eropa.

Arloji chronograph ini mengusung tata letak tricopax, dengan sebuah penjumlah 12 jam di posisi jam 3 dan sebuah subdial detik berjalan diposisi jam 6. Penjumlah 30 menit pada posisi jam 9 memiliki sebuah indikasi 4/5 diatas penanda 15 menit, sama seperti model original pertamanya. Elemen ini ditambahkan atas permintaan Jacques-Louis Audemars yg merupakan seorang penggemar sepakbola Eropa, untuk membantunya menandai setiap babak pertandingannya.

Jam tangan ini digerakkan oleh sebuah mesin mekanikal otomatis baru Kaliber 4409, yg pengintegrasian chronographnya digerakkan oleh sebuah roda gigi kolom dan dilengkapi dengan sebuah fungsi flyback. Mesin chronograph dapat terlihat dari penutup sasis belakang transparan dari kaca kristal safir, dan merupakan turunan dari keluarga mesin chronograph yg sama dengan yg dipakai oleh koleksi Code 11:59 tahun lalu. Kaliber 4409 mempunyai pemberat putar dari bahan emas rose-gold 22K yg senada dengan warna cincin bezel. Rotor putar pengisi daya diberi sentuhan akhir sikat satin dan didekorasi dengan pola “clous de Paris”, menyediakan daya cadangan operasi selama 70 jam.

Jam Tangan Audemars Piguet [Re]master 01 Chronograph dipadukan dengan tali jam kulit sapi coklat muda yg dijahit manual oleh tangan atau tali jam kulit buaya coklat tua. Tersedia terbatas sebanyak 500 buah dan dibandrol dengan harga $53,100 atau setara dengan Rp 849,600,000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *