Jam Tangan Q Timex

Timex kembali dengan edisi perilisan ulang dari sebuah arloji yg dulunya mewakili perubahan besar dalam industri pembuatan jam tangan Amerika. Jam Tangan Q Timex yg baru hampir sama 1:1 dengan model awalnya, sampai ke bagian sarang baterai ulirnya.

Pada tahun 1979, ketika dunia pembuatan arloji mengalami perubahan besar. Mesin baterai Quartz mengguncang industri, dan membuat perusahaan pembuat arloji asal Amerika seperti Hamilton harus menjual merek mereka kepada perusahaan luar negeri. Timex dan Bulova tetap menjadi merek Amerika di tahun 79an, namun untuk tetap bertahan mereka harus membuat produk yg bisa bersaing dengan trend di masa itu, dan itu artinya mereka harus ikut membuat jam tangan quartz juga.

Lahirlah Q Timex. Jam tangan quartz baterai pertama buatan Timex yg diproduksi pada tahun 1972 dan pada waktu itu resmi dirilis pada tahun 1979. Tidak hanya untuk mengikuti trend mesin quartz, arloji ini juga mengadopsi elemen desain utama yg menjadi ciri khas industri jam tangan pada era 70an juga, dengan tali rantai baja tenun, sasis mengotak dengan sudut sudut yg dihaluskan dan sebuah bezel putar yg terinspirasi dari Rolex GMT Master ( yg pada model Q Timex berputar kedua arah tanpa klik). Q Timex dengan bangga menampilkan tanda “Q” pada posisi jam 12 untuk menyampaikan pesan kepada semua orang kalau Timex secara resmi telah masuk ke erAa mesin quartz.

Jam tangan quartz pertama buatan Timex adalah hal yg besar , hal ini mewakili peralihan industri horologi pada akhir tahun 70an. Ketika arloji quartz pertama kali muncul, jam tangan jenis ini sangat mahal dan menjadi fenomena tersendiri. Itu terjadi pada tahun 1969 dengan munculnya Seiko Astron tentunya dan pada saat itu Timex, yg dikenal dengan produk jam tangan yg terjangkau ,menciptakan Q Timex, dan setelahnya jam tangan quartz menjadi lebih terjangkau dan seterusnya menjadi standar.

Tampilan Q Timex yg mirip seperti Rolex GMT-Master bukanlah sebuah kebetulan. Pada era dimana model Q Timex yg pertama diciptakan, suatu hal yg umum untuk merek merek pembuat arloji mengambil desain dari merek yg levelnya lebih tinggi. Kalau belum sanggup membeli Rolex, pakai saja Timex. Alasan Timex untuk melahirkan kembali model ini di tahun 2019 adalah untuk mengingatkan kembali para generasi milenial akan nilai nilai warisan dari Timex ,jelas Giorgio Galli yg menjabat sebagai perancang. Dengan kata lain, untuk mengedukasi para konsumen akan sejarah dari Timex dan sekaligus merayakan peninggalan sejarah mereka.

Teknologi penginsinyuran dan pemesinan sudah mengalami kemajuan yg sangat pesat dibandingkan pada saat tahun 70an akhir, tali rantai tenun yg baru sangat nyaman dipakai dibanding yg terdahulu. Sarang baterai juga sudah dibuat dengan baik dan diberi stempel kode jenis baterai yg dipakai yakni baterai kancing 377 standar. Mengganti baterai jam tangan adalah sebuah ritual yg tidak banyak dialami oleh para pecinta arloji saat ini. Jam Tangan Q Timex mempermudah proses tersebut dengan sarang baterai ulir yg mudah dilepas dan dipasang kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *