Jam Tangan Greubel Forsey Quadruple Tourbillon

Jika kalian mengira kalau Greubel Forsey akan lebih condong mengarah ke desain yg lebih konservatif setelah meluncurkan model Balancier Contemporain dengan sasis berdiameter 40mm di pameran SIHH bulkan Januari lalu, kalian salah. Hari ini, salah satu pembuat jam tangan independen terdepan didalam industri arloji mewah ini mengkombinasikan dua model milik mereka yg paling populer dan dikenal luas yakni model GMT dan Quadruple Tourbillon menjadi satu kesatuan yg diberi nama Jam Tangan Greubel Forsey GMT Quadruple Tourbillon.

Para penggemar jam tangan buatan Greubel Forsey tentunya sudah tahu tentang pengalaman eksperimen mereka dalam ranah jam tangan tourbillon seperti ketiga karya pertama mereka dalam koleksi Fundamental Inventions sejak perusahaan ini didirikan pada tahun 2004. Model pertama adalah Double Tourbillon 30° di tahun 2004, lalu Quadruple Tourbillon di 2005, dan yg terakhir adalah Tourbillon 24 Secondes di 2006. Peluncuran model baru kali ini adalah hasil dari kombinasi model kedua dalam koleksi Greubel Forsey Fundamental Invention bersama fitur tampilan GMT 3 dimensi inovatif yg pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011.

Model awal Quadruple Tourbillon bekerja memanfaatkan kerangka rancangan Double Tourbillon 30° sebagai dasarnya dan menggandakan kerangka tersebut untuk menciptakan 4 buah tourbillon yg saling terhubung untuk menghemat ruang sasis. Dan juga sama seperti model Double Tourbillon, rangka akan berputar sekali setiap menit (rangka dalam) dan setiap 4 menit (rangka luar). Greubel Forsey menggunakan sebuah pembeda berbentuk bola antara dua tourbillon untuk mendistribusikan energi antara keduanya dan meningkatkan performa kronometrik keseluruhan.

Model GMT yg awalnya dirilis pada tahun 2011, juga merupakan salah satu model jam tangan buatan Greubel Forsey yg paling terkenal dan unik dengan bola dunia 3 dimensi yg berputar penuh setiap 24 jam. greubel Forsey GMT telah mengalami beberapa kali pembaruan sejak saat itu, termasuk model GMT Earth yg diluncurkan tahun lalu.

Greubel Forsey harus mengembangkan sebuah mesin baru dalam kurun waktu 3 ½ tahun untuk menyatukan kedua mekanisme penunjukan waktu tsb. Mesin mekanikal putaran manual yg baru ini terdiri dari 805 bagian dengan 3 buah barel daya. Greubel Forsey telah mengajukan 3 hak paten untuk mesin yg baru ini. Sama seperti pendahulunya, arsitektur dial dan mesin 3 dimensi ditampilkan penuh. Mulai dari bagioan kanan atas dari dial, penunjuk waktu utama untuk jam dan menit adalah bagian terbesar dari jam tangan ini. Lalu pada dial bagian bawah, sebuah tampilan status daya operasi mengindikasikan sisa tenaga dari total daya cadangan selama 72 jam, dan Quadruple Tourbillon GMT merupakan model dengan daya cadangan terlama dalam sejarah karir Greubel Forsey selama 15 tahun. Pada posisi jam 4, terletak sebuah detik kecil koaksial dan tampilan zona waktu kedua, dengan zona waktu kedua yg dapat diatur per 1 jam melalui sebuah tombol penekan yg rata dengan badan sasis. Antara posisi jam 8 dan 9 terletak fungsi GMT yg terlihat lewat sebuah bola dunia 3 dimensi yg besar. Disamping bola dunia ini terletak dua buah tourbillon yg setiap darinya dibekali dengan konstruksi transparan terbuka, diamankan oleh penghubung berwarna yg dipoles dan poros chaton emas ,tidak lupa penalangan dan mangkuk baut yg dipoles manual oleh tangan. Mekanisme penyeimbang menggunakan sebuah terminal lekuk Phillips.

Bagian mesin didekorasi dengan sentuhan nikel perak pada bagian penghubung yg dibekukan dan dihiasi dengan talang, mangkuk baut yg dipoles dan garis urat lurus dibagian sisinya. Sebuah pelat emas dapat terlihat lewat penutup sasis belakang transparan yg setiap darinya diukir dengan penomoran edisi terbatas. Keempat penghubung mekanisme tourbillon terbuat dari bahan baja dan dipoles berwarna hitam dengan talang dan mangkuk baut yg dipoles oleh tangan.

Pada bagian penutup sasis belakang terletak sebuah cakram waktu dunia dengan 24 kota yg mewakili zona zona waktu yg berbeda di seluruh dunia. Cakram ini juga membedakan antara zona waktu yg mengimplementasikan Daylight Saving Time dengan warna yg lebih terang dan yg tidak dengan warna yg lebih gelap.

Jam Tangan Greubel Forsey Quadruple Tourbillon dibuat terbatas sebanyak 66 buah dan 11 unit yg pertama terbuat dari bahan dasar emas putih. Informasi harga hanya akan diberikan lewat permintaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *