Jam Tangan Mewah Blancpain Air Command Limited Edition

Kebanyakan para pecinta arloji paham betul akan hubungan tali sejarah antara Blancpain Fifty Fathoms dengan angkatan laut Amerika United States Navy. Sedangkan sedikit diantaranya mungkin juga tahu akan model jam tangan militer bersejarah setelahnya seperti model Blancpain Air Command, yg dikembangkan untuk angkatan udara Amerika Air Force di akhir tahun 1950an namun diproduksi dalam jumlah yg sangat terbatas. Hari ini, Blancpain berniat untuk memperkenalkan model arloji chronograph vintage tsb kepada para pelanggan setianya dengan merilis Jam Tangan Mewah Blancpain Air Command Limited Edition.

Versi baru dari model Air Command, yg dibuat hanya sebanyak 500 buah, membawa dasar rancangan dari sebuah purwarupa yg dibuat pada tahun 1950an untuk kementrian pertahanan Perancis atau French Ministry of Defence, yg saat itu memesan sebuah arloji pilot dengan dial berwarna hitam, marka penunjuk waktu dan jarum jarum luminous yg menyala didalam kondisi gelap dan sebuah mesin chronograph dengan tingkat kepresisian tinggi dengan fungsi flyback. Sebuah versi yg juga dibuat untuk angkatan udara Amerika United States Air Force, setelah model Fifty Fathoms yg sebelumnya memenangkan kontrak U.S. Navy dan ditawarkan kepada para pilot penerbang USAF melalui perantaraan Allen V. Tornek. Blancpain menyebut model awal Air Command sebagai “arloji chronograph militer yg paling dicari pada akhir 1950an” dikarenakan kelangkaannya , dan jiwa retronya berperan besar didalam desain dari penerus modernnya. Cincin bezel putar dua arah bergerigi dengan sisipan keramik hitam memungkinkan seorang pilot untuk menandai sisa waktu terbang dalam sebuah misi penerbangan, sementara penomoran dan marka diatas bezel dan dial serta jarum jarumnya dilapisi oleh bahan Super Luminova berjenis “old radium”, yg tidak hanya memungkinkan kemudahan daya baca didalam ruang kokpit yg gelap namun juga mewakili corak warna jingga dari pendahulunya. Menyeimbangkan dial hitam yg dikelilingi oleh sebuah skala tachymeter untuk menghitung kecepatan udara berdasarkan jarak 1,000 meter, terdapat dua subdial pada posisi jam 3 dan jam 9 yg berfungsi untuk menjumlahkan pengukuran selama 30 menit dan 12 jam masing masingnya.

Bentuk kaca kristal safir yg menutup muka dial tampak mirip dengan pendahulunya dan merupakan elemen ciri khas dari arloji buatan era tahun 1950an, dan diterapkan juga pada bagian penutup sasis belakang yg menyibak mesin mekanikal otomatis Kaliber F388B dan bagian rotor putar berbantuk baling baling pesawat yg terbuat dari bahan emas murni. Mekanisme penyeimbang yg berdetak pada kecepatan frekuensi 5 Hz, mesin jam tangan ini memungkinkan integrasi fungsi stopwatch untuk mengukur waktu dalam pecahan interval 1/10 detik. Kopling vertikal dari fungsi chronograph memungkinkan gerakan yg halus dari jarum detik sentral pada saat dipakai mengukur waktu, roda gigi kolom pada jantung mekanisme menampilkan arsitektur klasik, dan mekanisme flyback memungkinkan penghentian dan pengulangan pengukuran chronograph dalam sekejap. Mesin ini dibangun dari 293 bagian komponen ,termasuk 35 buah permata dan menampung daya cadangan operasi selama 50 jam.

Jam Tangan Mewah Blancpain Air Command Limited Edition dilengkapi dengan sebuah tali jam paten yg terbuat dari bahan kulit yg diberi jahitan berwarna kontras. Belum ada informasi mengenai harga jam tangan mewah ini pada saat artikel ini diketik, untuk informasi mengenai hobi jam tangan dan arloji arloji terbaru, silahkan berlangganan pada kolom yg tersedia. Salam

One Comment on “Jam Tangan Mewah Blancpain Air Command Limited Edition”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *