Jam Tangan Audemars Piguet Millenary Carbon One Tourbillon Chronograph

Jam Tangan Audemars Piguet Millenary Carbon One Tourbillon Chronograph adalah sebuah keajaiban dari segi teknikal. Sasis jam tangan ini terbuat dari bahan karbon tempa yg merupakan bahan ultra ringan yg dikembangkan oleh AP. Bagian tengah dari sasis dibangun dengan menempatkan satu set filamen karbon ulir didalam sebuah cetakan. Kawat yg berukuran diameter 1 mm terbuat dari ribuan serat karbon berukuran 7 mikron yg didisatukan oleh sebuah kawat resin. Filamen ini setara dengan 22.7 meter kawat karbon dan serat karbon sepanjang 102.2 km.

Cetakan ini lalu dikompres atau dipadatkan pada suhu temperatur yg tinggi dengan tekanan lebih dari 300 kilo per sentimeter kubik. Proses ini menghasilkan sebuah material yg memiliki komposisi karbon 76% dan 24% polyamide. Tingkat kekerasan 626 Vicker dapat dibandingkan dengan bahan yg luar biasa keras lainnya seperti alacrite yg sekeras 420 Vicker. Bagian tengah sasis jam dan kuping lug semuanya dibuat menjadi satu bagian. Pinggiran bezel ,mahkota crown dan tombol penekan terbuat dari bahan keramik. Material berteknologi tinggi dan teknik fabrikasi menghasilkan sebuah jam tangan Millenary Carbon One yg sangat ringan dengan bobot total hanya 69.44 gram.

Dial yg didesain terbuka menampilkan jeroan mesin kaliber 2884, sebuah mesin jam yg lengkap dengan sebuah mekanisme tourbillon, penghitung chronograph dan daya cadangan selama 10 hari. Barel ganda mampu menampung tenaga yg cukup untuk 12 hari, namun sebuah mekanisme pengunci memungkinkan jam tangan ini untuk berjalan hanya 10 hari ketika penyaluran daya berjalan paling konsisten. Setiap bagian dari mesin pergerakannya dipasang pada tahap percobaan dalam rangka menyesuaikannya dengan mekanisme pergerakan lainnya. Tahap ini membutuhkan waktu 10 hari proses penyesuaian. Ketika pembuat jam sudah yakin semuanya berjalan dengan sempurna, ia lalu kembali membongkarnya dan membersihkan bagian demi bagian sebelum melakukan perakitan final dan menanamnya kedalam sasis. Total 15 hari dibutuhkan mulai dari proses perakitan mesin sampai selesai, 3 hari diantaranya untuk merakit tourbillon yg terdiri dari 80 bagian.

Aluminium eloxed digunakan untuk bagian jembatan penghubung dan bahan karbon untuk pelat utama, namun bukan sembarang karbon. Ini adalah material isotropic yg dikomposisi dari serat karbon nanofiber yg disuntik pada tekanan ekstrem 7500 N/cm2 dan suhu temperature 2400°C untuk mendapatkan sebuah material yg stabil secara mekanikal, fisik dan kimia di semua bagian. Material campuran yg tak berbentuk dan netral secara kimia ini tetap terjaga dimensinya di rentang temperature yg sangat luas. Oleh karena deformasi elastisnya yg minimal, karbon ini menyediakan dasar yg sangat stabil untuk elemen logam yg terpasang diatasnya.

Jam Tangan Audemars Piguet Millenary Carbon One Tourbillon Chronograph hanya akan diproduksi terbatas sebanyak 120 buah dan dibandrol dengan harga $199,500 atau setara dengan Rp 2,693,250,000 ( hampir 2,7 Milyar Rupiah ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *