Sejarah Arloji Para Presiden Amerika : George Washington

George Washington adalah sosok pendiri United States of America dan menjadi presiden pertama.Ia dikenang juga sebagai pemimpin politik, jenderal militer dari tahun 1789 sampai 1797. Ia berhasil memimpin kekuatan Patriot memenangkan perang untuk kemerdekaan.

Ketika George Washington ingin memakai arloji baru di tahun 1788, dia menulis kepada Founding Father Gouverneur Morris, memintanya untuk membelikannya satu di Paris. Morris, yg lalu menjadi anggota kementrian Amerika untuk Perancis tiga tahun kemudian, sedang dalam perjalanan bisnis kesana. Washington meminta sebuah arloji emas yg simpel dan berkualitas, mirip seperti yg didapat Thomas Jefferson dari James Madison. Dia mengirimkan Morris 25 guinea, dan akan membayar lebih jika diperlukan. (Ini menurut buku yg ditulis oleh Jean-Antoine Lepine dan Horloger oleh Adolphe Chapiro.) Tiga bulan kemudian, Morris menuliskan surat kepada Washington dari Paris ( di jaman ini belum ada pesawat yg setelahnya baru dibuat pada tahun 1903 ) bahwa Jefferson pernah memperingatkan dia untuk tidak menggunakan arloji dari Madison, karena dianggap tidak dapat dipercaya. Jefferson lalu merekomendasikan Morris untuk mencari pembuat arloji yg lain, bernama Romilly. Sayangnya, ternyata Romilly juga tidak lebih baik, Morris menjelaskannya kepada Washington. Morris lalu meminta seorang saudagar untuk memberikan rekomendasi dan mendapat nama seorang pembuat arloji bernama Gregson. Sedihnya , Gregson juga tidak lebih baik dari dua nama yg pertama disebutkan. Akhirnya, Morris mendapatkan keberuntungannya. Dia pergi ke Jean-Antoine Lepine, pembuat jam untuk Raja King Louis XVI dan merupakan salah satu pembuat arloji terbaik yg pernah hidup. Dia membeli dua buah arloji yg sama, satu untuk Washington dan satu untuk dia sendiri. Keduanya adalah arloji saku besar yg sederhana dengan mekanisme pelolosan virgule escapement. Arloji milik Washington diberi nomor 5,378. Disimpan oleh keluarga Washington sampai tahun 1935. Arloji ini diukir dengan tulisan “Remontez à droite/Tournez les Equilles/Lepine Hger du Roy/A Paris.”

George Washington memiliki arloji lain yg salah satunya ia berikan kepada Kolonel Thomas Johnson, gubernur pertama Maryland yg terpilih pada February 1777. Arloji tsb tidak mempunyai penanda dari pembuatnya, namun ada simbol Neuchatel, Switzerland. Terdapat tulisan “Trenton N.J./Dec. 10th 1777/Presented to my Friend/Col. Thos. Johnson of Md./as a Memento/of my great Esteem/Geo. Washington.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *