Jam Tangan Bell & Ross BR 03-92 Bi-Compass

Bila dibandingkan, Bell & Ross dapat dibilang masih tergolong wajah baru didalam industri pembuatan arloji kontemporer. Diluncurkan pada tahun 1992, tepat ditengah tahun kebangkitan industri jam tangan mekanikal, perusahaan telah berhasil menetapkan ciri khas tampilan yg kuat melalui desain “lingkaran dalam kotak” yg terinspirasi langsung oleh peralatan analog yg ada pada kokpit pesawat terbang militer. Sebagai model pertama untuk tahun 2019, Bell & Ross mengumumkan peluncuran sebuah arloji edisi terbatas yg melanjutkan eksplorasi motif bernuansa militer dan estetika navigasi.

Jam Tangan Bell & Ross BR 03-92 Bi-Compass menggunakan desain dari sebuah kompas radio kuno sebagai fitur pembeda. Denah dari dial dipisahkan menjadi tiga lingkaran konsentrik. Zona terdalam dibekali sebuah cetakan segitiga yg dilapisi bahan Super-LumiNova berwarna biru hijau yg berfungsi sebagai jarum penunjuk jam. Seiring waktu berjalan, bagian dial ini akan ikut berputar untuk mengindikasikan pergantian jam. Bagian tengah dihiasi dengan marka cetak dan indeks penomoran bergaya Bell & Ross dalam paduan warna biru hijau yg sama. Terdapat juga sebuah lubang bukaan untuk komplikasi penanggalan dengan warna yg senada di posisi jam 4:30.

Pinggiran cincin dengan penanda detik dan menit memisahkan zona tengah dari tingkatan akhir. Area ini diberi penomoran Arabik disetiap penanda per 10 detik / menit dan logo Bell & Ross diposisi jam 12. Jarak dan marka ditingkatan atas serta jendela penanggalan di posisi jam 4:30 diberi bahan Super-LumiNova dengan warna yg berbeda ,senada dengan jarum menit dan detik. Bell & Ross mengklaim kalau skema warna ini sama dengan instrumen avionik yg dipakai oleh U.S. Navy. Dan dari semua itu, dial dan sasisnya terbuat dari bahan keramik hitam matte yg menyediakan properti anti silau yg kuat.

Walaupun tidak ada fungsi navigasi apapun, BR 03-92 Bi-Compass membutuhkan cukup banyak proses pengembangan oleh tim riset dari Bell & Ross. Mereka harus membuat sebuah cakram yg ultra ringan untuk zona interior untuk menjamin daya cadangan dan akurasi tidak terpengaruh.

Didalam sasis berukuran 42 mm x 42 mm , terdapat mesin mekanikal otomatis BR-CAL.302, yg didasari oleh Sellita SW 300-1, dengan daya cadangan operasi selama 38 jam. Tingkat ketahanan bawah air sedalam 100 meter dan dilengkapi dengan tali jam karet dan tali kain sintetis berwarna hitam.

Jam Tangan Bell & Ross BR 03-92 Bi-Compass diproduksi terbatas sebanyak 999 buah dan dihargai dengan bandrol $3,900 yg setara dengan IDR 54,600,000. Akan mulai tersedia di bulan April tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *