Jam Tangan A Lange & Sohne Zeitwerk Minute Repeater

Salah satu arloji yg diperkenalkan A Lange & Sohne pada pameran SIHH 2015 adalah Jam Tangan A Lange & Sohne Zeitwerk Minute Repeater yg mengkombinasikan sebuah mekanisme berdenting dengan tampilan melompat untuk penunjuk jam dan menit. Dial simpel yg bersih terlihat jelas menampung semua kompleksitas dari mesin. Ini adalah jam tangan buatan A Lange Sohne pertama yg menggabungkan sebuah tampilan waktu melompat dengan fitur pengulang menit setiap interval 10 menit.

Zeitwerk Minute Repeater mempunyai dial yg sangat jelas untuk dibaca . Jam meloncat ditampilkan pada sebuah jendela di posisi jam 9. Menit ditunujukkan oleh dua buah cakram yg diletakkan pada ketinggian yg berbeda pada posisi jam 3. Detik kecil terletak pada bagian bawah dial, dan indikator status daya cadangan diletakkan di bawah logo A Lange & Sohne di posisi jam 12. Dial terbuat dari perak murni dan dilapisi oleh bahan rhodium.

Disamping subdial detik berjalan terdapat dua buah palu pemukul berwarna hitam yg dipoles. Ketika tombol penekan pada posisi jam 10 ditekan, kedua palu akan memukul gong yg mengelilingi dial. Palu penanda jam mempunyai nada yg lebih rendah ditempatkan diposisi kiri ,sedangkan palu penanda menit yg mempunyai nada yg lebih tinggi dibagian kanan. Interval 10 menit ditandai oleh “nada ganda” dengan nada tinggi berbunyi terlebih dahulu lalu diikuti oleh nada rendah. Durasi maksimum yg dibutuhkan untuk menandakan waktu 12:59 kurang lebih 20 detik.

A Lange Sohne Zeitwerk Minute Repeater juga mempunyai beberapa mekanisme pengaman untuk menjaga integritas dari fungsi jam tangan. Sebagai tambahan agar fungsi penghenti detik atau hack lebih mudah diatur ulang dan akurat, kepala crown dilindungi agar tidak ikut tertekan ketika mekanisme gong diaktifkan. Ketika tombol pengulang menit atau minute repeater ditekan, jalur pemutar daya terlepas dari roda gigi searah. Ini menghemat energi dan melindungi jalur pemutar daya dari kerusakan. Selanjutnya , cakram untuk jam dan menit melompat tidak akan bergerak selama gong berbunyi jadi kalian akan selalu mendengar apa yg tampak diatas dial secara konsisten.

Daya cadangan yg disediakan adalah 36 jam dan diisi melalui putaran manual . mekanisme dentang tidak dapat dibunyikan jika daya yg tersisa 12 jam karena akan menarik banyak energi dan menganggu konsistensi penunjukan waktu. Ketika jarum penunjuk indikator daya melewati titik merah di jalurnya,fungsi minute repeater tidak lagi dapat diaktifkan sementara sampai daya cadangan diisi ulang melalui pemutaran manual.

Zeitwerk Minute Repeater menggunakan mesin Kaliber L043.5 buatabn A Lange Sohne. Memliki sebuah tuas pelolosan gaya konstan Swiss. Elemen lainnya yg bergaya Glashutte terdiri dari sebuah pelat ¾ yg terbuat dari perak Jerman. Mesin berukuran diameter 37.7 mm dan setebal 10.9 mm didekorasi dan dipasang sepenuhnya oleh tangan manusia. Kepala penyangga roda penyeimbang juga diukir oleh tangan. Roda penyeimbang tahan akan imbas kejutan esistant dan menggunakan pemberat eksentrik untuk penyesuaian, berdetak pada kecepatan 18,000 vph. Mesin ini dibangun dari total 771 buah komponen termasuk 93 buah permata.

Jam Tangan A Lange & Sohne Zeitwerk Minute Repeater memiliki sasis yg terbuat dari bahan emas putih atau platinum berdiameter 44.2 mm dan tebal 14.1 mm. Ditutup oleh kaca kristal safir non reflektif di kedua sisinya dan dilengkapi dengan tali jam kulit buaya berwarna hitam yg dijahit oleh tangan serta kait pelepas dari platinum. Ditawarkan dengan harga $466,700 atau setara dengan IDR 6,437,000,000 atau hampir 6,5 Milyar.

One Comment on “Jam Tangan A Lange & Sohne Zeitwerk Minute Repeater”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *