Jam Tangan Baume & Mercier Clifton Manual 1830

Melanjutkan model tourbillon yg diluncurkan pada tahun 2014 dan jam saku minute repeater tahun lalu, Baume & Mercier kembali menambahkan sebuah arloji kedalam baris koleksi produk Clifton yg terinspirasi oleh gaya vintage. Jam Tangan Baume & Mercier Clifton Manual 1830 tampil simpel dari luar, namun didalamnya terletak sebuah mesin baru, mesin pertama yg dilengkapi dengan sebuah sistem penjaga akurasi eksklusif yg diberi nama TwinSpir. Jam tangan baru ini akan menjadi salah satu fokus di pameran WatchTime New York yg akan datang.

Didalam sasis emas rose gold berukuran diameter 42 mm yg dipoles dan diberi sentuhan satin , terletak mesin mekanikal putaran manual Kaliber BM12-1975M, didesain oleh Baume & Mercier dengan kolaborasi bersama ahli mesin jam tangan dari Manufacture Horlogerie Valfleurier. Mesin ini didukung oleh 18 buah permata dan berdetak pada frekuensi 28,800 vph serta menampung daya cadangan operasi selama 90 jam , dilengkapi dengan teknologi TwinSpir yg memanfaatkan beberapa inovasi teknis yg dikembangkan oleh divisi riset dan inovasi di Richemont, induk perusahaan dari Baume & Mercier dan sejumlah merek arloji mewah lainnya.

Teknologi TwinSpir dilandaskan pada sebuah per rambut baru yg dikembangkan menggunakan sebuah struktur campuran yg mengkombinasikan dua lapis bahan silikon, terorientasi dan menyatu lewat penambahan lapisan silikon dioksida, yg mana juga berperan sebagai elemen kompensasi thermo. Fitur ini lalu digabungkan dengan elemen teknikal lain seperti roda gigi penyeimbang berjenis inersia yg memiliki beberapa keunggulan menurut Baume & Mercier. Keunggulan tersebut terdiri dari meningkatnya kepresisian mesin dalam beberapa posisi dan dalam jangka panjang membatasi sensitivitas mesin terhadap gaya megnetisme disekitarnya serta menjamin ketahanan yg lebih baik terhadap guncangan dan getaran berkelanjutan.

Masuk lebih dalam ke detail teknikal, bahan silikon monocrystalline yg dipakai pada bagian per rambut memiliki sifat non magnetik, ringan , tahan korosi dan thermo elastis pada berbagai orientasi pengkristalan , sebuah variasi respon yg dikenal dengan “elastic anisotropy.” Selagi per rambut berdenyut memanjang dan berkontaksi , elastic anisotropy berpengaruh terhadap tingkat kerataan denyut dan kinerja kronometrik dari jam tangan. Sistem TwinSpir mengatasi keterbatasan ini dengan mengkombinasikan dua lapis silikon, dengan beberapa orientasi pengkristalan, agar variasi ini dapat diseimbangkan , yg membuat denyut menjadi lebih merata dan penunjukan waktu menjadi lebih presisi. Lebih lanjut , sebuah lapisan luar tambahan dari bahan silikon dioksida bekerjasama dengan lapisan dalam yg terkompensasi thermo ,menjamin performa per rambut yg stabil diberbagai kondisi suhu temperatur.

Roda penyeimbang baru dalam mesin Kaliber BM12-1975M berjenis penyesuaian inersia, bertolak belakang dengan jenis tradisional yg menggunakan pin indeks. Dengan metode pemasangan latter, nilai keseimbangan dapat disesuaikan hanya melalui koreksi panjang bukaan aktif dari per rambut. Jenis penyesuaian inersia, secara kontras menawarkan keunggulan dari pengaturan nilai tahanan getaran , sementara penyesuaian beban inersia menjamin pengaturan yg presisi dari nilai penunjukan waktu , mekanisme ini diamankan oleh roda penyeimbang diantara stuktur pegangan dan sanggahan pendukung lainnya.

Jam Tangan Baume & Mercier Clifton Manual 1830 menampilkan kesan yg elegan dan sederhana dengan dial opaline perak yg dipercantik dengan marka penomoran jam dan indeks serta jarum jam dan menit yg terbuat dari bahan emas rose gold 18k. Di sisi lainnya, dekorasi mesin haute horlogerie ygf terdiri dari garis cotes de Geneve, bulir bulir perlage, sekrup biru dan tulisan yg diukir tampak cantik dari penutup sasis belakang transparan dari bahan kaca kristal safir. Tali jam kulit buaya terpasang ke tangan pemakainya melalui sebuah kepala gesper pin emas rose gold. Dibuat dalam jumlah yg sangat terbatas, arloji mewah ini dibandrol dengan harga $12,045 atau setara dengan Rp 180.675.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *