Review : Jam Tangan Breitling Navitimer Ref 806 1959 Re-Edition

Pada tahun 1952, Breitling berhasil mengamankan peran utamanya sebagai pemimpin dalam sejarah arloji aviasi dengan peluncuran model Navitimer yg ikonik. Enam puluh tahun yg lalu, Breitling merilis salah satu variasi yg paling diincar oleh para kolektor jam tangan yakni Ref. 806. Tahun ini, Breitling menawarkan sebuah versi kontemporer dari arloji tersebut yakni Jam Tangan Breitling Navitimer Ref. 806 1959 Re-Edition, yg membuat debutnya di pameran Baselworld 2019 tahun ini.

Model awal dari Navitimer 1952, seperti yg kita tahu, menjadi instrumen tetap didalam kokpit pesawat pada tahun 1950an dan 60an berkat rancangan desainnya yg mutakhir, memanfaatkan sebuah bezel putar dengan skala geser, yg mana membantu pilot untuk mengukur perhitungan penerbangan vitalĀ  langsung dari pergelangan tangan mereka. Versi 1959 berbeda dari model pendahulu dan versi modern berkat dial hitam dengan subdial warna berlapis dan menggunakan sebuah pinggiran bezel berbentuk bulir untuk kenyamanan cengkraman ketika seorang pilot menggunakan sarung tangan. Versi Breitling Navitimer Re-Edition, mereplikasi sasis baja berdiameter 40.9 mm dari versi awalnya, profil kuping lug dan sentuhan akhir yg sama, dan bezel putarnya mempunyai jumlah bulir yg sama persis dengan model 1959 yakni 94 buah. Jumlah bulir ini menjadi ciri khas dari bezel Breitling Navitimer selama bertahun tahun, mulai dari sebanyak 125 buah diawal tahun 50an sampai hanya 93 buah di tahun 1960, jadi detil ini adalah hal yg signifikan dalam menghubungkan edisi kontemporer ini dengan model vintage yg spesifik.

Dial tricompax tersusun dibawah sebuah kaca kristal kubah dari bahan dasar akrilik dan ditandai dengan sebuah logo Breitling dengan huruf besar dan sebuah emblem sayap dibawahnya. Penanda ini dahulu dipakai pada setiap arloji Breitling untuk pasar Eropa, sedangkan untuk pasar Amerika menggunakan logo AOPA ( Aircraft Owners and Pilots Association), yg para anggotanya kebanyakan memakai model Navitimer.

Disamping dari hampir keseluruhan elemennya yg bercitarasa vintage, jam tangan ini memakai mesin mekanikal putaran manual Breitling Kaliber B09 yg baru, mesin ini merupakan versi lain dari Breitling Kaliber B01 yg banyak digunakan oleh model Breitling lainnya. Mesin Kaliber B09 telah mengantongi sertifikasi COSC untuk akurasi performa kronometernya. Menyertakan fungsi chronograph dengan roda gigi kolom dan kopling vertikal serta menyediakan daya cadangan selama 70 jam.

Jam Tangan Breitling Navitimer Ref. 806 1959 Re-Edition dilengkapi dengan sebuah tali jam kulit bernuansa vintage yg mirip dengan model awalnya, dan terpasang ke lengan penggunanya melalui sebuah kepala gesper pin dari bahan baja. Tersedia untuk kalian koleksi dengan bandrol harga estimasi $8,600 atau setara dengan Rp 122.000.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *