Review : Jam Tangan Seiko Prospex LX Line

Sejak memperkenalkan arloji penyelam atau diver pertama mereka pada tahun 1965 yakni model 62MAS, reputasi Seiko dibidang pembuatan jam tangan sport tidak lagi dipungkiri. Seiko menjadi salah satu darlam barisan pabrikan arloji terbaik dalam hal pembuatan arloji yg kokoh , efisien dan tepat guna yg siap pakai. Hari ini , semangat dari arloji sport klasik ini tercermin dalam baris produk baru untuk pemakaian di darat, lautan dan langit yakni Jam Tangan Seiko Prospex LX Line, dilengkapi dengan mesin Spring Drive dan ditawarkan dalam opsi model diver, kompas dan GMT.

Model Seiko 62MAS dan model lainnya didalam baris produk bertaraf professional tidak hanya dibuat sebagai alat bantu yg handal namun juga turut memperkenalkan bahasa desain yg baru, sebuah bentuk unik yg akan dipakai selama puluhan tahun kedepan dalam proses pembuatan arloji bertema sport. Desain dari Seiko Prospex LX adalah gabungan dari warisan rancangan dan beberapa elemen desain baru. Disatu sisi, keseluruhan penampilannya menyibak warisan yg kental dari model diver professional dari tahun 1968 yg dibuat kembali tahun lalu dengan kode SLA025. Disisi lainnya, proses eksekusinya terlihat sangat modern. Pusat beban gravitasi dari sasis diturunkan posisinya agar jam tangan ini dapat duduk lebih nyaman dipergelangan tangan pemakainya. Dibagian atas sasis diberi sudut sudut pemotongan yg lebih tegas ,memungkinkan permukaan hasil polesan Zaratsu untuk bersinar lebih terang.

Seiko Prospex LX Line dikembangkan dalam kolaborasi bersama Ken Okuyama Design yg terkenal akan hasil rancangannya pada beberapa model mobil Ferrari, termasuk Ferrari Enzo, atau generasi pertama dari Honda NSX. Ken juga turut berperan dalam perancangan kereta cepat Shinkansen. Okuyama membawa kreativitas ini dan elemen elemen desain modern miliknya untuk membuat koleksi arloji yg baru ini, yg mana “membawa warisan dan integritas unik yg telah dibangun oleh Seiko dalam setiap arloji sport mereka selama puluhan tahun dan membawa semua itu menjadi sebuah desain yg simpel , harmonis , kuat dan tampil menawan“.

Seiko Prospex LX Line yg baru terartikulasi dalam 3 model , yg setiapnya tersedia dalam 2 versi. Idenya adalah untuk membuat satu desain arloji utuh yg cocok untuk ketiga lingkungan pemakaian yakni darat, laut dan langit yg terdiri dari sebuah desain sasis tunggal yg unik , mesin kaliber Spring Drive, beberapa pilihan dial dan komplikasi untuk berbagai kebutuhan.

Versi darat (model referensi SNR033 dan SNR035) memiliki sebuah jarum GMT dan sebuah bezel kompas untuk membantu pemakainya menemukan arah. Bagian dial berfokus pada daya baya yg tinggi dengan jarum jarum kontras dan sebuah indikasi GMT yg jelas terlihat dalam balutan warna kuning , kesemuanya ini dipakai untuk membantu proses penghitungan kalkulasi bersama bezel kompas, yg mana dapat diputar dua arah dan terbuat dari bahan titanium yg diukir.

Versi langit (SNR025 and SNR027) jufga mempunyai jarum GMT dan sebuah bezel putar dua arah untuk sebagai penunjuk zona waktu ketiga. Bagian dialnya tampil sedikit lebih elegan namun tetap terfokus pada daya baca. Zona waktu kedua ditampilkan pada sudut tengah oleh sebuah jarum bergaya mata panah. Pada model titanium, bagian bezel putar diberi sisipan keramik berwarna biru dan hitam untuk membedakan waktu siang dan malam.

Yg terakhir adalah versi laut (referensi SNR029 dan SNR031) yg dibekali dengan bezel putar satu arah untuk mengindikasikan waktu penyelaman. Bagian dialnya juga diberi fitur fitur yg tipikal dari sebuah arloji penyelam seperti marka indeks penunjuk waktu dan jarum bergaya khas Seiko. Bezel putar dari bahan keramik dipercantik dengan skala 60 menit dan tidak memiliki indikasi zona waktu kedua. Jam  tangan diver ini memiliki daya tahan bawah air sedalam 300 meter.

Kesemua model jam tangan ini terbuat dari bahan titanium dengan lapisan yg super keras. Kesemua versi tsb hadir dengan sasis berdiameter 44.8mm yg tergolong besar dan model diver sedikit lebih tebal  oleh karena daya tahan airnya yg lebih tinggi. Semua versi tanpa lapisan tambahan yakni SNR025, 029, 033 dilengkapi dengan tali rantai dari bahan titanium. Versi dengan lapisan tambahan berwarna hitam (SNR027, 031, 035) dilengkapi dengan tali jam kulit , tali jam karet silikon atau sebuah tali jam kulit buaya (tergantung tujuannya masing masing).

Didalam setiap model jam tangan Seiko Prospex LX ini diisi oleh mesin kaliber Spring Drive, yg mana menggabungkan sebuah basis mekanikal putaran otomatis dan sebuah oscilator quartz yg sangat presisi. Kesemuanya menyediakan daya cadangan operasi selama 72 jam, nilai akurasi ±1 detik perhari dan menampilkan jam, menit, detik, tanggal, dan status daya cadangan tersisa. Perbedaan utama diantaranya adalah sebuah komplikasi GMT untuk 5R66, sedangkan Kaliber 5R65 ditujukan untuk model diver.

Keenam model Jam Tangan Seiko Prospex LX Line direncanakan akan mulai dipasarkan oleh butik Seiko dan pengecer resmi yg ditunjuk mulai bulan Juli 2019. Harga jual estimasinya dimulai dari EUR 5,100 sampai EUR 5,600 atau setara dengan IDR 82,300,000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *