Review : Jam Tangan Bovet Recital 26 Brainstorm Chapter One

Setelah memenangkan penghargaan Aiguille d’Or di Grand Prix d’Horlogerie de Geneve pada tahun 2018 lewat karyanya Grand Recital, Bovet melanjutkan inovasi mereka dengan meluncurkan Jam Tangan Bovet Recital 26 Brainstorm Chapter One yg mana mengkombinasikan sebuah sasis “writing desk” yg khas milik Bovet namun dalam versi kristal safir dengan sekumpulan komplikasi.

Desain sasis miring dari Brainstorm yg dirancang oleh pemilik Bovet ,Pascal Raffy, kali ini dieksekusi dalam bahan dasar kristal safir transparan, sebuah material yg hampir sama keras dengan berlian namun lebih ringan dari bahan titanium. Membuat sasis asimetris arloji ini sangatlah luar biasa rumit dan memunculkan berbagai tantangan teknis bagi para ahli pembuat jam tangan Bovet. Bezel depan, bagian tengah sasis dan kristal kesemuanya terbuat dari kristal safir, sementara bezel belakang dan 4 buah kuping lug dipotong menggunakan mesin dari material titanium taraf 5. Mesin mekanikal putaran manual Kaliber 17DM04-SMP, dapat terlihat dari penutup sasis belakang transparan dari kristal safir yg dirangka oleh cincin titanium. Secara tidak lazim, pembuat arloji dari Bovet memilih untuk mendudukkan mesin ini pada bagian konstruksi belakang ketimbang di bagian tengah , halini dilakukan untuk menonjolkan ergonomis. Arsitektur bertingkat dengan bidang bidang yg dimiringkan, tersemat dengan sempurna kedalam sasis safir berbentuk V untuk meningkatkan elemen visual dan menyediakan tampilan yg luar biasa kedalam setiap mekanisme dari sisi samping.

Tourbillon mengambang dengan dua nuka paten milik Bovet, yg mana pertama kali membuat debut perdananya dalam koleksi Bovet pada tahun 2015, menempati sebuah lubang bukaan yg besar di posisi jam 6 dan berfungsi sebagai penunjuk detik berjalan. Penunjukan jam dan menit yg ditampilkan oleh dua buah jarum emas, diletakkan dibawah jam 12. Diatas jarum jarum ini terdapat sebuah indikator fase bulan setengah bulatan 3 dimensi, yg bentuk kubahnya mengikuti lengkungan muka dial dan bagian permukaannya diukir serta diisi dengan material Super-LumiNova dibagian bawahnya. Dua buah lubang bukaan bulat menyingkap fase bulan terkini pada dua pelat kaca bulat aventurine untuk tampilan yg realistis dari bulan yg ada dilangit malam. Tampilan penanggalan besar dengan cakram safir tampil di sebuah jendela yg melingkar di posisi jam 8, dan daya cadangan operasi jam tangan ini dapat bertahan selama 10 hari, dan disimpan melalui satu buah barel daya yg terlihat melalui sebuah jendela berbentuk bulan sabit di posisi jam 4.

Jam Tangan Bovet Recital 26 Brainstorm Chapter One tersedia dalam 2 pilihan dial, satu dengan cakram kubah transparan berwarna biru quartz yg menyediakan akses tampilan kedalam lapisan mesin , sedangkan yg kedua berbentuk baling baling dari bahan aluminium hitam, dengan detail mesin yg tampak dari “sirip sirip” nya. Arloji mewah ini terpasang ketangan pemakainya lewat sebuah tali jam kulit buaya dengan kepala gesper ardillon yg terbuat dari bahan emas putih 18 karat, ditawarkan dengan bandrol harga jual $318,600 atau setara dengan IDR 4.620.000.000 ( Rp 4.6 Milyar ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *