Panduan memilih ukuran jam tangan

Panduan Memilih Ukuran Jam Tangan. Seringkali kita kurang mempertimbangkan faktor faktor teknis ketika membeli sebuah jam tangan. Umumnya kalau sudah suka dengan modelnya maka langsung dibeli saja. Namun tidak jarang akhirnya malah jam tangan yg dibeli kebesaran atau kekecilan dan terlihat kurang cocok dipergelangan tangan pemakainya. Berikut sedikit panduan dari tim ReJaTa dalam memilih ukuran jam tangan yg ideal.

Diameter sasis jam tangan adalah bagian yg paling kelihatan dari elemen proporsi, biasanya tangan pria cocok dengan jam berukuran diameter mulai dari 38mm sampai 46mm. Ukuran sasis lebih dari 46mm sudah terhitung kebesaran sedangkan ukuran dibawah 38mm lebih cocok untuk dipakai wanita.

Hal pertama yg ingin kalian lakukan adalah mengukur pergelangan tangan kalian.Jika ukuran pergelangan tangan kalian antara 6 sampai 7 inci , tangan kalian masuk dalam kategori ukuran kecil sedang. Jam tangan berdiameter mulai dari 38mm, 40mm dan 42mm cocok untuk kalian.

Jika ukuran pergelangan tangan kalian mulai 7.5 sampai 8 inci, maka akan lebih proporsional dengan sasis berukuran 44mm sampai 46mm.

Hal yg kedua adalah ketebalan sasis jam yg seringkali langsung berhubungan dengan ukuran diameter sasis. Kembali disaat ketika jam tangan mekanikal mendominasi pasar , pengguna beranggapan bahwa semakin tipis sasis dari sebuah arloji maka semakin tinggi kualitasnya.

Hal ini sudah tidak berlaku sejak jam tangan elektronik dan desain jam tangan quartz bermunculan dipasar. Aturan umumnya adalah jika diameter sasis bertambah atau berkurang ukurannya maka ketebalan akan mengikuti.Biasanya sasis jam tangan berdiameter 38mm sampai 42mm akan mempunyai ketebalan 7 mm dan untuk ukuran 44mm keatas maka ketebalannya naik ke sekitar 9mm.

Hal yg ketiga adalah ukuran tali jam. Sebuah jam tangan yg proporsional umumnya mempunyai tali jam yg berukuran sekitar setengah dari diameter sasis. Jika kalian memakai sebuah arloji dengan diameter sasis 40mm , maka tali jamnya memiliki dimensi lebar 20mm namun ini tergantung preferensi dari si pemakai. Kalian bisa mengukur dimensi lebar dari tali jam melalui lebar kuping jam.

Yg ke empat adalah bahan tali jam. Tali jam kulit akan memberikan kesan yg lebih ramping.. Tali jam rantai akan memberi kesan yg lebih besar dan kokoh karena sifat alami dari bahan metal. Ini adalah pertimbangan yg penting jika kalian memiliki ukuran pergelangan tangan yg kecil.

Tali jam rantai akan membuat penampilan jam tangan yg kalian pakai terlihat lebih besar dan cocok untuk pemakai yg pergelangan tangannya besar. Namun sekali lagi , ini tergantung preferensi kalian.

Yg terakhir dan tidak kalah penting adalah faktor detail dari setiap komponen dari jam tangan. Bagian marka penomoran , jarum jam ,menit dan detik ,ukuran kuping ,tombol penekan serta kepala crown. Kesemua komponen kadang dibuat membesar untuk memberikan kesan yg gagah. Ini dapat membuat pemakai yg pergelangan tangannya kecil terlihat tidak proportional.

Hal yg penting untuk diperhatikan adalah bagaimana keselarasan antar elemen. Jika kalian melihat sebuah arloji berukuran 38mm sampai 40mm dan marka penomorannya kelewat besar maka jam tangan itu akan terlihat tidak seimbang. Berikut terlampir gambar Panduan Memilih Ukuran Jam Tangan yg bisa kalian pertimbangkan, namun pada akhirnya pilihan tetap ada di tangan kalian.