Jam Tangan Girard Perregaux Laureato Perpetual Calendar

“Laureato” memiliki arti “Graduate” dalam bahasa Inggris, dan Girard-Perregaux Laureato, jam tangan sporty dari era tahun 1970an yg direinterpretasi kembali di tahun 2016, masuk ke dalam peta persaingan haute horlogerie dengan meluncurkan model Jam Tangan Girard Perregaux Laureato Perpetual Calendar , yg akan membuat debut perdananya bulan depan di pameran SIHH yg diadakan di kota Jenewa. Berikut akan kita review arloji buatan GP yg baru ini.

GP Laureato Perpetual Calendar adalah sebuah arloji yg tingkatan kompleksitasnya berada diatas model Laureato Chronograph. Sasis baja berdiameter 42 mm menyatu dengan tali rantai dengan ergonomis dan kedua bagian sasis serta tali rantai disentuh dengan kombinasi tekstur satin sikat dan dipoles. Cincin bezel oktagonal atau segi delapan yg sama dengan pendahulunya dari tahun 1970an mendominasi tampilan depan, membalut muka dial galvanis berwarna biru dengan pola clous de Paris yg menjadi ciri khas dari model Laureato. Jarum baton yg kontras dan marka penunjuk jam berwarna biru yg diisi dengan bahan luminous menjamin kemudahan daya baca bersama dengan indikasi kalender asimetris.

Tata letak subdial yg tidak umum terdiri dari indikator hari pada posisi jam 9, sebuah mekanisme penunjuk tanggal diantara posisi jam 2 dan 3 serta indikator bulan dalam sebuah bukaan semi bulat di posisi jam 6, dengan sebuah lingkaran yg dibagi menjadi 4 bagian diatasnya untuk mengindikasikan status “kabisat” atau “non kabisat” dari tahun yg sedang berjalan. Dalam prakteknya , jam tangan ini dapat menampilkan bulan ganjil yg terdiri dari 30, 31, 28 atau 29 hari, dan hanya membutuhkan satu kali koreksi dalam 100 tahun.

Mesin mekanikal otomatis Kaliber GP01800-0033 buatan GP menggerakkan semua fungsi tersebut dan dapat dilihat melaluyi penutup sasis belakang tembus pandang yg terbuat dari kaca kristal safir. Secara teknis, inovasi yg paling berguna adalah tombol korektor kalender yg ramah pengguna. Tidak seperti arloji kalender abadi lainnya, yg membutuhkan sebuah tombol korektor terpisah untuk setiap indikasi nya, GP Laureato hanya menggunakan satu buah tombolpenekan yg berada di posisi jam 8 untuk memajukan hari sementara tanggal , bulan dan tahun kabisat dapat disesuaikan melalui kepala crown. Dari sudut pandang estetika, mesin kaliber dihiasi dengan level dekorasi yg sangat baik , pada bagian pelat utama dihiasai oleh bulir bulir perlage , garis garis cotes de Geneve pada bagian penghubung dan rotor, lekukan bevel yg dikerjakan secara manual oleh tangan dll. Mesin jam tangan ini juga terbilang relatif tipis bila mengacu pada banyaknya komplikasi didalamnya ,yakni hanya setebal 6 mm. Dimensi ketebalan keseluruhan arloji ini tercatat pada 11.84 mm dan menampung daya cadangan operasi selama 54 jam.

Ketersediaan dan harga jual dari Jam Tangan Girard Perregaux Laureato Perpetual Calendar ini baru akan diumumkan pada pameran SIHH 2019 yg akan datang.

One Comment on “Jam Tangan Girard Perregaux Laureato Perpetual Calendar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *