Jam Tangan Rolex Sky-Dweller

Setelah setengah abad berlalu, sejak meluncurkan model GMT-Master, Rolex telah membuat dua buah komplikasi baru yakni arloji Rolex Yacht-Master II, di 2007, dengan sebuah fungsi penghitung mundur pewaktuan yacht, dan Jam Tangan Rolex Sky-Dweller, yg dilengkapi dengan kedua fungsi zona waktu kedua dan sebuah kalender tahunan, di 2012. Pada kesempatan kali ini, kita akan mereview model Sky-Dweller, dan bagaimana cara mesinnya yg inovatif bekerja.

Rolex Sky-Dweller diisi dengan mesin Kaliber 9001. Zona waktu kedua diindikasikan oleh sebuah cakram 24 jam yg berputar. Waktu lokal, diindikasikan oleh jarum jarum sentral, dapat disesuaikan dengan cepat ketika kalian merubah zona waktu dengan cara memajukan atau memundurkan jarum penunjuk jam dalam langkah per 1 jam. Indikator menit ,detik dan zona waktu kedua tidak terpengaruh ketika operasi ini dilakukan.

Mekanisme kalender, yg berubah seketika ( sebuah kalender tahunan yg secara otomatis membedakan bulan bulan 30 hari dengan 31 hari, dan perlu diatur ulang satu kali dalam setahun, pada akhir bulan Februari) relatif sederhana, menurut Rolex : perusahaan telah menambahkan dua buah rasio roda gigi dan 4 roda gigi ke bagian kalender penanggalan yg sudah ada. Lanjut Rolex menjelaskan, “mekanisme ini dirancang diantara sebuah roda gigi planetari tetap dibagian tengah mesin. Sebuah roda satelit ikut bersama roda planetari dan berputar, melintasi roda planetari dalam 1 bulan, digerakkan oleh cakram penanggalan. Roda satelit dilengkapi dengan 4 jari jari untuk ke 4 bulan dengan 30 hari (April, Juni, September dan November).

“Rasio roda gigi antara roda satelit dan roda planetari dihitung sedemikian rupa agar pada setiap akhir dari bulan dengan 30 hari dan hanya pada bulan bulan ini sal;ah satu dari jari jari roda satelit menerima dorongan tambahan dari mekanisme pergantian tanggal. Ini membuat cakram kalender melompat dua hari ( dari tanggal 30 ke 1) seketika untuk menampilkan tanggal yg tepat.” Rolex menamai mekanisme ini dengan “Saros,” sebuah kata Yunani yg merujuk kepada siklus 18 tahun yg dapat dipakai untuk memprediksi kapan gerhana akan muncul. Rolex memilih nama ini karena menggambarkan revolusi Bumi dan Bulan, yg mana mirip seperti pergerakan roda satelit (Bumi) dengan ke 4 jari jarinya (Bulan). Kalender Rolex Sky-Dweller memiliki tampilan yg tidak lazim. Penomoran jam berhubungan dengan ke 12 bulan dalam setahun. Diantara setiap penomoran terdapat sebuah jendela. Jendela untuk bulan aktual terkini (contoh “IIII” untuk bulan April,) berwarna hitam ; 11 jendela yg lainnya berwarna putih.

Untuk menyesuaikan waktu, kalian bisa menggunakan bagian bezel dan kepala crown. Pertama, kalian dapat memutar bezel ke salah satu dari ketiga posisi untuk memilih salah satu dari fungsinya , tanggal ,waktu lokal atau waktu rumah (24 jam) yg ingin kalian sesuaikan. Lalu, gunakan kepala crown untuk mengatur fungsinya, antara maju atau mundur. Rolex berkata, “Jantung dari mekanisme ini adalah sebuah bubungan cam ganda dan tuas tuas yg terhubung dengan berbagai jenis alur roda gigi didalam mesin menurut fungsi yg terpilih. Salah satu dari bubungan cam ini teraktivasi dengan cara menarik kepala crown putar ; yg lainnya digerakkan oleh bezel putar [Rolex menyebut ini sebagai sebuah “Ring Command Bezel”] untuk mengaktifkan roda roda pengaturan yg bertempat dibagian tengah sasis jam tangan.” Kaliber 9001, yg mempunyai sistem pemutaran dua arah, sama seperti semua mesin buatan ROlex, telah disertifikasi sebagai chronometer oleh COSC. Memiliki sebuah fungsi penghenti detik dan penampungan daya cadangan selama 72 jam. Mesin ini dibangun dari 380 bagian komponen dan dilindungi oleh 7 buah hak paten, 4 darinya adalah paten baru. Sasis utama berukuran diameter 42 mm dan tahan air hingga kedalaman 100 meter.

Jam Tangan Rolex Sky-Dweller tersedia dalam pilihan varian emas putih, emas kuning, emas rose gold, dengan tali rantai yg senada atau tali jam kulit, dan dalam sebuah versi dengan sasis dan tali rantai yg terbuat dari emas Everose milik Rolex. Harga jualnya mulai dari $38,150 sampai $48,850 atau setara IDR 733,000,000.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *