Jam Tangan Citizen Tsuno Chronograph Racer

Pada tahun 2018 ini perusahaan pembuat jam tangan Citizan asal Jepang akan menandai sejarah perjalanannya yg ke 100 tahun. Dan dalam rangka merayakannya , Citizen merilis Jam Tangan Citizen Tsuno Chronograph Racer yg terinspirasi dari model bullhead chronograph vintage milik mereka di pameran Baselworld. Jam tangan ini mewarisi desain dari model arloji chronograph dari tahun 1972 yg dikenal dengan Challenge Timer, dan khususnya dari model Tsuno Chrono (“chronograph bertanduk” dalam bahasa Jepang ) dari tahun 1973 yg mendasari penamaannya.

Jam tangan ini tersedia dalam 4 pilihan variasi warna, dua diantaranya memiliki bezel berwarna hitam dengan dial berwarna jingga atau putih, dan dua model yg lainnya memiliki bezel baja dengan dial berwarna biru atau putih. Sasis tercatat berukuran 45 mm dalam konstruksi bullhead, dengan sebuah kepala crown dan dua tombol penekan dibagian atas. Kuping lug terintegrasi langsung dengan tali rantai dan sebuah kepala crown sekunder di posisi jam 5 berfungsi untuk mengatur waktu alarm pengingat. tergantung warna dial, setiap darinya dijual dengan kelengkapan tali jam yg berbeda, mulai dari tali rantai bergaya Oyster, tali jam kulit berwarna jingga atau hitam bergaya balap, tali kulit buaya dari kombinasi warna merah dan hitam atau tali kulit berwarna coklat yg simpel.

Diatas dial terdapat sebuah skala tachymetrik, marka penunjuk jam berbentuk kotak dan emopat buah subdial untuk penghitung 1/5 detik , penjumlah 12 jam, indikator status daya cadangan dan detik berjalan pada posisi jam 3, 6, 9, dan 12 masing masingnya. Pada posisi jam 1:30 terdapat sebuah jendela penanggalan kecil , sementara pada posisi jam 4:30 terletak indikator status hidup/mati untuk fungsi alarm pengingat yg juga dilengkapi dengan sebuah jarum berbentuk mata panah sebagai penunjuk. Marka penunjuk waktu dan jarum jam yg diisi bahan luminescent dibuat berbentuk pedang, sementara penghitung detik chronograph dirancang berbentuk ramping dan ujungnya diwarnai. Berbagai komplikasi didalamnya digerakkan oleh mesin Citizen Eco-Drive yg memiliki kemampuan mengubah cahaya menjadi energi yg menjalankan mesin.

Diantara ke empat dari Jam Tangan Citizen Tsuno Chronograph Racer ini, dua diantaranya hanya akan diproduksi terbatas sebanyak 1,973 buah , sementara dua sisanya akan dibuat secara berkelanjutan. Rentang harga yg ditawarkan mulai dari $795 sampai $895 yg setara dengan IDR 11,000,000 sampai IDR 12,500,000, dan akan mulai tersedia di toko jam tangan terdekat kalian tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *