Jam Tangan Rolex Day-Date

Model jam tangan Rolex yg satu ini telah bertahan selama 60 tahun sebagai sebuah arloji klasik tidak hanya diantara komunitas horologikal, namun di banyak komunitas lainnya, dan dihargai sebagai sebuah simbol yg dikenal secara global sebagai sebuah jam tangan mewah dan kesuksesan yaitu Jam Tangan Rolex Day-Date.

Pada tahun 1956, Rolex Ref. 6511, kakek dari baris produk ini lahir. Dulunya menjadi arloji pertama yg memiliki penunjuk hari dalam tulisan penuh bersama indikator tanggal. Yg lebih signifikan, sejak dipakai oleh para Presiden Amerika Serikat, kapten kapten industri dan banyak pemimpin lainnya seperti contoh Lyndon B. Johnson, Martin Luther King dan Warren Buffet dan banyak lagi yg lainnya. Rolex Day-Date secara tidak resmi telah menjadi arloji “rumput tetangga yg lebih hijau”yg diidam idamkan oleh banyak orang. Rolex Day-Date adalah jam tangan yg memahkotai Rolex sebagai “raja,” dan akan tetap selalu begitu.

Ada dua referensi terbaik yg menjelaskan sejarah dari Rolex Day-Date. Yg pertama adalah Ref. 6511 yg sasisnya dulu dibuat oleh Brevet dalam balutan emas kuning atau rose gold, model ini secara eksklusif memiliki sebuah roda penunjuk tanggal berwarna merah dengan tulisan “DAY-DATE” dalam warna yg senada, dan menggunakan jarum jarum baik yg bergaya dauphine atau alpha. Desain ini lalu disempurnakan oleh sebuah tali rantai jam jubilee, semakin menambah daya tarik pemakainya. Mesin Kaliber 1055, ditenagai oleh sebuah rotor putar otomatis, kristalnya terbuat dari bahan akrilik pada periode waktu itu, dan penutup sasis belakangnya berjenis utuh atau solid. Rolex Ref. 6511 adalah jam tangan mewah berdetail indah yg melebihi nilai emas.

Yang kedua, dan mungkin yg lebih penting, referensi yg dapat disebut sebagai karya Rolex yg mengukuhkan jam tangan ini sebagai ikon : Ref. 1803. Dibungkus sasis berbahan emas kuning ,putih atau rose gold 18k ( ada juga opsi platinum), dan pastinya mendapat banyak perhatian dari para pialang saham Amerika. Detail detail bagian muka dialnya lebih sederhana dibandingkan Ref. 6511, namun lebih fokus kepada potongan potongan facet yg lebih agresif, mulai dari tali rantai jam dampai ke bagian bezel. Ini adalah model yg pertama kali memperkenalkan desain “Presidential” yg populer saat ini. Kesemua elemen elemen ini , sasis , tali rantai dan sentuhan akhirnya ,membantu referensi ini, yg diproduksi mulai tahun 1960 sampai 1978 dan kembali dibuat pada tahun 1990an, menaklukkan pasar jam tangan mewah dengan komplikasi penanggalan. Ini adalah intisari dari Rolex Day-Date, dan sangat mungkin adalah model paling terkenal yg pernah diproduksi.

Produksi Rolex Day-Date yg sekarang hadir dalam dua pilihan model. Yg pertama memiliki sasis berdiameter 36-mm dan digerakkan oleh mesin Kaliber 3155, yg dapat kalian temukan di berbagai varian referensi, semuanya pada rentang harga kisaran $20,000. Variasi kedua adalah Rolex Day-Date dengan sasis berukuran 40 mm dan diisi dengan mesin Kaliber 3255 yg lebih besar dan telah diperbarui, model ini lebih mahal sekitar $35,000. Kedua model secara eksklusif tersedia dalam bahan logam mulia, dengan fitur bezel bergalurnya yg terkenal, jarum jarum tongkat, penutup sasis belakang solid, kristal safir dan tentu saja tali rantai “Presidential”. Setiap serinya tersedia dengan lusinan konfigurasi, mulai dari marka penanda jam berlian baguette sampai dial lapis lazuli sederhana yg cantik.

Jam Tangan Rolex Day-Date tidak lagi menjadi ikon budaya pop dan indikator singular untuk kemakmuran seperti dulu. Hari ini, didalam keluarga produk arloji Rolex, terdapat berbagai pilihan arloji mewah yg tersedia seperti Yachtmaster II, Datejust, Submariner, GMT-Master II, dan Daytona. Belum lagi dengan keberadaan pesaing pesaingnya seperti Breitling 46-mm, Hublot dari bahan serat karbon atau Panerai dari emas murni, posisi Rolex Day-Date tampaknya telah tergantikan dari waktu ke waktu. Namun pada akhirnya, Rolex Day Date tetap menjadi salah satu pilihan teratas yg patut dipertimbangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *