Jam Tangan Audemars Piguet

Jam Tangan Audemars Piguet mengkombinasikan kode desain yg ikonik dengan mesin yg didekorasi dengan sangat halus oleh tangan para pengrajinnya. Sesuai dengan itu, harganya pun melesat hingga ratusan juta rupiah. Bagi para kolektor pemula dan kalian yg ingin memiliki Audemars Piguet pertama kalian, berikut lima pilihan model terkini dengan harga yg lebih terjangkau.

#1. Jam Tangan AP Royal Oak Selfwinding

Kata “berani“ terlalu sering dipakai didalam dunia arloji, dan walau tampaknya Royal Oak mungkin terlihat selaras dengan standar saat ini, dahulu Audemars Piguet RO terbilang sangat berani ketika mengawali debut perdananya di tahun 1972. Ini merupakan sebuah arloji mewah yg dibangun dari bahan metal biasa, dan dijual dengan harga mahal. Bertahun tahun setelahnya, AP tertinggal dalam sejarah. Namun hari ini, AP Royal Oak berdiri sebagai sebuah ikon desain, dan merupakan koleksi jam tangan Audemars Piguet yg paling terkenal.

Model dengan nomor referensi 15400, adalah model jam tangan AP Royal Oak yg paling banyak diproduksi sampai saat ini. Walau sasis berukuran diameter 41 mm terbilang agak terlalu besar bila mengacu pada standar industri saat ini. Muka dial Grande Tapisserie berwarna biru, beberapa orang menyebutnya dengan dial “waffle”, terbilang cukup dikenal bersama dengan elemen bezel segi delapan atau oktagonalnya. Setiap dari penghobi arloji dengan segera dapat langsung mengenali jam tangan klasik ini. Dibawah dialnya berdetak mesin mekanikal otomatis Kaliber 3120 dengan dukungan 40 buah permata rubi , rotor putar pengisi daya dari emas 22 karat dan menyediakan daya cadangan operasi selama 60 jam.

AP Royal Oak Selfwinding dalam opsi sasis berbahan dasar baja dihargai dengan bandrol $17,100 atau sekitar Rp 248,000,000.

 

#2. Jam Tangan AP Royal Oak Offshore Diver

Jika AP Royal Oak adalah sebuah ikon, kakaknya AP Royal Oak Offshore ( atau biasa disingkat “ROO”) adalah sebuah sensasi modern. Model Offshore adalah Royal Oak yg diperbesar. ROO pada saat ini terlihat sebagai sebuah pengembangan yg alami, namun ketika pertama kali konsepnya diajukan, hal ini agak mengejutkan manajemen AP. Untungnya, Offshore mendapatkan lampu hijau dan era Royal Oak yg baru pun terlahir.

AP Royal Oak Offshore Diver referensi 15703ST adalah salah satu model yg paling populer dalam keluarga produk Audemars Piguet Offshore. Jam tangan ini dibekali fitur aksen “rubber clad” yg umumnya ditemukan pada model AP Offshore, sasisnya berukuran 42 mm x 13.9 mm dan tahan air hingga kedalaman 300 meter. Kepala crown pada posisi jam 10 berfungsi memutar bezel internal yg ditandai dengan marka penghitung mundur tipikal. Dial Mega Tapisserie adalah versi yg lebih besar dari yg dapat kalian temukan pada model Royal Oak, dan jarum jarum yg lebar menyediakan kejelasan daya baca yg sangat baik. Mesin kaliber 3120 menggerakkan semua mekanisme penunjukan waktu.

AP Royal Oak Offshore Diver 15703ST dengan tali jam karet dijual pada harga sekitar $19,000 atau setara dengan Rp 275,500,000 .

 

#3. Jam Tangan AP Millenary 4101

AP Millenary 4101 adalah pendekatan modern untuk sebuah arloji dress klasik dari Audemars Piguet, dan seperti AP Royal Oak Offshore, ukuran dan bentuk dari sasisnya seketika memberikan nilai unik untuk jam tangan ini.

Bagian sasis mungkin menjadi hal menarik yg pertama, namun sebenarnya bagian mesinlah yg menjadi menu utama. Tidak seperti arloji berbentuk unik lainnya, mesin Kaliber 4101 dari AP Millenary terpasang dan mengikuti bentuk badan sasis dengan sempurna. Walau sekejap terlihat seperti jam tangan skeleton, sebenarnya tidak karena tidak ada material komponen yg dibuang untuk meningkatkan tampilan. Dial dial kecil menyediakan cukup ruang untuk menikmati mesin yg didekorasi secara tradisional, dan penutup sasis belakang transparan dari bahan kaca kristal safir menyediakan akses visual kedalam jeroan mesin.

Mesin dirancang untuk menciptakan sebuah efek 3 dimensi yg mendalam. Konstruksinya memperlihatkan mekanisme penyeimbang freesprung diposisi jam 3, dan AP dengan teliti membalik bagian pelolosan untuk meningkatkan tampilan dari sisi dial. Mesin Kaliber 4101 dibekali dengan fitur sebuah toro putar dari bahan emas murni 22 karat yg berputar diatas poros dudukan keramik. Setiap bagian dari mesin didekorasi oleh tangan secara manual. Pekerjaan yg amat sangat sulit dan menghabiskan banyak waktu ini dikerjakan oleh para seniman ahli yg berkontribusi besar terhadap harganya yg mahal. Pelat utama diberi garis garis horisontal Cotes de Geneve dibagian depan dan bulir bulir perlage dibagian belakang. Bagian bevel dan talang dipoles mengkilap.

AP Millenary 4101 dengan opsi bahan dasar baja dihargai $24,500 yg setara dengan Rp 355,000,000.

#4. Jam Tangan AP Royal Oak Offshore Chronograph 42 mm

Tahun lalu ,Audemars Piguet meluncurkan 6 buah model AP Royal Oak Offshore yg baru, dan ini adalah salah satu model yg paling populer. AP ROO Chronograph dengan sasis berukuran 42 mm x 14.21 mm yg dihiasi oleh dial abu abu “gajah” dengan pasangan tali jam kulit buaya hornback yg warnanya senada.

Koleksi yg baru , yg mana membawa kode nomor referensi 26470, dibekali dengan banyak pembaruan. Aksen karet pada bagian penekan dan kepala crown telah diperbarui dengan bahan keramik hitam. Dial Mega Tapisserie yg baru telah diterima dengan baik oleh pasar, dan subdial dengan hiasan pola lingkaran radial lebih jauh menambahkan tekstur. Jarum jam dan menit yg lebar menambahkan kejelasan daya baca.

Kejutan lainnya terletak pada sisi dibalik penutup sasis belakang dari kaca kristal safir yg menyediakan akses visual kedalam mesin chronograph mekanikal otomatis Kaliber 3126 dengan rotor putar pengisi daya dari bahan emas murni 22 karat. Mesin ini dibekali dengan sebuah fitur mekanisme pengalih cam chronograph dan penghenti detik untuk pengaturan waktu yg presisi.

AP Royal Oak Offshore Chronograph dalam opsi bahan baja ditawarkan pada harga $26,000 atau setara dengan Rp 377,000,000.

#5. Jam Tangan AP Royal Oak Offshore Chronograph 44 mm

Jika kalian mencari sesuatu yg lebih menonjol dari AP Royal Oak Offshore Chronograph 42 mm diatas, kalian bisa mempertimbangkan model sasis berukuran 44 mm x 14.13 mm yg lebih besar. Model ini tetap mengusung bezel hitam yg terbuat dari material keramik yg tahan gores. Penekan berbentuk kotak berukuran besar menggantikan penekan bulat yg lebih kecil yg sebelumnya ada pada model 42 mm. Sama seperti saudaranya yg lebih kecil, model ini dibekali dengan muka dial Mega Tapisserie, kali ini dilengkapi dengan jarum jarum dan penanda dari bahan emas putih. Skala tachymeter dilingkar luar dial memungkinkan kalian untuk menghitung kecepatan berbanding jarak.

Dibalik dial terletak mesin mekanikal otomatis chronograph Kaliber 3126 yg terdiri dari 365 bagian komponen. Mesin berjalan pada kecepatan frekuensi 21,600 vph dan didukung oleh 59 buah permata. Muka dial dibagi dengan detik berjalan pada posisi jam 12, penjumlah 30 menit diposisi jam 9 dan penjumlah 12 jam diposisi jam 6.

AP Royal Oak Offshore Chronograph 44mm dalam opsi bahan baja dan keramik dengan nomor referensi 26400, dihargai dengan bandrol $33,400 setara dengan Rp 484,000,000.