Jam Tangan A Lange & Sohne Datograph Lumen

Mendahului pameran Salon International de la Haute Horlogerie atau disingkat SIHH yg direncanakan akan digelar pada bulan Januari tahun depan , pembuat jam tangan kenamaan asal Jerman A. Lange & Söhne yg merupakan langganan tetap SIHH meluncurkan model ke 4 kedalam jajaran produk seri Lumen mereka. Baris produk edisi terbatas ini memiliki keunikannya sendiri dengan dial transparan berhiaskan bahan luminous yg menyala dalam kondisi gelap yg memulai debutnya sejak tahun 2010. Jam Tangan A Lange & Sohne Datograph Lumen yg baru dibekali sebuah fitur flyback chronograph, penjumlah menit chronograph melompat yg presisi, indikator status daya cadangan dan tampilan tanggal emblematik yg besar , yg kesemua elemennya tertampil jelas dalam kondisi gelap melalui bahan luminous hijau lime yg menyala dengan indah.

A Lange & Sohne Datograph Lumen dibuat terbatas hanya sebanyak 200 buah, dibangun dengan sasis berdiameter 41 mm dari bahan emas putih. Dial dari bahan kaca kristal safir mempunyai sebuah lapisan khusus yg menyaring cahaya kecuali sinar UV yg akan mengisi energi dari pigmen luminous yg ada pada berbagai elemen dial. Jadi ,semakin gelap kondisi disekeliling pemakainya, maka semakin terang nyala dari detail detail penting berbanding latar belakangnya.

Jarumjam dan menit berlapis rhodium diisi dengan pigmen yg teraktivasi oleh cahaya, dan jarum chronograph sentral sepenuhnya tercakup. Kedua subdial untuk detik berjalan dan penjumlah menit chronograph juga dilapisi dengan bahan luminous dan diisi dengan jarum berwarna biru diatasnya. Skala jalur menit yg terbagi menjadi gradasi 1/5 detik dan sebuah skala tachymeter mengelilingi dial safir semi transparan , keduanya juga menyala didalam kondisi gelap. Bagian yg turut diberi kompon luminous ini adalah jarum kecil berbentuk panah dari “Auf-Ab” (up down / atas bawah ) indikator status daya cadangan pada posisi jam 6 dan kedua cakram penanggalan yg besar, yg mana penerangannya diisi ulang disaat terang ketika cahaya melewati muka dial.

Model Datograph yg memiliki mekanisme flyback chronograph memungkinkan pewaktuan kejadian konsekutif yg tidak terganggu dengan menekan sebuah tombol penekan di posisi jam 4 , diluncurkan sebelumnya pada tahun 1999 dan versi “Up/Down” dengan tampilan status daya cadangan samping masuk kedalam baris koleksi ini di tahun 2012. Ketika jarum penunjuk berbentuk mata panah diposisi jam 6 memasuki area berwarna merah dari tampilan membulat, pemiliknya akan mengetahui kalau sudah saatnya memutar jam ini untuk mengisi dayanya kembali sampai pada daya cadangan 60 jam ketika terisi penuh. Seperti model Datograph Up/Down yg terdahulu, versi Lumen yg baru digerakkan oleh mesin Kaliber L951.7 buatan ALS sendiri. Mesin putaran manual atau manual winding ini dilengkapi dengan roda gigi penyeimbang unik milik ALS, dipadankan dengan sebuah per rambut buatan Lange yg berdetak pada kecepatan frekuensi 18,000 vph atau 2.5 hertz. Dikombinasikan dengan skala jalur menit 300 marka , ini memungkinkan pengintegrasian fungsi stopwatch untuk melakukan penghitungan waktu yg akurat sampai pada tingkat kepresisian 1/5 detik. Sama seperti mesin Kaliber buatan Lange yg lain, mesin ini didekorasi dengan gaya klasik Saxon ,dengan pola jalur Glashutte diatas pelat dan penghubung, sekrup biru tradisional dan sebuah pelatuk penopang roda penyeimbang yg diukir oleh tangan.

Jam Tangan A Lange & Sohne Datograph Lumen dilengkapi dengan tali jam kulit buaya yg dijahit oleh tangan dengan kepala gesper platinum. Ditawarkan dengan bandrol harga $100,500 atau setara dengan IDR 1,507,500,000 ( Rp 1,5 Milyar ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *