Jam Tangan Citizen Tourbillon Y01

Tahun ini ,Citizen meluncurkan Jam Tangan Citizen Tourbillon Y01. Jam ini adalah jam jenis tourbillon pertama yg dibuat oleh Citizen dan merupakan model tourbillon yg sangat jarang ditemukan dalam sebuah produk jam tangan buatan Jepang. Jam tangan tourbillon ini dirancang dan dibuat oleh Citizen dengan sebuah logo pada muka dial yg umumnya terasosiasi dengan jam yg diproduksi massal, terjangkau dan seringkali bertenaga solar.

Informasi tentang Citizen Tourbillon Y01 dirancang dan dibangun oleh Citizen sejak tahun 2014. Jam ini hanya tersedia dua buah saja dan hanya dijual di Jepang ,tepatnya di Daimaru sebagai edisi khusus dalam perayaaan ulang tahunnya.

Citizen sejak lama menunjuk adik perusahaannya yakni Campanola untuk menangani segmen pasar jam tangan mewah. Selagi Citizen telah mancaplok beberapa merek jam Swiss ,termasuk pembuat mesin jam tangan La Joux-Perret, Campanola mulai memproduksi jam dengan mesin Swiss. Dibawah logo Citizen , terdapat tulisan didesain dan dibuat di Tokyo.

Sasis dengan tampilan tradisional dari Citizen Tourbillon Y01 memiliki dimensi diameter 42mm dan ketebalan 12.2mm , sasis lalu dipoles dengan emas putih 18k dan ditutup oleh kaca kristal safir didepan dan bagian belakang. Sekrupnya terbuat dari bahan titanium dan penyangga tourbillon menggunakan material titanium alloy agar ringan. Pada posisi jam 6 muka dial, sebuah lubang menganga menampilkan mekanisme pergerakan tourbillon yg mungkin mengingatkan kalian akan tourbillon buatan Jepang yg lainnya, salah satu contohnya adalah buatan Hajime Asaoka. Garis garis dekorasi vertikal dari mesin jam dan penyajian tourbillon terlihat mirip. Mesin jam tangan yg digunakan adalah Kaliber M001-Y01, dan beroperasi pada frekuensi 3Hz (21,600 vph), dan menyediakan daya cadangan selama 100 jam serta 19 buah permata. Kami mendapat informasi kalau setiap komponennya dipoles secara tersendiri dan bagian yg penting dipoles dan diperkuat menggunakan teknik khusus. Bahkan pelat yg muncuk dibagian muka dial didekorasi dengan perlage.

Citizen memberikan sedikit penjelasan tentang inspirasi desain dari jam ini. Desain rancangan dial dengan tema warna hitam dan putih monoton, bersama dengan elemen lainnya dari jam ditujukan untuk mencerminkan nilai nilai khas estetika Jepang. Dan sementara di bagian penutup belakang yg menampilkan garis vertikal khas Geneva terlihat manis , mungkin kalian tidak menduga kalau dekorasi ini dimaksudkan untuk merepresentasikan ” pohon yg basah ketika musim hujan.” Mesin jam ini terlihat sangat menarik dan bagian yg paling menonjolkan nilai “Jepang” adalah bentuk daun maple yg ada pada salah satu roda gigi.

Selama ini ,Citizen tidak menunjukkan tanda tanda akan membuat sebuah jam tangan tourbillon. Walau kampanye Citizen “Better Starts Now” adalah salah satu iklan jam modern yg kami sukai, kadang perusahaan agak kurang melakukan pendekatan personal koheren yg mudah dipahami oleh konsumen. Dengan modal koleksi jam tangan , teknologi dan rentang harga yg luas ,Citizen terlihat mencoba untuk menjadi merek yg menjangkau semua kalangan. Filosofi yg sama yg dapat kalian temukan pada banyak merek Jepang yg lain. Sangat menarik melihat Citizen dapat membuat dan dengan bangga mengukir nama mereka diatas sebuah produk jam tangan yg berkelas tinggi.

Jam Tangan Citizen Tourbillon Y01 dikabarkan dibuat untuk merayakan ulang tahun ke 300 dari dept store raksasa Daimaru ( sedangkan Citizen akan berumur 100 tahun pada 2018) ,dimana kedua jam tangan eksklusif ini akan dijual. Citizen Tourbillon Y01 hanya diproduksi dua buah dan akan dijual dengan bandrol harga ¥10,000,000 / $90,000 atau setara dengan IDR 1.200.000.000 ( 1.2M).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *